Brilio.net - Plastik wrap sering kita temui untuk menutup makanan segar atau melindungi makanan pasien di rumah sakit. Apakah sebatas itu fungsinya?

Seperti dilansir brilio.net dari laman huffingtonpost.com, Sabtu (9/5), berikut manfaat plastik wrap yang bisa kamu gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Mencegah belepotan pada botol saat bepergian

5 Fungsi plastik wrap yang bisa kamu gunakan tiap hari

Kamu pasti kesal kalau liburanmu diganggu dengan botol sampo atau lotion yang belepotan karena mungkin posisi botol yang tak karuan di dalam tas atau akibat guncangan kendaraan selama perjalanan. Nah, Alexandra Jimenez, editor and pemilik blog the Travel Fashion Girl memiliki solusi sederhana.

Kamu hanya perlu melepas tutup botolmu dan menggantinya dengan plastik wrap. Lantas masukkan ke dalam plastik klip.

Mengapa hal tersebut bekerja? Sebab perubahan tekanan udara selama perjalanan dapat memperluas dan mengikat plastik botol. Nah, bungkus plastik akan bertindak sebagai penutup untuk mencegah kebocoran.

2. Memperbaiki compact powder (bedak padat) yang pecah

5 Fungsi plastik wrap yang bisa kamu gunakan tiap hari

Bagi kamu cewek, terkadang tidak sengaja menjatuhkan bedak padatmu sehingga pecah atau retak bahkan menjadi remah-remah. Nah, sekarang kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa menyatukannya kembali.

Kamu hanya perlu menambahkan beberapa tetes alkohol 70% ke bedak padatmu yang pecah tadi. Lalu tutup rapat dengan plastik wrap. Setelah itu, kamu gunakan jari atau sendok untuk mencampur pecahan bedak dan alkohol tadi, supaya kembali ke bentuk aslinya. Jika bedak itu masih kering, kamu bisa menambahkan alkohol sesuai kebutuhan.

Hal tersebut terbukti bekerja karena alkohol dapat menyatukan kembali pecahan bedak tersebut. Plastik wrap sendiri sangat membantu untuk melakukan penekanan dengan jari atau sendok tadi supaya bedak kembali ke bentuk aslinya.

3. Mencegah lecet pada barang furnitur ketika dipindahkan

5 Fungsi plastik wrap yang bisa kamu gunakan tiap hari

Saat kamu hendak pindahan rumah, ada baiknya lindungi barang furniturmu. Jenny Morrill, co-founder dan CMO dari Move Loot (sebuah usaha online yang melayani pembelian dan penjualan barang furnitur) menyatakan bahwa sebaiknya kita membungkus furnitur dengan plastik wrap terlebih dahulu sebelum dibungkus dengan pembungkus, misalnya kardus. Hal tersebut untuk menghindari kerusakan atau lecet pada laci atau lemari atau meja saat dalam perjalanan pemindahan.

4. Membuat label sementara

5 Fungsi plastik wrap yang bisa kamu gunakan tiap hari

Ada label asli pada benda-benda tertentu yang tidak awet, misalnya saja pada barang antik, mebel, atau peralatan besar lainnya. Nah, kalau kamu membutuhkan label, misalnya untuk penamaan, kamu bisa menggunakan plastik wrap. Kamu bisa menuliskan label langsung di plastik tersebut dan menempelnya pada benda kesayanganmu. Ketika label sudah tidak diperlukan, kamu bisa melepasnya.

5. Melindungi ponselmu saat main ke pantai

5 Fungsi plastik wrap yang bisa kamu gunakan tiap hari

Saat kamu pergi ke pantai, udaranya yang lembab dapat membahayakan elektronik dan pastinya dapat membuat goresan dan bisa saja masuk ke dalam ponselmu. Supaya aman, bungkuslah ponselmu dengan plastik wrap. Plastik wrap akan melindungi ponselmu dari pasir. Sayangnya, plastik wrap tidak melindungi ponselmu dari air. Dan, perlu kamu ingat, jangan terlalu lama membungkusnya, karena penyegelan dengan plastik wrap itu akan meningkatkan pemanasan berlebihan.

Ternyata berguna banget nggak plastik wrap itu? Selamat mencoba, guys!