Brilio.net - Setiap wanita menginginkan kulit yang cantik dan flawless. Akan tetapi, kebiasaan yang kerap dilakukan dalam kehidupan sehari-hari mampu memunculkan beragam gangguan kulit, mulai dari hiperpigmentasi atau lebih dikenal sebagai bintik-bintik gelap hingga perubahan warna kulit.

Lalu apa saja sebenarnya kebiasaan yang dimaksud dan sebaiknya dihindari? Berikut rangkumannya yang dilansir brilio.net dari StyleCaster, Sabtu (1/8), berikut ini:

1. Tidak mengaplikasikan tabir surya
"Ketika kulit terpapar sinar ultraviolet secara terus-menerus, maka akan menyebabkan noda kecokelatan dan hiperpigmentasi akibat produksi melanin berlebih. Karena noda kecokelatan disebabkan oleh sinar matahari, maka hal ini seolah memberitahu kamu bahwa kulit terpapar sinar matahari berlebih. Oleh sebab itu, pakailah pelindung atau kembali aplikasikan SPF," ujar Denis Gross, seorang dokter dermatolog.

2. Menggunakan produk perawatan kulit yang terlalu agresif
Jika kulit kamu berubah menjadi kemerahan setelah menggunakan produk perawatan kulit, ini alasan untuk kemungkinan terjadinya perubahan rona kulit tanpa peduli jenis atau warna kulit kamu. Kondisi ini disebut dengan Post Inflammatory Hyperpigmentation (PIH) dan akan terjadi bila formulasinya terlalu kuat atau kamu mengaplikasikannya lebih sering dari yang disarankan.

3. Perawatan luka yang terselesaikan
Noda bekas jerawat seringkali menimbulkan bekas berupa noda kecokelatan. Percaya atau tidak, salah satu cara tubuh dalam merespons luka adalah dengan memproduksi melanin secara berlebih. "Tubuh merespons luka dengan inflamasi yang memicu produksi melanin dan mengakibatkan munculnya noda kecokelatan. Noda bekas jerawat adalah salah satu contoh PIH," ujar Gross.

4. Merokok
Kebiasaan merokok selain berbahaya bagi kesehatan, juga dapat merusak kulit. Semua bahan kimiawi beracun yang terdapat pada rokok akan menguras antioksidan di dalam tubuh dan tubuh akan memproduksi lebih banyak radikal bebas yang merusak sel-sel kulit. Alhasil, pembentukan noda-noda berwarna gelap pun akan meningkat seiring semakin seringnya kamu menghisap rokok.

5. Stres
Yup, stres akan mengganggu tubuh kamu, tak terkecuali kulit. Ketika kamu stres, tubuh akan memproduksi hormon yang mendorong respon berupa munculnya jerawat dan ruam pada kulit. Selain itu, tubuh dan kulit pun akan menjadi rentan akan gangguan lantaran adanya peningkatan jumlah radikal bebas. Oleh sebab itu, cobalah memiliki aktivitas yang mampu menenangkan diri kamu sekaligus dapat mengusir stres.