Brilio.net - Dalam suatu hubungan asmara, pastinya tak hanya sukanya saja yang dilewati bersama, tetapi juga dukanya. Benar tidak? Dukanya itu di antaranya adalah pertengkaran, perselisihan, perbedaan pendapat, dan pasti akan membuat kamu atau pasanganmu marah besar. Marah sendiri merupakan hal yang sangat wajar.

"Kalau marah, biasanya aku diemin dulu. Nanti lama-lama kalau marahnya udah selesai, dia nyamperin duluan," kata Nisa, mahasiswa semester akhir Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, kepada brilio.net, Selasa (24/11).

Luapan emosi karena ketidaksenangan tersebut memang terkadang dialami kamu atau pasanganmu. Terkadang pula kamu tak tahu apa yang harus dilakukan ketika kamu berhadapan dengan pacarmu yang sedang marah besar. 'Senggol bacok', ya kan?

Nah, daripada kamu bingung harus bagaimana ketika pacarmu marah, hal-hal berikut ini bisa kamu lakukan, yang telah dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (24/11):

1. Beri sedikit waktu untuk dia menenangkan diri

Loading...

5 Cara darurat ini bisa dilakukan ketika pacarmu sedang marah besar

foto: bisikan.com

Berikan waktu bagi dirinya untuk meredakan perasaan tersebut. Tapi sebelumnya, kamu perlu untuk menyatakan maaf dan kalau keadaan memungkinkan juga sampaikan semua penyesalanmu. Biarkan dirinya merenung atau mencari kesibukan lain untuk membuat suasana hati menjadi lebih dingin.

2. Beri perhatian secara berkala

5 Cara darurat ini bisa dilakukan ketika pacarmu sedang marah besarfoto: dijava.com

Memberikan dia waktu bukan berarti kamu langsung bersikap cuek begitu saja saat pacarmu marah. Sesekali atau lebih dalam sehari berikan dia perhatian atau setidaknya berilah kabar. Lakukan itu secara berkala dan jangan terlalu sering. Jangan sampai dia merasa diabaikan tapi juga tetap tidak merasa diganggu.

3. Jangan lupa ulangi untuk meminta maaf

5 Cara darurat ini bisa dilakukan ketika pacarmu sedang marah besarfoto: merdeka.com

Jangan lupa untuk mengungkapkan permintaan maafmu, sekali lagi. Lakukan jika dirasa waktunya tepat. Setidaknya kamu sudah memberinya waktu untuk berpikir. Lakukan dengan memberi suatu hal yang berhubungan dengan cinta seperti memberinya bunga atau lainnya yang menjadi kesukaan pacar kamu.

4. Bila segala cara sudah kamu coba tapi dia tetap marah, mintalah bantuan orang terdekat kalian

5 Cara darurat ini bisa dilakukan ketika pacarmu sedang marah besar

foto: pacaranku.wordpress.com

Jika semua itu sulit kamu lakukan, atau dia tetap marah, cobalah untuk meminta bantuan orang terdekatnya, atau orang terdekat kalian untuk menyampaikan apa yang menjadi keinginanmu. Dalam beberapa keadaan mungkin dia menutup diri dan selalu menghindar darimu. Karena sangat marah dia tidak mau lagi terhubung denganmu, apapun caranya. Tapi meski begitu tetap ada orang yang bisa dia percaya. Nah, tugasmu adalah mencari tahu dan meminta tolong kepadanya.

5. Buktikan bahwa kamu akan berubah dan tak akan membuatnya marah untuk kedua kali

5 Cara darurat ini bisa dilakukan ketika pacarmu sedang marah besar

foto: madjongke.com

Melalui ungkapan atau simbol sepertinya tidak ampuh juga manjur untuk meluluhkan hatinya. Jika segala cara yang suda dicoba tidak memberikan hasil. Kamu perlu memberi bukti dengan tindakan nyata. Menunjukkan rasa penyesalan dan berusaha memperbaiki juga tidak mengulangi lagi. Tidak bisa dipastikan karena semua tergantung dari rasa cintanya juga dari besar tidaknya kesalahan yang sudah kamu lakukan. Tapi, tak ada salahnya untuk mencoba, bukan?

RECOMMENDED BY EDITOR