Brilio.net - Selama ini kita hanya tahu bahwa cuaca dingin hanya mampu mempengaruhi kondisi tubuh. Seperti batuk, demam, flu. Padahal, cuaca dingin juga bisa mengubah psikologi kamu. Bahkan pengaruhnya cenderung aneh dan tidak wajar. Apakah kamu menyadarinya?

Jika kamu belum sadar, cobalah amati pengaruh aneh yang diakibatkan oleh cuaca dingin, seperti dikutip brilio.net dari livescience.com, Rabu (20/5):

1. Warna baju

Studi ini lebih dikhususkan kepada cewek. Berdasarkan riset yang dijalankan pada tahun 2013 dan 2014, cewek cenderung memilih baju warna merah saat musim dingin. Para peneliti asal University of British Columbia Kanada belum memastikan penyebab yang menimbulkan fenomena ini.

2. Mempengaruhi dalam penyelidikan kriminal

Loading...

Sebuah riset dari jurnal PLOS ONE menyebutkan bahwa cuaca dingin mampu memberikan penilaian yang berbeda terhadap seorang kriminal. Saat berada di ruangan yang dingin, orang menilai kriminal dengan kecenderungan melakukan kejahatan yang sudah direncanakan. Berbeda di ruangan yang panas, kriminal dinilai sebagai pemarah dan impulsif.

3. Film romantis

Journal of Consumer Research mengungkap bahwa orang-orang cenderung memilih film bergenre romantis saat cuaca dingin. Penyebabnya adalah psychological warmth. Bahkan saat cuaca dingin, film romantis sangat laris disewakan oleh rental film online.

4. Rasa percaya

Cuaca yang dingin juga mampu mempengaruhi rasa percaya terhadap orang lain. Berdasarkan publikasi dari jurnal Evolutionary Psychology, cuaca dingin mampu meningkatkan kepercayaan terhadap orang lain yang lebih.

5. Kreativitas

Ada perbedaan yang mencolok terhadap kreativitas seseorang dalam cuaca yang berbeda. Penelitian dari jurnal Acta Psychologica menyebutkan bahwa cuaca dingin mampu meningkatkan ide abstrak. Sedangkan cuaca panas mempengaruhi kemampuan mengkategorikan dalam memikirkan ide.