Brilio.net - Kebutuhan seorang mahasiswa itu banyak banget. Dari mulai ngekos, makanan, dan kebutuhan printilan lain yang kalau ditotal-total bisa jadi gede banget. Buat kamu yang masih tinggal dengan orang tua dan ssecara ekonomi berkecukupan, bisa jadi hal-hal kayak begini nggak terlalu jadi masalah.

Tapi gimana coba kalau kamu lagi merantau dan kiriman duit dari orang tua jumlahnya terbatas? Kamu pasti bakal bingung dong, selain karena kamu sibuk sama kegiatan kuliah, kamu nggak bakalan bisa sambil bekerja. Jadi, mesti gimana? Gampang! Jual jasa aja.

Berikut ini beberapa hal sederhana yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, yang bisa kamu jadikan peluang bisnis, dan yang pasti bisa nambah uang jajan kamu.

1. Bimbingan belajar privat
Nah kalau kamu merasa jago dan paling cepat dalam menangkap ilmu yang disampaikan dosen kamu atau mungkin kamu merasa bahwa mengerjakan soal matematika itu segampang Princess Syahrini ribuan koleksi tas Hermesnya, pakai ini sebagai peluang, guys! Kamu bisa melamar ke beberapa bimbingan belajar yang memang mempekerjakan mahasiswa sebagai tentornya.

2. Jasa perawatan hewan peliharaan
Suka sama binatang? eits, kamu bisa bikin ini jadi peluang usaha untuk menambah uang sakumu lho. Sekarang ini banyak orang yang mulai melihat peluang ini lho. Nggak perlu yang rumit, memandikan atau grooming keil-kecil bisa kamu jual. Hati senang, uang juga bertambah. Asoy nggak tuh?

3. Jasa desain grafis
Anak Desain Komunikasi Visual (DKV)? Atau kamu ngerasa paling 'dewa' dalam hal mendesain? Manfaatin dong! Kamu bisa bikin jasa buat karikatur, flyer, poster, desain buku tahunan, atau ikut lomba pembuatan logo setiap ada open tender untuk acaranya.

4. Delivery makanan
Menetap di daerah yang jarang membuka tempat makan malam memang suka ngeselin. Tapi percayalah, dibalik segala sobaan yang berusaha merenggut kebahagiaanmu, terselip secercah harapan dan peluang untuk menghasilkan uang tambahan. Nah, kamu bisa tuh, membuka jasa layanan antar baik siang ataupun malam. Minimal buat teman-teman di kosan kamu lah Tapi tentukan wilayah operasimu dulu ya, supaya kamu nggak keteteran nantinya.

5. Jasa fotografi atau edit video
Kalau kamu punya kamera DSLR nganggur dan kamu bingung bahkan sampai galau tiga hari tiga malam cuma untuk mikirin mau diapakan kamera itu, nah gunakan aja untuk membuka usaha jasa fotografi dan video editing. Kamu bisa mulai dengan bantu temen kamu yang pengin buat video anniversari, atau kado buat temen, atau mungkin kalau ada temanmu yang mau menikah, kamu bisa nawarin jasamu untuk foto prewedding. Manfaatin aja kamera DSLRmu. Mungkin memang kamu ditakdirkan Tuhan buat jadi fotografer, who knows?!

6. Bikin website
Era digital seperti sekarang ini bisa ngasih kamu peluang yang besar lho untuk berkarir di bidang IT. Nggak perlu ribet kamu harus mikir untuk bekerja tau magang di perusahaan IT ternama, kamu bisa mulai dengan membuka jasa membuat website untuk perusahaan atau organisasi di kampus biar mereka makin eksis di internet. Gampang kan?

7. Jasa pendamping wisuda
Banyak yang mencari, kenapa nggak disediakan? Dengan modal sedikit atau bahkan tanpa modal sekalipun, kamu bisa menjalankan bisnis ini. Karena dalam usaha ini yang dibutuhkan hanyalah keahlian kita. Kalau kita mau bekerja keras dan berpikir kreatif, peluang selalu tersebar di mana-mana. Kamu cuma perlu imajinasi dan kreatifitas, dapat deh tambahan rezeki! Selamat mencoba ya teman-teman!