Brilio.net - Rambut bukan hanya bagian tubuh yang biasa. Bahkan rambut mempunyai peranan penting dalam penampilan seseorang.

Wajar saja, jika ada rambut yang rontok merupakan pertanda yang buruk. Alhasil, produk perawatan untuk mengurangi kerontokan rambut sangat laris. Akan tetapi, tahukah kamu mitos-mitos yang beredar seputar rambut rontok?

Berikut adalah tujuh mitos rambut yang seharusnya kamu tahu, dikutip brilio.net dari indiantimes.com, Kamis (23/4):

1. Duduk di bawah air conditioner (AC) menyebabkan rambut rontok
Memang duduk di bawah AC membuat rambut kamu kering. Akan tetapi, hal semacam ini tidak menyebabkan rambut kamu rontok. Hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang bisa membenarkan hal ini. Jadi, tenang aja girls!

2. Rambut rontok setiap hari bikin botak
Pasti kamu takut banget dengan mitos yang seperti ini. Padahal, rambut rontok setiap hari merupakan hal yang normal. Asalkan, tidak lebih dari 100 helai per hari. Jika sudah lebih dari jumlah tersebut, kamu harus konsultasikan dengan ahli.

3. Pelurusan dan smoothing bisa menyebabkan rambut rontok
Yang hobi dengan perawatan rambut, agak mikir-mikir nih pastinya dengan mitos yang seperti ini. Jadi, tidak usah ragu untuk ambil perawatan tersebut. Penyebabnya adalah produk perawatan rambut tidak membuat rambut rontok. Akan tetapi, jika kerontokannya sangat parah, jangan terlalu sering melakukan perawatan tersebut.

4. Hair massage mengurangi kerontokan rambut
Jangan sampai kamu termakan dengan program perawatan rambut yang satu ini. Tidak ada hubungannya bahwa hair massage bisa mengurangi rambut rontok. Karena sirkulasi darah tidak meningkatkan pertumbuhan rambut. Kalau untuk alasan bikin kepala rileks, tidak masalah sih.

5. Potong rambut bisa bikin rambut makin tebal
Salah besar jika kamu mempercayai hal ini. Tidak ada hubungan yang khusus memotong rambut akan membuat rambut kamu makin tebal. Kamu merasakan rambut kamu tebal setelah potong rambut karena rambut lebih dekat dengan kulit kepala.

6. Mengeringkan rambut dengan hair dryer tidak membuat rambut rontok
Jika kamu sering mengeringkan rambut dengan mesin ini, risiko rambut rontok makin tinggi. Alasannya adalah alat tersebut bisa merusak rambut. Jadi, lebih baik keringkan rambut kamu dengan handuk saja.

7. Tidak ada yang bisa mencegah rambut rontok
Jika kamu memang mengalami kerontokan rambut yang sangat parah, kamu sebaiknya tenang saja. Karena pada dasarnya ada obat dan juga perawatan yang sudah ditemukan untuk mencegah rambut rontok. Jadi, kamu tinggal konsultasikan dengan ahli untuk memilih perawatan yang terbaik buat rambut kamu.