Brilio.net - Influenza atau yang lebih dikenal dengan flu merupakan penyakit yang sering menghampiri kita. Flu bisa menyerang siapapun.

Bahkan orang yang sehat saja bisa terjangkit penyakit ini. Akan tetapi, banyak hal yang salah kaprah telah menyebar terkait tentang penyakit flu. Berikut adalah lima mitos tentang flu dihimpun oleh brilio.net dari berbagai sumber.

1. Flu merupakan penyakit yang tidak berbahaya

Jangan anggap bahwa flu merupakan penyakit yang remeh-temeh. Penyakit ini sudah menyebar sebelum Masehi. Akibatnya banyak orang yang meninggal akibat komplikasi flu. Selain itu, penyakit flu juga sangat berbahaya bagi orang yang berumur 65 tahun lebih.

2. Penyakit ini tidak perlu vaksin

Loading...

Virus flu mampu bermutasi. Selain itu, flu juga bisa menyerang di waktu kapan saja. Itulah mengapa vaksin untuk penyakit ini merupakan pencegahan yang bagus. Akan tetapi, vaksin flu juga tidak menjamin kamu akan terbebas dari flu seumur hidup.

3. Vitamin C dapat mencegah datangnya flu

Pikiran kita sering terdikte bahwa kita terkena penyakit ini karena kekurangan vitamin C. Padahal belum ada pembuktian ilmiah yang mendukung pernyataan tersebut. Jadi, jika kamu mempunyai persepsi tersebut, itu hanyalah persoalan sugesti.

4. Virus flu dapat diobati dengan antibiotik

Lagi-lagi, hal ini salah. Penyakit flu diakibatkan oleh virus bukan bakteri. Jadi, tidak bisa ditangani menggunakan antibiotik. Sebaiknya kamu mengonsumsi obat antivirus, meskipun hanya meredakan flu bukan mengobatinya.

5. Anak tidak bisa diberikan vaksi flu

Di usia enam bulan hingga dua tahun merupakan periode yang sangat berisiko bagi mereka untuk tertular virus. Di rentang umur tersebut, seorang anak bisa disuntikkan sebuah vaksin flu untuk mencegah flu. Untuk umur di atas dua tahun hingga 18 tahun, vaksin flu hanya disemprotkan ke tubuh mereka.