Brilio.net - Bersin merupakan gerakan yang tidak bisa dikontrol oleh tubuh. Penyebab yang paling umum dari bersin adalah gejala flu atau batuk. Di samping itu, lada dan debu juga bisa menyebabkan hidung kamu bersin.

Tapi, tahukah kamu fakta tentang bersin? Berikut adalah fakta tentang bersin yang harus kamu ketahui dikutip oleh brilio.net dari huffingtonpost.com, Senin (18/5).

1. Kecepatan bersin mampu mencapai 100 mil per jam
Riset ini dilakukan oleh Jamie Hyneman dan Adam Savage. Untuk mengetahui kecepatan bersin, mereka merekam aktivitas ini dengan menggunakan kamera ultra high speed. Dalam percobaan dari duo ini, ternyata kecepatan bersin mencapati 100 mil per jam.

2. Bersin mampu keluarkan kotoran
Jika posisi kamu dekat dengan orang yang sedang bersin, sebaiknya menghindar. Kotoran dari hidung yang dikeluarkan akibat bersin mampu mencapai jarak 150 cm. Jadi, jangan sampai kotoran tersebut menempel pada tubuh kamu.

3. Bersin merupakan proses "reboot" bagi hidung
Seperti sebuah komputer, hidung ternyata harus mempunyai waktu untuk istirahat. Dengan bersin, maka hidung kamu bisa merasakan istirahat secara sebentar atau yang dikenal dengan reboot. Bersin mampu mengatur pergerakan cilia (rambut yang berukuran kecil) yang melapisi rongga hidung.

4. Sinar matahari bisa menyebabkan bersin
Berdasarkan survei, satu dari empat orang mengalami bersin di bawah paparan sinar matahari. Fenomena ini dinamakan dengan photic sneeze reflex. Para ahli menyakini bahwa penyebab dari fenomena ini adalah kesalahan otak dalam menerima perintah dari pupil mata karena sinar matahari.

5. Saat kamu bersin, mata kamu tertutup
Sadar atau tidak, kamu pasti menutup mata saat bersin. hal ini terjadi karena kendali otak yang bertanggung jawab dengan bersin sangat berdekatan dengan mata. Itulah mengapa kamu langsung reflek menutup mata saat bersin.

6. Jantung kamu tidak berhenti saat bersin
Detak jantung kamu tidak berhenti saat kamu mengalami bersin. Akan tetapi adanya penurunan kecepatan saat kamu bersin. Hal ini disebabkan oleh pengambilan nafas yang terlalu dalam sebelum kamu bersin. Meskipun begitu, banyak orang yang tidak menyadarinya.

7. Sebaiknya jangan menahan bersin
Saat kamu bersin sebaiknya kamu biarkan saja. Jika kamu menahannya dengan menutup hidung, hal ini bisa menjadi berbahaya. Kamu bisa mengalami cidera seperti rusaknya pembuluh darah. Yang lebih parah lagi adalah bisa menyebabkan gendang telinga pecah.

BERITA TERKAIT:

Awas, menahan bersin bisa bikin pecah pembuluh darah