Brilio.net - Akhirnya setelah penantian yang panjang, bisa juga nih nonton konser One Direction di Indonesia. Konser yang digelar di Gelora Bung Karno (GBK) ini sudah pasti ditunggu-tunggu oleh para penggemar boyband jebolan X-Factor Inggris ini.

Tapi sebelum pergi nonton konser, banyak hal yang mesti kamu ketahui dan persiapkan. Apalagi buat kamu yang belum pernah nonton konser sebelumnya. Berikut ini, brilio.net kasih kamu tips-tips yang bisa kamu ikuti supaya acara nonton konsermu tetap aman dan nyaman, Rabu (25/3):

1. Pastikan tiket yang kamu beli sesuai kocek dan keamananmu
Pilihan tiket bakal sangat mempengaruhi pengalaman menonton konsermu lho. Ini bukan berarti kamu mesti beli tiket VVIP, atau VIP demi bisa menonton dengan nyaman. Tapi kamu harus bisa menentukan, kayak gimana sih pengalaman nonton konser yang ideal itu? Apakah kamu suka duduk-duduk dengan nyaman tanpa terganggu? Atau kamu lebih suka jingkrak-jingkrak bersama dengan para penonton yang lain di kelas festival?

2. Jangan sampai telat, tapi jangan kepagian juga
Ini mungkin jadi tips paling penting tapi paling sering juga disepelekan oleh para penonton konser. Kamu harus perhatikan pilihan tiketmu. Biasanya tiap kelas punya pintu masuk sendiri-sendiri. Kalau perlu kamu bisa melakukan riset kecil-kecilan soal ini. Kalau kamu beli tiket duduk yang memang sudah ada nomor kursi, nggak perlu datang cepat-cepat untuk antre masuk. Tapi kalau memang kamu sudah niat lihat konser berdiri dan bisa dekat sama panggung, ya siapkanlah dirimu untuk berebut.

3. Periksa lagi yang wajib dan nggak boleh kamu bawa
Yang wajib kamu bawa yang pasti adalah tiket konser. Gimana kamu bisa masuk kalau kamu bawa benda kecil tapi sakral ini. So, pastikan kalau ini sudah ada di dalam tas kamu ya? Kamu pun nggak perlu bawa tas yang ribet. Nggak mau kan kamu malah sibuk sendiri sama tas ketimbang menikmati konser. Perhatikan juga hal-hal yang nggak perlu kamu bawa. Be prepared, guys!

4. Pakai baju yang "waras"
Ingat, kamu nonton di tengah lautan manusia. Jadi pakailah pakaian senyaman mungkin. Jangan menggunakan pakaian justru nanti bikin kamu ribet sendiri. Yang cewek-cewek, jangan pakai high heels, please!

5. Mau masuk atau keluar venue? Tertib antre, jangan norak dorong-dorong
Setiap peristiwa yang akan selalu kamu alami setiap nonton konser adalah desak-desakan. Kamu bahkan bisa saja terinjak-injak sampai terluka, bahkan di beberapa kasus sampai ada penonton yang meninggal karena desak-desakkan. Maka dari itu kamu kudu menertibkan diri ya. Terutama saat masuk dan keluar arena. Kalau kamu sudah pegang tiket, nggak usah khawatir, kamu pasti bakal dapat tempat kok.

6. Kalau berasa nggak enak, panggil petugas!
Nonton konser memang butuh kondisi yang prima, apalagi kalau kamu berada di kelas festival. Kamu nggak akan ada kesempatan untuk duduk atau beristirahat. Kalau sudah merasa mau ambruk, segera panggil petugas. Jangan maksain diri.

7. Hafal lagu
Oke ini yang paling penting. Gimana caranya kamu bisa menikmati konser kalau kamu nggak ikut larut dalam nyanyian. Pastikan kamu hafal lagu-lagunya ya? Atau kalau nggak, pastikan kamu bawa contekannya.

Selamat mengapresiasi konser musik dan menontonnya!