Brilio.net - Masih ingat siapa saja yang ditulis dalam lembar persembahan skripsimu?

Bagi yang sudah lulus kuliah, mungkin sudah lupa nama-nama siapa saja yang dimasukkan dalam lembar persembahan skripsinya. Kebanyakan orang menuliskan nama rektor, dekan, dosen pembimbing, sahabat, dan teman kelas dalam lembaran ini. Akan tetapi, banyak nama yang sangat berkontribusi dalam penulisan skripsi tetapi tidak dituliskan dalam lembar tersebut. Iya kan?

Berikut adalah orang-orang yang mempunyai andil besar dalam menyelesaikan skripsi tapi sering dilupakan, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber:

1. Ibu kos
Banyak mahasiswa yang melupakan peran ibu kos. Tanpa bantuan ibu kos kamu tidak bisa merasakan lelapnya tidur di tengah lembur skripsimu. Masukkanlah dia dalam daftar persembahanmu.

2. Pegawai administrasi kampus
Tanpa pegawai admin kamu tidak bisa mengurus penelitianmu. Semua yang berhubungan dengan skripsi banyak berhubungan dengan birokrasi. Termasuk surat penelitian dan dokumen lainnya. Orang-orang inilah yang mengurusnya, mulai pegawai administrasi jurusan, perpustakaan, keuangan, pendidikan, dan lainnya.

3. Tukang ojek dan supir angkot
Mereka adalah orang yang berjasa agar kamu tidak telat untuk bertemu dengan dosen pembimbing. Terlebih lagi, jika kamu sering ke kampus dengan naik angkot, mereka adalah pahlawan.

4. Satpam kampus
Jika kamu sering lembur di kampus untuk urusan penelitian, sang satpam lah yang menjaga kendaraanmu. Dia juga yang memastikan mahasiswa merasa aman di kampus. Ini bukan pekerjaan yang mudah.

5. Tukang fotocopy dan penjaga warnet
Untuk mencari teori-teori dan mencetaknya dua orang inilah ahlinya. Tukang fotocopy sangat membantu dalam mencetak bab demi bab dalam skripsimu. Hal ini juga tidak kalah dengan penjaga warnet, tanpa dia kamu tidak bisa mencari bahan untuk menulis teori. Karena bagaimananapun akses internet adalah kunci!

6. Ibu penjual warteg
Untuk urusan perut, penjual warteg memang luar biasa kontribusinya, apalagi mahasiswa yang berkantong pas-pasan. Dia juga membantu kamu agar tetap sehat dan kenyang selama mengerjakan skripsi.

7. Mantan pacar
Dengan menuliskan mantan pacar dalam skripsimu adalah bukti bahwa kamu orang yang tidak lemah. Tanpa semangat dan dukungannya, kamu tetap berhasil menyelesaikan skripsi.

8. PLN
Tidak mungkin kamu mengerjakan skripsi tanpa listrik. Perusahaan inilah yang memberikan pasokan listrik buat laptop kamu.

9. Pendiri Twitter dan Facebook
Dua media sosial inilah yang sering digunakan untuk mengungkapkan keluhan saat mengerjakan skripsi. Kamu update status disaat dosen pembimbing telat atau revisi yang banyak sekali. Seharusnya kamu berterima kasih kepada CEO Twitter dan Facebook. Tanpa mereka, kamu tidak bisa curhat tentang skripsimu dalam dunia maya.