Brilio.net - Buat kamu yang sering jalan-jalan ke Jogja atau kalian yang suka kuliner, ada kabar gembira! Kamu bisa coba beberapa restoran di bawah ini yang khusus dirangkum dari Dadad Sesa, food blogger sekaligus pemilik akun Instagram @javafoodie.

Nah, biar nggak makin galau menentukan mau makan di mana, berikut 12 restoran di Jogja yang bisa kamu coba versi javafoodie.

1. Canting Restaurant

12 Restoran di Jogja yang harus kamu coba!

Terletak di rooftop Galeria Mall, resto ini memberi sensasi fine dining paling menarik lengkap dengan konsep modern berpadu sentuhan vintage. Romantisme Kota Yogya bisa kamu nikmati kala senja tiba sembari menanti sunset dan menikmati landscape Gunung Merapi di sebelah utara. Menu-menu andalan yang disajikan pun sekelas hotel berbintang. Jadi, buat kamu yang mau mencicipi beberapa menu sambil menikmati pemandangan, datanglah waktu makan siang sangat menarik sambil menanti sunset.

2. RnB Grill
Restoran dengan konsep unik yang menyediakan steak berkualitas. Menurut Dadad ini salah satu restoran yang menjual steak paling enak. Ditambah lagi ada meatshop yang menjual daging, bumbu dapur, bahan-bahan makanan, dan snack impor yang tidak tersedia di toko-toko besar di Yogyakarta. Tak hanya itu, kamu juga bebas memilih daging yang dijual di meatshop untuk dimasak dan diberi pelengkap di RnB Grill lho.

3. Meetball

12 Restoran di Jogja yang harus kamu coba!

Dari namanya aja pasti yang ada dipikiran kamu itu bakso. Ya, resto atau gerai ini memang menyajikan menu-menu bakso tapi dengan penyajian yang berbeda dari biasanya. Artinya, kamu nggak bakalan menemukan menu bakso kuah atau bakso lengkap. Pasalnya, menu-menu yang dijajakan di gerai ini adalah menu-menu yang mengombinasikan menu bakso dengan menu populer lainnya. Misalnya saja Meetball Burger, burger dengan level berbeda dan bener-bener enak! Nggak tahu lagi deh gimana deskripsiin keenakannya. Cobain deh!

4. Silla Restaurant
Kalau tiba-tiba pengen masakan Korea dan Jepang yang enak, bisa langsung ke sini. Meski di Jogja ada banyak resto yang menyajikan Japanese Food, Chinese Food apalagi, tapi kalau Korean Food belum begitu banyak. Menu korea seperti Topokki, Bibimbap, Hwedobap, Bokeum bisa kamu nikmati di resto ini.

5. Esco Restaurant & Coffee No 27

12 Restoran di Jogja yang harus kamu coba!

Salah satu tempat chill out terbaik di Jogja. Di tempat ini terdapat gabungan coffee shop dan resto dengan suasana yang terinspirasi dari Zaman Rainessance, di mana pertama kalinya ditemukan batu bata di Eropa. Dua-duanya jadi satu dan saling melengkapi.

6. Mediterrania Restaurant

12 Restoran di Jogja yang harus kamu coba!

Di restoran ini kamu bisa menikmati ambience timur tengah yang cozy banget. Selain itu, jadi salah satu tempat favorit untuk makan pizza, banyak hidangan menarik dan juga enak banget di sini.

7. Ledre Cafe

12 Restoran di Jogja yang harus kamu coba!

Kalau kamu datang ke sini jangan kaget lihat harganya. Murah dan enak. Coba pasta Ledrenara dan Chicken Choy-nya! Menu yang ditawarkan lainnya juga cukup variatif, meski memang yang lebih ditonjolkan adalah menu minuman yang berbasis kopi, teh, coklat, jus buah atau varian mocktail juga smoothies. Atmosfer Ledre Cafe yang sangat hangat dan cozy makin jadi pelengkap yang manis.

8. Honje Restaurant
Resto ini terbilang cukup populer, khususnya di jejaring sosial. Berlokasi di sebuah bangunana tua yang terletak di selatan Tugu Jogja, resto ini memang terlihat cukup mewah dan sangat cantik. Harga menu yang ditawarkan juga sedikit di atas rata-rata dengan banyak pilihan yang menggoda mata. Tapi, tempat ini menarik untuk dikunjungi saat sedang kelaparan di daerah Tugu Jogja.

9. Socius Cafe

12 Restoran di Jogja yang harus kamu coba!

Entah kenapa suka banget sama-konsep rooftopnya. Cukup asik menghabiskan senja di sini. Tapi kalau kamu ingin mencari tempat ngobrol di pagi hari, kamu juga bisa ke sini. Harga yang ditawarkan cukup murah untuk ukuran resto dengan suasana yang nyaman.

10. Havermeelkoek

12 Restoran di Jogja yang harus kamu coba!

Salah satu tempat cantik dan menyajikan menu yang cukup cantik juga. Cewek-cewek pasti suka ke sini, dijamin deh! Meski tempatnya kecil, di pelataran sebuah hotel di Jogja, namun ditata dengan cantik sehingga terlihat indah dipandang mata dan instagramable. Pie, cupcake, toast grilled cheese dan french toast apple cinnamon jadi menu yang wajib kamu coba.

11. Tempo Gelato

12 Restoran di Jogja yang harus kamu coba!

Gerai yang menjajakan gelato (semacam es krim) ini berhasil menarik perhatian pengunjung karena bentuk bangunannya yang memadukan nuansa industrial dan rustic. Eye catching bangetlah! Gerai ini juga satu-satunya gerai es krim yang nggak menyajikan menu makan besar. Es krimnya? Enak banget! Plus banyak varian seperti coklat, nutella, green tea dan lainnya.

12. Nanamia
Tempat yang menawarkan makanan asli khas Italia dengan konsep "Traditional Pizza for Modern People". Tempat makan pizza yang cukup enak di Jogja dengan suasana santai dan asyik untuk nongkrong. Coba deh main ke cabang baru mereka di Jalan Tirtodipuran. Suasana romantis bakal terasa disana. Rasa pizzanya? Terkenal dengan rotinya yang kriuk alias kering. Beberapa varian pizza juga bisa kamu request tingkat kepedasannya.

Memang, dari 12 restoran di atas belum mewakili semua tempat wisata kuliner Jogja. Tapi setidaknya bisa membantu menjawab kegalauan kamu, saat ditanya "mau makan di mana?" atau "mau nyobain restoran apa nih?". Well, semoga bermanfaat ya!