Brilio.net - Punya pasangan dalam melewati guliran waktu nggak berarti kamu harus selalu bersama. Waktu untuk menyendiri atau melakukan kegiatan sendiri, ya istilah kerennya me time gitu lah, ternyata juga sangat penting dalam hubungan yang sedang kamu jalin bersama pasangan.

Meluangkan waktu untuk diri sendiri nggak berarti kamu lagi galau pengen sendiri atau jadi orang yang egois, kok. Justru dengan memberi jeda dalam hubungan, bisa mengurangi ketegangan dan bikin lebih banyak kebebasan untuk melakukan aktivitas masing-masing.

Dan, inilah 4 alasan kenapa setiap pasangan perlu meluangkan waktu untuk diri sendiri, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (10/9):

1. Menjernihkan pikiran kembali

Meluangkan waktu untuk diri sendiri bisa membantu untuk menjernihkan pikiranmu. Kamu bisa lebih mudah fokus atau memusatkan perhatian terhadap sesuatu hal, pekerjaan misalnya. Saat sendiri, kamu akan terhindar dari berbagai macam hal yang bisa mengganggu pikiran dan ini merupakan momen penting untuk bisa kembali menyeimbangkan pikiran dan jiwa kamu.



2. Meningkatkan produktivitas

Ada saatnya ketika kamu harus sedikit menjaga jarak dari pasangan. Eits, ini bukan berarti kamu nggak ingin berkencan atau nggak sayang lagi dengan pasangan lho, tapi untuk bisa membantu kamu untuk meletakkan prioritas dan memenuhi kewajiban kamu yang lainnya. Saat kamu bisa memberikan waktu untuk diri kamu sendiri lebih banyak dari biasanya, kamu akan lebih mudah untuk menyelesaikan kewajiban-kewajiban utama kamu.



3. Membantu menyelesaikan konflik

Sering bertengkar dengan pasangan? Ada baiknya kamu menyendiri dan saling menjaga jarak untuk sementara waktu. Sebab, saat dilanda emosi kamu akan susah berpikir jernih, dan melihat wajah pasangan hanya akan mengingatkan kamu pada penyebab konflik, bahkan menambah kekesalan kamu. Me time akan membantu kamu introspeksi diri dengan pikiran jernih dan mencari solusi dari permasalahan yang menyebabkan pertengkaran terjadi.

2 dari 2 halaman

4. Menemukan tujuan utama hidup

Ketika kamu merasa stuck atau masih belum yakin ke jenjang mana akan membawa hubunganmu bersama pasangan, berilah jeda untuk menyendiri sesaat. Saat kamu melakukan me time, kamu akan menyadari apa yang seharusnya dikurangi dan menemukan apa yang harus digenapkan dalam tujuan utama hidup bersama pasangan.



5. Meningkatkan kualitas hubungan

Selalu melakukan semua kegiatan bersama dengan pasangan mungkin terlihat sebagai pasangan bahagia yang ideal. Tapi ini bisa memberikan jebakan baru, rasa bosan dan terkekang. Setiap individu pastinya ingin memiliki waktunya sendiri untuk melakukan kegiatan yang paling disukainya. Seimbangkan waktu kamu, maka kualitas hubungan kamu akan terasa semakin meningkat dan jauh lebih berharga dari biasanya.



6. Memperluas jejaring sosial

Semakin sering berkumpul dengan teman, kamu dan pasangan akan semakin memperluas pergaulan. Bertambahnya jejaring ini bukan hanya berguna untuk karier tapi juga untuk hubungan kamu ke depannya. Misalnya, nih, jika salah satu teman kamu berprofesi sebagai makeup artist, mungkin saja kamu akan membutuhkan bantuannya saat lamaran atau pertemuan keluarga nantinya dengan pasangan nantinya.