Brilio.net - Semua orang pasti tahu dong manfaat baik yang bisa didapatkan dengan rajin mengonsumsi buah pepaya? Seperti misalnya untuk membantu menyehatkan jantung, menguatkan sistem imun, mempercepat penyembuhan luka, serta berbagai manfaat baik lainnya.

Tapi selain manfaat baik yang bisa didapat dari buah pepaya, ternyata mengonsumsi daunnya juga bisa menyehatkan tubuh lho. Ah, tapi kan pahit? Nggak juga kok. Asal diolah dengan cara yang baik, tentu bisa jadi makanan yang mengasikan.

Berikut ini 13 manfaat baik yang bisa kamu dapatkan dengan rutin mengonsumsi daun pepaya yang direbus menurut Dr Paul haidar, seorang dokter ahli pengobatan herbal Amerika, seperti dikutip brilio.net dari OMTimes, Selasa (15/9).

1. Kaya kandungan gizi dan mineral

Tahu nggak sih, nggak cuma buahnya yang mengandung banyak manfaat positif jika dimakan, daun pepaya yang direbus pun ternyata mengandung banyak sekali kandungan vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengoptimalkan pemenuhan gizi setiap harinya. Vitamin C, D, E, antioksidan serta serat yang tinggi bisa kamu dapatkan dengan rutin mengonsumsinya setiap hari.

Loading...

2. Mencegah masuknya bakteri dalam tubuh

13 Alasan kenapa kamu mesti makan rebusan daun pepaya mulai sekarang

Beraktivitas di luar ruangan tentu sangat berisiko masuknya bakteri-bakteri jahat ke dalam tubuh yang akhirnya malah bikin kamu sakit deh. Untuk mencegahnya, kamu bisa mulai dengan menambahkan rebusan daun pepaya dalam piring makananmu. Sifat alami yang dimilikinya dapat membantu membunuh bakteri serta kuman penyebab penyakit. Beraktivitas nggak perlu kuatir gampang sakit deh!

3. Anti kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang paling ditakuti oleh seluruh manusia di seluruh dunia. Apalagi kalau kanker yang diderita telah memasuki stadium akhir, wah itu sih tinggal menunggu mukjizat dari yang diatas deh. Tapi nggak ada salahnya kan dengan membuat pencegahan terlebih dahulu, salah satunya dengan rutin mengonsumsi rebusan daun pepaya mulai dari sekarang. Kenapa? Ini karena daun pepaya memiliki sifat anti karsinogenik, sehingga dapat berfungsi sebagai anti kanker.

4. Meningkatkan imunitas tubuh

Penelitian menyebutkan, mengonsumsi daun pepaya yang direbus pada pagi hari dapat membuat kamu lebih bersemangat dalam beraktivitas selama seharian lho. Selain itu, kamu juga terbebas dari sakit penyakit yang tentu dapat menghambat pekerjaan kamu. Nggak mau kan dimarahi atasan kamu karena pekerjaan yang nggak rampung-rampung? Aku sih NO!

5. Anti malaria

Hidup dengan iklim tropis, membuat Indonesia rentan terserang penyakit malaria. Malaria sendiri merupakan salah satu penyakit mematikan yang ditularkan oleh nyamuk anopheles. Dengan rutin makan rebusan daun pepaya, maka daya tahan tubuh terhadap bakteri akan semakin meningkat. Penyakit malaria juga ogah "gangguin" kamu. Cobain deh!

6. Melancarkan pencernaan

13 Alasan kenapa kamu mesti makan rebusan daun pepaya mulai sekarang

Kandungan serat yang tinggi di setiap daun pepaya ternyata bisa membantu melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh lho. Sembelit dan diare tuntas, nggak ada istilahnya lagi deh sakit perut dan buang air besar nggak lancar. Kalau bisa yang alami, kenapa mesti pakai produk pabrik?

7. Mencegah demam berdarah dengue

DBD atau Demam Berdarah Dengue merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti, selain malaria. Kalau kamu sampai terkena penyakit ini, duh mending buru-buru istirahat dan rajin kontrol ke dokter supaya mendapat perawatan yang tepat. dan jangan lupa konsumsi rebusan daun pepaya ya? Secara alami, daun pepaya sangat bermanfaat untuk meningkatkan trombosit, sehingga kamu bisa berangsur-angsur sehat seperti sedia kala.

8. Mencegah gangguan permasalahan prostat pada pria

Hayoooo, yang ngaku laki-laki sejati kudu banget nih makan rebusan daun pepaya. Terserah mau digado, dimakan pakai nasi, atau ditambah dengan lauk pauk lainnya, mulai sekarang wajib makan mulai sekarang ya? Rebusan daun pepaya ternyata ampuh lho untuk mencegah gangguan-gangguan serta permasalahan pada kelenjar prostatmu, bahkan yang terburuk sekalipun seperti kanker prostat. Hiii, masa depanmu, guys!

9. Ampuh usir jerawat

13 Alasan kenapa kamu mesti makan rebusan daun pepaya mulai sekarang

Kalau wajah mulai berjerawat itu kadang suka bikin keki. Ganggu penampilan banget kan? Mesti dibabat sekarang juga nih! Tapi gimana caranya? Ya pakai rebusan daun pepaya dong! Caranya dengan menghaluskan daun pepaya sehingga menjadi seperti pasta. Lalu tinggal dioleskan ke jerawat. Tanpa direbus pun juga bisa kok. Gampang kan?

10. Mencegah katarak

Katarak biasanya sering dialami oleh orang-orang tua seiring pertambahan usianya. Nah, suapa penglihatan matamu tetap baik bahkan hingga usia tua, sebaiknya kamu coba deh mulai sekarang mengonsumsi rebusan daun pepaya. Ampuh banget menjaga mata kamu tetap sehat!

11. Membersihkan sel kulit mati

13 Alasan kenapa kamu mesti makan rebusan daun pepaya mulai sekarang

Memiliki wajah cantik itu gampang-gampang susah. Gampang kalau kamu tahu gimana cara mudah, murah, praktis dan alami tanpa menggunakan produk kimia apalagi lewat meja operasi. Hiii seram ah! Mending juga dengan rutin mengonsumsi rebusan daun pepaya. Sel-sel kulit mati akan langsung terganti dengan sel kulit baru. Bikin wajah jadi cantik sepanjang hari. Berani nolak?

12. Menghilangkan ketombe

Apa?? Rebusan daun pepaya juga bisa membantu menghilangkan ketombe? Gimana caranya? Gampang kok! Selain dikonsumsi, kamu juga bisa mengoleskan daun pepaya yang sudah ditumbuk halus ke kulit kepalamu secara rutin. Nggak ada ceritanya lagi deh ketombe nempel di baju berwarna.

13. Membuat rambut berkilau alami

13 Alasan kenapa kamu mesti makan rebusan daun pepaya mulai sekarang

Ketombe sudah hilang, rambut juga bisa berkilau alami dong dengan rajin mengonsumsi daun pepaya yang telah direbus. sama seperti untuk menghilangkan ketombe, selain rutin dimakan, daun pepaya yang telah ditumbuk halus bisa kamu gunakan sebagai kondisioner untuk menghaluskan, mencerahkan serta membuat rambut mendapatkan kilau alaminya.

Gampang ya untuk hidup sehat? Mulai makan rebusan daun pepaya sekarang ah!

RECOMMENDED BY EDITOR