Brilio.net - Berbicara tentang wanita tentu tak lepas dari anggapan bahwa mereka adalah makhluk mulia di mana Tuhan menitipkan anugerah di rahimnya. Dalam ajaran agama disebut kita harus berlaku baik kepada wanita, khususnya kepada ibu.

Tapi yang terjadi adalah banyaknya tindak kejahatan yang mengancam kaum wanita. Tidak hanya di dunia nyata, seiring berkembangnya teknologi, wanita juga sering menjadi korban di dunia maya. Rabu (7/10) brilio.net merangkum alasan kenapa wanita sering menjadi korban kejahatan di dunia maya.

1. Ceroboh dalam dunia teknologi informasi

Nggak banyak wanita yang benar-benar paham dengan dunia TI. Contoh mudahnya begini, apakah banyak cewek paham kalau data-data di memory card bisa dikembalikan? Salah satu faktor banyaknya tersebar foto-foto syur adalah para wanita dengan mudahnya menjual gadget lengkap dengan memory cardnya. Semestinya, sebisa mungkin hindari menjual memory card kepada pihak lain.

2. Tak memahami seluk beluk penipuan online shop

Loading...

Sekarang ini banyak sekali toko-toko online yang bertebaran di beranda media sosial. Banyak di antaranya adalah toko online fiktif alias penipu. Beberapa cirinya adalah harga yang kelewat murah, tidak ada layanan cash on delivery (COD) sehingga harus transfer rekening dan penjual punya alasan yang ribet ketika pembeli minta COD atau pakai rekening bersama. Sebaiknya gunakan situs jual beli yang benar-benar terpercaya.

3. Terlalu bawa perasaan ketika kenalan dengan lawan jenis di sosial media

Tak sedikit wanita yang tertipu uang jutaan karena ditipu kenalan baru yang menjanjikan cinta. Memang begitulah modus para penipu menjerat mangsanya salah satunya dengan PDKT dengan janji manis. Dan sayangnya banyak wanita suka baper (bawa perasaan) sama orang yang bahkan belum pernah mereka temui sebelumnya.

4. Tak menyadari tindakan berbahaya di media sosial

Lagi-lagi ini masalah bawa perasaan (baper) wanita yang terjerat cinta online. Entah apa yang dipikirannya, ternyata banyak kok kasus wanita yang mau ngirim foto syur ke teman onlinenya. Biasanya modus yang digunakan karena kangen dan jarak yang memisahkan lalu para penjahat dunia maya minta foto syur wanita yang dijeratnya. Banyak kan kasus foto syur yang tersebar akibat kecerobohan semacam ini?

Semoga bisa menjadi bahan belajar bagi kamu agar tidak menjadi korban kejahatan di dunia maya.

RECOMMENDED BY EDITOR