Brilio.net - Selain menggunakan kendaraan pribadi, untuk beraktivitas di luar ruangan, seperti misalnya berangkat ke kantor, beraktivitas di kampus, ketemu teman, atau hanya sekedar nongkrong di mal dan nonton di bioskop, kebanyakan orang di kota besar biasanya tetap menggunakan transportasi umum seperti angkot. Atau jika bosan, orang-orang kini juga bisa memilih alternatif transportasi lainnya. Seperti ojek, TransJakarta, metromini, hingga bajaj sekalipun.

Nah, kalau ngomongin angkot, tahu dong gimana kelakuan para sopir angkot kalau lagi di jalanan, suka ngeselin kan ya? Emang sih kalau nggak ada mereka, kita jadi kerepotan. Tapi kebanyakan dari mereka biasanya punya sifat yang aneh bin ajaib, bikin elus-elus dada sendiri, sampai pengen ngejitak juga saking kesalnya.

Berikut ini 16 kelakuan sopir angkot paling ngeselin, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (16/9). Kamu pernah ngalamin yang mana?

1. Kalau lagi ngetem, sumpah jago banget deh!

Gimana perasaan kamu ketika lagi terburu-buru, jalanan lagi macet-macetnya, eh tiba-tiba ada angkot yang main selonong boy nyalip kendaraanmu, terus ngetem di pinggir jalan tanpa rasa berdosa sekali? Begitu diklakson, eh nggak bergeming sama sekali. Yang ada cuma bikin keki! Giliran kita protes, dibilang ngalangin rezeki orang. Jadi pengen ngejitak nggak sih, kalau ketemu sopir angkot yang beginian. Reseh!

2. BBM turun tapi tarif nggak ikutan turun.

Jadi sopir angkot itu nggak gampang. Apalagi saat harga BBM yang naik turun nggak jelas, bikin kantong sopir angkot juga kembang kempis. Naikin tarif angkot kudu dilakuin biar dapur bisa terus mengebul. Tapi nggak segitu juga kali. Udah naiknya tinggi banget, begitu BBM turun, ogah dikurangin juga. Hih!

3. Nurunin penumpang buru-buru amat, kayak pit stop Formula One yang lagi ganti ban.

Kayaknya ini salah satu kebiasaan sopir angkot yang paling membahayakan deh. Kudu waspada nih! Bayangin aja, kaki belum juga nyentuh tanah, eh main langsung ngegas aja! Alasannya sih ngejar penumpang yang di ujung sana sebelum keduluan angkot lain. Ya nyari duit sih silakan aja nyari duit, tapi nggak bikin bahaya kayak gini juga dong! 
Kebayang deh, kalau ada ibu-ibu yang mau turun dengan banyak barang bawaan, bisa-bisa sukses nyium tanah tuh!

4. Demi kejar setoran, kudu balapan liar. Naluri pembalapnya keluar!

Selain kebiasaan ngetem seenak-enak udel, di pinggir maupun di badan jalan sekalipun, ada satu lagi nih yang mesti diwaspadai dari kebiasaan jelek sopir angkot. Teknik nyetirnya itu lho, nggak kenal aturan banget deh. Jalan berlubang diterabas. Sepi dikit, tancap gas. Begitu ada mobil di depan, eh langsung ngerem mendadak. Gila! Kalau mau cari mati, jangan ngajak-ngajak dong!

5. Sopirnya emosian, cewek yang lagi PMS aja kalah.

Ini salah satu kebiasaan khas sopir angkot dimanapun deh. Emosian! Iya, sopir angkot itu pada emosian semua. Heran, kok bisa sih? Kesenggol dikit, langsung emosi tingkat tinggi. Nggak seneng dikit, eh langsung marah. Semuanya diamuk-amukin. Kalau udah emosi, lalu bikin masalah jadi besar. Kalau sudah besar, mulai deh adu otot. Bikin macet jalanan aja nih, supir angkot yang beginian. Terus nasib penumpangnya gimana dong kalau udah begini?

6. Pelanggar hukum lalu lintas sejati.

Kalau yang ini sih nggak perlu ditanyain lagi deh, udah pasti ini mah! Bahkan mungkin sudah jadi makanan sehari-hari, ya kan? Dari mulai parkir sembarangan, sok berani nyelonong pas lampu merah kalau nggak ada polisi. Coba kalau ada polisi, nyali juga ciut kalau kena tilang. Ya kan? Krik krik krik.

7. Buat yang baru sekali naik angkot, hati-hati nanti dikerjain.

Buat kamu yang baru pertama kali mencoba naik angkot, hati-hati deh kalau ketemu sopir angkot model begini. Biasanya, demi mendapatkan penumpang, sopir angkot bakal ngelakuin segala cara, termasuk menipu calon penumpangnya. Kalau udah gini ceritanya, bakalan diajak muter-muter ke sana kemari. Setelah diprotes, baru ngaku kalau nggak lewat tempat tujuan kita. Begitu mau turun, tetap saja dimintain ongkos selangit. Sedih nggak sih?

8. Mata duitannya ngalah-ngalahin istri muda, netapin harga seenak udelnya.

Naik angkot itu nggak kayak naik bus, harganya ditentukan sesuka hati si sopir angkot. Kalau dekat bayarnya Rp 4.000, kalau jauhan dikit ya dinaikin seenaknya saja, malah bisa dua kali lipat dari harga sesungguhnya lho. Bete!

2 dari 2 halaman


9. Kalau bayar pakai uang gede, kembaliannya nggak pernah sesuai.

Apalagi kalau kamu bayar pakai uang gedean, jangan harap uang kembali sesuai dengan yang seharusnya deh! Atau malah nggak dikembalikan sama sekali, pakai alasan jauh lagi. Duh, yang beginian kudu dibasmi nih. Tukang palak namanya kalau kayak gini ceritanya.

10. Kalau ada penumpang yang bening-bening pasti digodain

Yang namanya sopir angkot itu matanya jelalatan, nggak bisa fokus sama jalanan. Begitu ngelihat yang bening-bening, keluar deh genitnya. Yang digodain lah, diajak pacaran lah, amit-amit kalau sampai dipegang-pegang. Duh, bang, ingat anak istri nunggu di rumah tuh!

11. Tukang berantem

Poin yang ini masih ada hubungannya sama poin nomor 5. Yang namanya sopir angkot, kalau mulutnya nggak nyerocos sampai berbusa, maki-maki sana sini, pasti bakalan diajak berantem deh kalau lagi emosi. Segala sesuatu yang nggak nyenengin, pasti diselesaikan pakai otot, bukan otak. 

12. Gue yang nabrak, gue pula yang marah. Ada masalah?

Sepandai-pandai tupai melompat pasti akan jatuh juga. Selihai-lihainya sopir angkot membelah jalan, pasti bakal nabrak juga. Yang jadi permasalahan, dia yang nabrak, dia yang lebih ngamuk. Kendaraan kita yang hancur, dia yang nggak terima! Duh, kudu diapain kalau begini, guys?

13. Sekali klakson, seluruh dunia kedengeran

Ini kebiasaan paling ngeselin. Sumpah, ngeselin banget! Klaksonnya di Jakarta, bunyinya kedengeran sampai ke Amerika. Mana suaranya aneka ragam, bikin sakit kuping. Mungkin mereka pikir mereka keren, tapi mereka nggak tahu kalau itu justru membahayakan pengguna jalan lain. Ya syukur-syukur kalau cuma kaget, kalau kaget terus kecelakaan atau terkena serangan jantung kan bahaya? Please deh!

14. Sukanya nyalip, kemudian ngerem mendadak. Alasannya karena nurunin atau naikin penumpang

Cukup ngeselin kalau ketemu sama sopir angkot jenis ini. Dikira jalan nenek moyangnya yang bisa digunain sesuka hati? Maen nyalip nggak pakai permisi, belok kagak ngomong-ngomong, eh hobinya ngerem mendadak Bikin jantungan aja deh, terutama kalau nyetir di belakang angkot. Mending cari jalur lain aja deh!

15. Penumpang udah penuh, tetap maksa nambah orang.

Demi kejar setoran, bangku yang udah penuh tetap saja dipaksa masukin penumpang lebih banyak lagi. Alhasil jadi banyak penumpang sampai berdiri di pinggir pintu masuk. Duh, kan bahaya banget? Gimana kalau ada yang nggak kuat, terus pegangannya terlepas? Kan bisa jatuh! Belum lagi, penummpang yang banyak, bikin udara di dalam angkot jadi nggak kondusif. Bisa kelar semua hidupnya!

16. Masa bodoh!

Nah, ini nih yang paling menyebalkan dari sopir angkot. Serius, ini ngeselin banget! Sudah dibilang turunnya di depan swalayan A, eh malah diajak muter-muter ke sana kemari. Diingetin sekali lagi, dengan wajah tanpa dosanya bilang, "Ooh, udah lewat!". Minta diapain nih kalau begini kelakuan si sopir?