Brilio.net - Bosan dengan menu sarapan yang sama setiap hari? Atau mungkin kamu sedang mencari menu baru untuk isi energi di pagi hari? Cobalah menu soto sebagai sarapan andalanmu.

Tidak hanya gurih dengan aroma kuah yang menggoda, ternyata soto memang bagus buat kesehatan kok. Apalagi buat kamu yang masih kuliah, tentu semangkuk menu soto tetap bersahabat dengan harga mahasiswa.

Berikut 5 alasan mengapa soto merupakan menu sarapan yang harus kamu coba, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (23/8):

1. Soto menu sarapan simpel dan lezat
Untuk menikmati semangkuk makanan berkuah ini, kamu tidak perlu menunggu lama. Sang penjual biasanya sudah meracik suwiran daging, kol, tauge, dan bumbu lainnya, kemudian tinggal menambah kuahnya yang kuning sedikit kental.

Jika kamu harus kerja di pagi hari, soto merupakan pilihan tepat. Nggak mau dong dimarahin bos gara-gara menunggu menu sarapan?

2. Soto mampu tingkatkan konsentrasi
Ternyata kol dalam soto mengandung kandungan vitamin K dan antosianin yang dipercaya sangat bagus untuk kesehatan otak manusia. Dua zat tersebut juga ampuh untuk meningkatkan konsentrasi.

Jika aktivitas kamu cenderung menggunakan otak, soto merupakan sajian yang pas di pagi hari. Selain itu, kandungan nutrisi dalam kol juga bisa mencegah kerusakan saraf.

3. Santai aja, soto juga pakai nasi kok
Elemen terpenting dalam makanan untuk orang Indonesia adalah nasi. Bahkan ada yang bilang 'belum makan, kalaubelum makan nasi'.

Jika perut kamu tidak bisa jauh-jauh dari nasi, soto merupakan pilihan yang tepat. Di sisi lain, nasi dalam racikan soto merupakan sumber karbohidrat. Jangan khawatir, pasokan energimu di pagi hari sudah terpenuhi dengan unsur yang satu ini.

Nah, dalam penyajiannya, biasanya warung-warung soto menyiapkan lauk pauk tambahan seperti gorengan panas (tempe, tahu, bakwan, perkedel), aneka baceman tempe atau tahu, sampai beragam sate ayam dan sapi yang lezat namun harganya ekonomis. Kamu bisa tambah krupuk agar menambah renyahnya menu sotomu. Kriuk!

4. Kaya serat
Serat sangat penting untuk saluran pencernaan. Tauge dalam menu soto merupakan sayuran yang kaya akan serat. Jika kamu ingin menjaga kelancaran pencernaan, cobalah menu berkuah kuning ini.

5. Cinta kuliner Indonesia
Dengan makan soto, kamu bisa mengarungi berbagai cita rasa kuliner Indonesia. Ada banyak pilihan menu soto yang berbeda dari berbagai daerah.

Sebagai contohnya ada Soto Kudus, Soto Betawi, Soto Banjar, Coto Makassar, Soto Padang, Soto Madura, Soto Bandung, dan Soto Lamongan. Siapa tahu dengan mencicipi soto rasa nasionalisme bertambah, sederhana bukan?


Apa menu sarapanmu pagi ini?