Brilio.net - Mempersiapkan acara pernikahan itu seperti mempersiapkan acara sekali seumur hidup yang kalau sukses akan dikenang sepanjang masa, tapi kalau gagal bakal juga akan dikenang sepanjang masa dan tak bisa lupa. Kalau  tak pandai mengaturnya, salah-salah acara resepsi pernikahan tersebut justru akan membuat jebol uang dan malah membuat bengkak pengeluaranmu.

Untuk mengatasi hal tersebut, pemilihan vendor pernikahan yang tepat pun tak bisa kamu abaikan begitu saja. Kamu harus tetap bisa dengan cermat memilih vendor pernikahan yang murah namun tetap wah. Daripada kamu bingung, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti saat memilih vendor pernikahan, yang telah dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Senin (7/12).

1. Cek reputasi wedding organizer

6 Tips memilih vendor pernikahan agar kamu tak kecewa foto: invitawedding.com

Yang pertama dan yang utama, cek reputasi wedding organizer (WO) yang dipilih. Saat kamu dan pasangan memutuskan untuk menikah, dengan mudah bisa mendapatkan informasi mengenai WO yang menyediakan paket pernikahan. Banyak yang menawarkan harga murah dengan fasilitas ‘wah’.

Hati-hati, jangan tergiur iklan semacam itu. Ada baiknya teliti dulu WO yang akan dipilih dengan mendatangi langsung tempatnya. Cari informasi sebanyak-banyaknya, terutama pada teman yang pernah menggunakan jasa WO tersebut.

2. Sesuaikan budget dengan paket pernikahan yang ditawarkan

6 Tips memilih vendor pernikahan agar kamu tak kecewa foto: banjirpelanggan.com

Semua calon pengantin tentu menginginkan pernikahan indah dengan fasilitas mewah, tak terkecuali kamu. Namun semua itu harus dibayar dengan harga cukup mahal. Jadi ada baiknya menyesuaikan keinginan dengan dana yang tersedia, ya.

3. Pilih paket pernikahan yang menyediakan segala hal yang berkaitan dengan resepsi

6 Tips memilih vendor pernikahan agar kamu tak kecewa foto: gentabali.com

Maksudnya adalah, paket pernikahan sebaiknya menyediakan berbagai keperluan pengantin selama resepsi. Tujuannya untuk memudahkan calon pengantin dalam mempersiapkan pernikahan sebab semua urusan resepsi sudah diatur oleh WO. Memang harganya lebih mahal dari paket standar tapi jika dihitung kembali jatuhnya sama saja.

4. Perhatikan vendor catering, apakah jadi satu dengan paket gedung atau tidak

6 Tips memilih vendor pernikahan agar kamu tak kecewa foto: weddinginparis.net

Biar tidak dobel, kamu perlu mencari tahu tentang vendor catering yang nantinya akan kamu pergunakan di acara resepsi pernikahanmu. Jangan terpaku pada satu catering saja, kamu bisa mencari referensi catering lainnya. Tanyakan juga pada pihak WO tentang catering ini, apakah sudah satu paket dengan gedung atau belum.

5. Hemat dan jeli memilih suvenir

6 Tips memilih vendor pernikahan agar kamu tak kecewa foto: marcomario.com

Banyak benda-benda unik yang bisa kamu gunakan untuk nantinya kamu jadikan suvenir acara resepsi pernikahanmu. Tak perlu benda-benda yang mahal dan susah didapat. Souvenir berfungsi sebagai tanda terima kasih yang kamu berikan ke tamu undangan, tentunya jumlahnya pun akan banyak. Bila kamu tidak hemat dan jeli dalam memilih vendor yang nantinya akan mengurus souvenirmu, pengeluaranmu akan membengkak hanya karena suvenir saja.

6. Cermat dan perhatikan vendor undangan

6 Tips memilih vendor pernikahan agar kamu tak kecewa foto: epizzod.com

Undangan berfungsi untuk menginformasikan kepada tamu undanganmu bahwa kamu akan menyelenggarakan suatu acara resepsi pernikahan dalam waktu dekat. Tak perlu bertele-tele, dan tak perlu mewah yang nantinya akan menghabiskan budgetmu. Kreasikan undangan yang unik dan menarik namun tetap hemat di kantong.