Brilio.net - Magnesium merupakan mineral penting untuk tetap membuat badanmu sehat, dan diperlukan untuk lebih dari 300 reaksi biokimia dalam tubuh. Beberapa manfaat kesehatan dari magnesium meliputi transmisi impuls saraf, pengaturan suhu tubuh, detoksifikasi, produksi energi, dan pembentukan tulang dan gigi.

Nah, berikut ini lima manfaat utama dari magnesium yang perlu kamu tahu, seperti dikutip brilio.net dari laman Capital FM, Senin (25/5):

1. Magnesium bisa mengatasi osteoporosis
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kalsium dilengkapi dengan magnesium dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang. Kekurangan magnesium mengubah metabolisme kalsium dan hormon yang mengatur kalsium, sehingga terjadilah osteoporosis.

2. Magnesium mencegah penyakit kardiovaskular
Magnesium dikaitkan dengan menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Survei diet telah menyarankan bahwa asupan magnesium yang cukup dapat mengurangi kemungkinan mengalami stroke. Kekurangan magnesium dapat meningkatkan risiko irama jantung menjadi abnormal, yang justru meningkatkan risiko komplikasi setelah serangan jantung.

3. Magnesium mengatur tekanan darah tinggi (hipertensi)
Magnesium memainkan peran penting dalam mengatur tekanan darah secara alami. Suplemen magnesium dan diet termasuk mengonsumsi buah-buahan dan sayuran, yang merupakan sumber bagus dari potassium dan magnesium, secara konsisten dikaitkan dengan menurunkan tekanan darah.

4. Magnesium bisa mengatasi diabetes
Magnesium dapat membantu metabolisme karbohidrat dan pelepasan aktivitas insulin sehingga bisa mengendalikan kadar glukosa dalam darah. Faktanya juga, untuk setiap 100 miligram peningkatan magnesium asupan harian dapat menyebabkan penurunan 15% risiko diabetes tipe 2.

5. Magnesium mengatasi migrain, insomnia, dan depresi
Asupan magnesium dapat mengurangi keparahan serangan migrain, insomnia, dan depresi, serta bisa meminimalisir tingkat kekambuhan. Selain itu, magnesium juga dikenal dapat menyembuhkan disfungsi kejiwaan misalnya rasa panik, stres, kecemasan, dan agitasi yang tidak seharusnya.

Selain kelima manfaat utama di atas, khususnya bagi wanita, magnesium memberikan manfaat meredakan gejala menopause dan premenstrual syndrome (PMS). Magnesium juga meminimalkan risiko persalinan prematur.

Nah, untuk sumber magnesium pada makanan yang baik adalah kacang-kacangan (terutama almond), biji-bijian, gandum, ikan, dan sayuran berdaun hijau.

Selalu perhatikan asupan makananmu ya, guys! Kesehatanmu lho.

TRENDING NEWS:

VIDEO: Kisah kue ibu untuk anakku yang akan membuatmu menangis

Menyeramkan, pulau misterius ini membunuh siapa saja yang datang

Es batu yang kamu minum dari air mentah atau air matang?

Begini penjelasan kenapa maghrib & tengah malam identik dengan mistis

Kontroversi surat terbuka Anggun C Sasmi ke Presiden Jokowi