Brilio.net - Guys, penyakit dan masalah kesehatan nggak cuma menyerang orang yang sudah tua saja lho. Anak muda pun kini juga rentan terserang penyakit. Nah, agar kamu awet muda dan nggak gampang sakit-sakitan mulailah untuk mencoba hidup sehat mulai dari sekarang.

Memulai hidup sehat memang bukanlah sesuatu yang mudah. Banyak godaan maupun gangguan, apalagi masih ada sifat malas dalam diri kita. Hmm, sudah pasti memulai hidup sehat ini akan sulit sekali. Tapi apa salahnya mencoba dan memulainya dari sekarang.

Seperti yang dihimpun brilio.net dari laman Fanspage Architecture & Fashion Design, Senin (11/1), ada 20 gambaran sederhana yang bisa kamu mulai dari sekarang untuk menerapkan gaya hidup sehat:

1. Bangun tidur sebelum matahari terbit


Matahari pagi baik buat kesehatan, apalagi jika kamu bangun pagi lebih awal kamu pun akan lebih siap mempersiapkan harimu. Jadi, jangan malas bangun pagi ya ?
 
2. Jangan lewatkan sarapan


Hayo, siapa nih yang masih sering melewatkan sarapan? Sarapan sebelum jam 9 pagi sangat dianjurkan lho, untuk menjaga konsentrasi dan kebugaran tubuh kamu setiap harinya.

3. Olahraga 1 jam per hari

Nah, bagi kamu yang malas berolahraga sebaiknya segera tinggalkan kebiasaan itu. Mulailah untuk selalu "bergerak" mempraktikkan olahraga apapun paling tidak 1 jam setiap hari.

4. Minum 2 gelas air putih 5 kali sehari


Air putih sangat bermanfaat sekali untuk menjaga cairan dalam tubuh. Oleh sebab itu kamu perlu minum air putih 2 gelas lima kali sepanjang harimu, atau total 10 gelas sehari.

5. Masak makanan sendiri

Sekali-kali luangkan waktumu untuk memasak makanan sendiri. Dengan memasak sendiri makananmu, kamu bisa lebih hemat dan juga bisa menjamin kebersihan makanan yang kamu olah.

6. Batasi penggunaan internet

Internet saat ini seakan menjadi kebutuhan pokok. Banyak orang yang tidak bisa lepas dari penggunaan internet. Nah sebaiknya mulai batasi diri kamu agar tidak kecanduan internet ya Guys.

7. Jalan cepat selama satu jam perhari

Jalan cepat bisa kamu jadikan salah satu alternatif olahraga. Gerakan ringan ini bisa kamu coba paling enggak satu jam setiap hari.

8. Hindari junk food

Mengonsumsi makanan-makanan junk food juga nggak baik lho bagi kesehatan. Sebaiknya kamu mulai menghindari makanan cepat saji dan mengubahnya dengan makan makanan yang sehat saja Guys.

9. Tidur 8 jam sehari

Sesibuk apapun pekerjaanmu usahakan kamu mendapatkan waktu tidur selama delapan jam sehari. Tidur adalah waktu yang tepat dimana badan memulihkan kondisinya setelah lelah bekerja seharian.

10. Jangan suka menunda-nunda

Sebenarnya menunda-nunda pekerjaan itu bukan mempermudah pekerjaan namun akan malah menumpuk pekerjaan. Lakukan apa yang bisa kamu lakukan sekarang, tanpa menundanya lagi.

LANGKAH SEDERHANA NO 11 DAN 12 BISA KAMU LAKUKAN SEHARI-HARI LHO....

2 dari 2 halaman


11. Bersepeda ke kantor atau kampus

Bolehlah kamu mencoba menggunakan sepeda untuk beraktivitas sehari-hari, misal untuk kerja, ke kampus maupun berbelanja. Kamu bisa menikmati dan menghirup udara segar di sekitarmu, juga bisa sekaligus olahraga lho.

12. Menghindari penggunaan lift


Ada kalanya kamu harus mulai meninggalkan lift dan gunakan tangga biasa saja.

13. Minum teh hijau

Teh hijau banyak mengandung anti oksidan jenis polifenol. Antioksidan jenis ini tidak hanya membantu menyehatkan tubuh, kulit, dan rambut, tetapi juga membantu menghambat pertumbuhan sel kanker. Nah, apa salahnya mencoba menyempatkan minum teh hijau di pagi atau malam hari ?

14. Tertawalah minimal 10 menit sehari

Tertawa bersama sahabat atau orang-orang terkasih ternyata baik lho buat kesehatanmu. Dengan tertawa kamu bisa melepaskan beban dan meluapkan emosi di hati kamu.

15. Lakukan 10 kali gerakan yoga

Melakukan pemanasan dengan beberapa gerakan yoga ternyata juga baik lho Guys. Kamu bisa mencoba gerakan yoga yang sederhana dulu saja.

16. Ambil napas dalam-dalam untuk 10 menit

Untuk setiap detik yang kamu lewati dalam hidup, luangkanlah untuk sebentar saja bersyukur. Ambil napas dalam-dalam dan embuskan secara perlahan selama 10 menit bisa membantu kamu memperbaiki mood maupun membuat diri kamu lebih tenang.

17. Berjalanlah dengan kaki telanjang di atas rumput

Ahh, kapan terakhir kali kamu berjalan dengan kaki telanjang? Tanpa sandal ataupun sepatu? Coba deh sekali-kali berjalan tanpa alas kaki dan berjalan-jalanlah di lapangan, rasakan sensasi saat kulit kamu mengenai rerumputan.

18. Mengurangi gula


Gula bukan berarti jahat bagi tubuh. Namun terlalu banyak mengonsumsi gula juga tidak baik. Makanya kamu perlu membatasi gula, mulai dari sekarang.

19. Makan sayuran

Sayur-sayuran jika diolah dengan benar akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Kandungan serta dan vitaminnya sangat bagus dan menyehatkan badan. Jadi, jangan lupa makan sayur ya..

20. Hubungi teman-teman lamamu

Berkomunikasi kembali dengan teman-teman lama, akan memberikan efek tersendiri. Luangkan waktu pula untuk berkumpul bersama mereka. karena kehidupan sosialmu pun juga perlu dijaga.