Brilio.net - Suka cita tengah dirasakan di Istana Nurul Iman, Pangeran Abdul Malik (31) dan Dayangku Raabi'atul Adawiyah (22) yang telah resmi menjadi pasangan suami istri.

Pesta pernikahan kerajaan atau Royal Wedding yang mulai digelar Minggu 5-15 April ini dikabarkan akan menjadi pesta termegah dan mewah. Tak ketinggalan, serangkaian acara adat dan budaya akan digelar untuk memeriahkan royal wedding tersebut.

Wah, kemewahan apa saja ya yang hadir dalam acara penuh khidmat ini? Cari tahu lebih lanjut yuk, seperti yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (11/4).

1. Mahar senilai puluhan juta

Dalam acara Majlis Istiadat Bersuruh Diraja (lamaran) kemarin, proses yang dilakukan hampir sama dengan lamaran pada umumnya. Calon pengantin pria datang bersama rombongan keluarga kerajaan menemui keluarga calon pengantin wanita. Mereka pun datang dengan membawa barang-barang perlengkapan pernikahan seperti baju, sepatu dan lain-lain.

Selain barang-barang tersebut, Pangeran Abdul Malik juga membawa mahar yang akan diberikan kepada calon pendamping hidupnya tersebut. Uang mahar itu tersebut senilai USD 1.000, atau sekitar 12 juta rupiah. Maklum jika jumlahnya sangat banyak, karena memang keluarga kerajaan ini sangat kaya raya.

2. Berlangsung selama 11 hari

5 Fakta kemewahan Royal Wedding Pangeran Brunei Darussalam

Pernikahan Pangeran Abdul Malik dengan Raabi'atul Adawiyyah di mulai dengan acara Majlis Istiadat Bersuruh Diraja pada hari Minggu, 5 April 2015. Dilansir dari Asia One, Sabtu (11/4/), pernikahan meriah tersebut berlangsung selama 11 hari. Mulai dari Minggu 5 April sampai 15 April mendatang.

Untuk sebelas hari ke depan akan diisi oleh hiburan-hiburan budaya dan keagamaan. Prosesi diawali dengan lamaran Pangeran Abdul Malik kepada Raabi'atul di Istana Nurul Iman pada Minggu 5 April. Sedangkan proses Ijab Qabul-nya sendiri berlangsung hari Kamis, 9 April 2015.

Puncak acara akan digelar pada Minggu 12 April, dengan menampilkan kedua mempelai duduk bersama di Balai Singgahsana Indera Buana di Istana Nurul Iman. Prosesi tersebut dikenal dengan istilah Majlis Istiadat Bersanding Pengantin Diraja.

5 Fakta kemewahan Royal Wedding Pangeran Brunei Darussalam

Rencananya pada hari Senin yang menjadi awal rangkaian perayaan pernikahan, akan dibuka dengan orkestra yang mengalun ke seluruh ibu kota, Bandar Seri Begawan. Selain itu, pembukaan juga akan diiringi dengan tembakan meriam yang berjumlah sebanyak 21 kali. Untuk menghormati keluarga kerajaan, para penduduk pun diharuskan mengibarkan bendera nasional selama acara berlangsung.

5 Fakta kemewahan Royal Wedding Pangeran Brunei Darussalam


3. Dihadiri pejabat-pejabat dalam dan luar negara

5 Fakta kemewahan Royal Wedding Pangeran Brunei Darussalam

Royal Wedding Brunei Darussalam dilangsungkan di istana yang mempunyai 1.700 ruangan. Ruangan itu nantinya akan dipenuhi para tamu undangan yang sebagian besar adalah orang-orang penting di dunia. Mulai dari pejabat dalam negeri hingga bangsawan Internasional.

5 Fakta kemewahan Royal Wedding Pangeran Brunei Darussalam

Wajar saja jika ada tamu yang hadir datang dari kalangan orang penting. Karena orangtua dari keduanya juga merupakan orang penting di negara Brunei Darussalam. Abdul Malik adalah anak dari pemimpin kerajaan, yakni Sultan Hassanal Bolkiah, sedangkan Raabi'atul Adawiyyah merupakan anak dari bangsawan, Pangeran Haji Bolkiah.

4. Diliput oleh media dari puluhan negara

Tak hanya para pejabat, para jurnalis pun juga turut diundang oleh kerajaan ini. Sekretariat Komite Media Publikasi dan Informasi Brunei Darussalam menyatakan 96 jurnalis akan meliput pernikahan mewah nan megah ini, termasuk 21 wartawan dari luar negeri. Dari jumlah sebanyak itu, sebagian besar adalah jurnalis dari negara tetangga Brunei Darussalam.

Negara-negara yang mendapat kehormatan tersebut diantara ada Thailand, Malaysia, Singapura, Inggris dan juga Jerman. Kerajaan juga telah menyediakan ruangan khusus untuk para awak media ini. Dari tempat itulah para kru bisa meliput rangkaian acara pernikahan tersebut.

5. Aksesori mewah

5 Fakta kemewahan Royal Wedding Pangeran Brunei Darussalam

Saat prosesi Istiadat Bersanding Pengantin Diraja, Dayangku Raabi'atul 'Adawiyyah tampak mengenakan sepatu berhiaskan kristal rancangan Christian Louboutin sambil memegang buket permata. Desainer Perancis 51 tahun ini memang terkenal di kalangan selebriti dan publik figur. Ciri khas sepatu rancangannya adalah memiliki sol berwarna merah.

5 Fakta kemewahan Royal Wedding Pangeran Brunei Darussalam

Nggak hanya mengenakan sepatu kristal, kepala Dayangku Raabi'atul 'Adawiyyah yang tertutup hijab juga dihiasi dengan tiara bertahtakan berlian dan enam batu permata. Kebayang kan harganya pasti sangat mahal.

5 Fakta kemewahan Royal Wedding Pangeran Brunei Darussalam

Nah, itu tadi beberapa kemewahan yang ada di rangkaian acara pernikahan anak keenam Sultan Bolkiah dari istri pertamanya, Saleha Mohamed Alam. Udah kebayang kan, kemegahan acara royal wedding yang sangat ditunggu-tunggu oleh warga Brunei Darussalam ini.