Brilio.net - Kamu pasti nggak asing dengan kertas alumunium foil, kan? Kertas warna silver ini sering kali digunakan sebagai pembungkus makanan, terutama kala dimasak menggunakan microwave. Nah, ternyata kegunaan alumunium foil nggak sekadar itu, lho! Sebagaimana dilansir brilio.net dari Diply, Selasa (29/12), berikut 17 manfaat alumunium foil yang bisa kamu praktikkan di rumah.

1. Membantu pengeringan pakaian

foto: The Creek Line House

Saat kamu mengeringkan pakaian dengan mesin pengering, biasanya pakaian saling melekat satu sama lain karena tarik-menarik elektron positif dan negatif. Dengan menggunakan bola-bola kertas alumunium foil, pakaian tersebut tak akan mudah melekat satu sama lain sehingga bisa mempercepat proses pengeringan pakaianmu.

2. Penggosok perhiasaan perak

foto: Green Bride Guide

Kamu yang punya perhiasan perak, bisa merawatnya dengan kertas alumunium foil. Gunakan baking soda, garam, alumunium foil, dan air mendidih untuk membersihkan noda pada perak.

3. Melindungi gagang pintu saat pintu dicat

foto: Lifehacker

Sebelum mengecat pintumu, pastikan kamu sudah menutupi gagang pintunya menggunakan kertas alumunium foil. Hal ini mencegah gagang pint terkena cat yang bisa 'menjebak' tanganmu saat kamu tak sadar memegangnya.

4. Menghilangkan karat dari logam

foto: Feed the Birdies

Siapkan kerta alumunium foil dan air. Robek kertas alumunium foil dan buat gulungan kecil kemudian celupkan ke dalam air. Setelah itu gosok benda logam yang ingin kamu bersihkan dari karat mengganggu.

5. Sebagai segel makanan

foto: Lifehacker

Kalau kamu mau mengirim paket berupa makanan, kamu bisa mengamankannya menggunakan alumunium foil. Cukup bungkus makanan dengan alumunium foil kemudian setrikalah biar melekat rapi supaya tak cepat rusak dalam proses pengiriman makanan.

6. Membuang minyak bekas masakan

foto: My Life as a Mrs

Kalau kamu bingung membuang bekas minyak goreng, tuangkan saja ke mangkuk yang sudah dilapisi alumunium foil. Setelah mengeras, tutup alumunium foil tersebut dan membuangnya ke tempat sampah.

7. Mengisi ulang baterai

foto: pinterest / Sara Linna

Kalau daya baterai kecil kamu habis, gunakan baterai tersebut bersamaan dengan sedikit alumunium foil. Letakkan potongan alumunium foil di kutub positif (+) baterai tersebut.

8. Pembersih alat pemanggang

foto: food52

Kalau alat pemanggangmu berkarat apalagi gosong dan berkerak setelah digunakan, bersihkan dengan alumunium foil. Buat bola-bola alumunium foil kemudian jepitlah dengan penjepit untuk membersihkan karat atau kerak gosong di alat pemanggangmu.

Manfaat lainnya dari Alumunium foil ada di halaman berikut, klik NEXT!

2 dari 2 halaman


9. Meluruskan rambut


foto: Happy Little Hummingbird

Kamu yang ingin meluruskan rambut, gunakan alumunium foil untuk melindungi rambutmu dari panas alat pencatok.

10. Mencegah pisang menjadi cokelat terlalu cepat

foto: The Pinterest Experiment

Pisang lebih mudah matang dan membusuk. Nah, tapi kalau kamu tahu cara memperlakukannya, pisangmu bisa sedikit lebih awet. Gunakanlah alumunium foil untuk membungkus pangkal batang pisang supaya pisang tak cepat cokelat dan membusuk.

11. Melindungi kulit kue pie

foto: A Real-Life Housewife

Bagi kamu pecinta kuliner kue pie, gunakan alumunium foil untuk membungkus pinggirannya. Cara ini mencegah pinggiran pie gosong.

12. Penggosok panci dan wajan

foto: My American Confessions

Alumunium foil dapat kamu gunakan membersihkan noda panci atau wajan. Gunakan bola-bola alumunium foil untuk menggosok permukaan panci atau wajah yang bernoda saat mencucinya.

13. Mempertajam gunting

foto: Mrs. Polly Rogers

Gunting-guntingkan saja gunting di kertas alumunium foil guna mengasah ketajaman gunting lamamu.

14. Menggeser furnitur berat

foto: Lifehacker

Kalau kamu kesulitan memindahkan atau menggeser furnitur berat ke tempat lain, gunakan alumunium foil tepat di bawah sudut-sudut furnitur tersebut. Cara ini memudahkan furnitur berat berpindah dari satu tempat ke tempat lain di dalam rumah.

15. Mempercepat proses menyetrika setengah kali lebih cepat

foto: Elizabeth St.

Kalau kamu mau menghemat waktu setrika atau mempercepat hasil setrikaan, rentangkan alumunium foil di antara lipatan alas yang kamu gunakan untuk menyetrika. Dengan cara ini, pakaian akan lebih mudah licin dan rapi sebab panas alumunium foil menyerap panas setrika.

16. Memanaskan ulang pizza

foto: Food Wishes

Beli pizza tapi nggak habis dalam sekali makan? Panaskan ulang dengan meletakkan potongan sisa pizza di atas wajan. Kemudian tutup membentuk tudung di atas pizza tersebut. Lantas hidupkan kompor dalam api sedang. Hasilnya pizza akan kembali renyah dan lezat.

17. Corong darurat

foto: Lifehacker

Kertas alumunium foil dapat kamu manfaatkan sebagai corong untuk memasukkan sesuatu ke dalam botol dengan lubang kecil.

Wah... multiguna ya, guys? Nggak ada salahnya kamu punya satu gulung kertas alumunium foil di rumah, kan? Selamat mencoba!