Brilio.net - Perkembangan teknologi memberikan kemudahan seseorang untuk menulis. Banyak website-website yang menyediakan fitur menulis online. Salah satunya adalah blog. Memang situs jenis ini mulai tersisih dengan jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Akan tetapi sebenarnya banyak keuntungan yang kamu dapat dengan menulis di blog.

Berikut adalah tujuh manfaat mengapa kamu harus rajin menulis blog dikutip brilio.net dari lifehack.org, Sabtu (2/5).

1. Menambah kepercayaan diri
Menulis semua pemikiran melalui blog merupakan salah satu cara meningkatkan kepercayaan diri. Kamu bebas mengungkapkan berbagai opini dalam tulisan kamu. Selain itu, kamu juga bisa mencurahkan pengalaman yang berguna bagi orang lain. Jadi, kenapa tidak mulai berbagai dari sekarang?

2. Blog sebenarnya seperti catatan harian
Jika kamu hobi menulis di diary, blog sebenarnya tidak jauh dengan catatan harian. Perbedaannya, blog bisa dibaca oleh orang lain secara online. Kamu juga bisa menambahkan foto atau musik juga dalam tulisan kamu.

3. Memberikan pengalaman yang luar biasa
Menulis di blog merupakan cara baru untuk mendapatkan pengalaman dalam menulis. Kamu tidak bisa menebak siapa saja yang akan membaca tulisan kamu. Bisa saja, orang asing juga bisa membaca tulisan kamu dan memberikan komentar. Itulah mengapa menulis blog memberikan efek luar biasa dalam menulis.

4. Menambah penghasilan
Jika visitor dalam blog kamu banyak, kamu bisa loh mendapatkan uang. Caranya adalah dengan memberikan tarif iklan pada blog kamu. Jadi, blog kamu selain bagus untuk menuangkan ide, juga bagus untuk kantong kamu.

5. Memperluas network
Sebagai blogger yang aktif kamu juga bisa memperluas jaringan kamu dengan komunitas blogger. Biasanya setiap wilayah memiliki ada komunitas tersendiri untuk penulis blog. Komunitas ini juga sering mengadakan kopdar (kopi darat) untuk mempererat komunitasnya.

6. Meningkatkan skil teknologi
Mau tidak mau, kamu juga harus mengikuti teknologi yang berkembang untuk meningkatkan penampilan blog. Biar blog kamu makin keren dan tidak ketinggalan zaman, kamu juga terdorong untuk upgrade kemampuan dalam hal teknologi. Hal ini bagaikan menyelam sambil minum air.

7. Bikin kamu tambah kreatif
Untuk menulis, kamu juga membutuhkan proses brainstroming. Lewat proses tersebut kamu dituntut semakin kreatif. Jadi, sudah siapkah kamu menjadi orang kreatif hanya dengang menulis di blog?