Brilio.net - Rumah adalah tempat ternyaman yang kita kenal sejak kecil. Banyak kisah yang sudah tertoreh di tempat itu sepanjang hidup kita. Tak heran bukan, kalau kita mengidam-idamkan rumah yang nyaman untuk ditinggali? Ada yang menggunakan cara merenovasi rumahnya atau bahkan sampai membangun rumah impian.

Kira-kira, seperti apa rumah impian kamu, guys? Apakah seperti yang dimiliki orang-orang di berbagai belahan dunia ini?

Dikutip brilio.net dari azviralbuzz.com dan beberapa sumber, Rabu (15/4), berikut rumah-rumah terunik di dunia:

1. The Upside Down House - Polandia

11 Rumah unik di dunia yang perlu kamu tahu, menakjubkan!

Kamu mau merasakan sensasi hunian terbalik? Rumah inilah jawabannya. Rumah ini dibangun oleh desainer dan filantropis asal Polandia bernama Daniel Czapiewski. Bukan hanya bangunan luarnya saja yang terbalik, namun juga isi rumah ini pun dibuat terbalik. Rumah dengan gaya interior zaman 1970-an lengkap dengan ruangan-ruangannya, seperti ruangan TV, toilet, dapur, dan sebagainya.

2. Crazy House - Vietnam

11 Rumah unik di dunia yang perlu kamu tahu, menakjubkan!

Crazy House dibangun sejak tahun 1990 oleh arsitek eksentrik Dang Viet Nga. Gaya bangunan yang berfungsi sebagai hotel ini terlihat aneh karena sebagian orang menyebutnya sebagai bangunan bergaya 'ekspresionis'. Bagaimana tidak, bentuk luarnya saja tak 'beraturan'. Properti di dalamnya pun juga tidak beraturan. Bangunan dengan nama lain Hang Nga Villa ini telah menarik sekitar 90.000 pengunjung setiap tahunnya.

3. The Toilet House - Korea Selatan

11 Rumah unik di dunia yang perlu kamu tahu, menakjubkan!

Bangunan ini terletak di dalam Taman Toilet di kota Suwon, sekitar satu jam dari Seoul. Pernah menjadi tempat tinggal Sim Jae-duck, pendiri dan presiden pertama Asosiasi Toilet Dunia (World Toilet Association). Perlu kamu tahu, asosiasi ini memang didirikan dengan misi menyebarkan manfaat toilet higienis di seluruh dunia.

4. Shoe House - Afrika Selatan

11 Rumah unik di dunia yang perlu kamu tahu, menakjubkan!

Di provinsi Mpumalanga telah di bangun rumah sepatu oleh seorang pengusaha dan seniman bernama Ron Van Zyl. Rumah yang dibangun pada tahun 1990 ini, sebenarnya dibangun untuk istrinya, Yvonne, yang mengatakan ingin sepatu. Bangunan ini merupakan bagian dari proyek yang lebih besar, yang mencakup perkemahan, villa, restoran, bar, kolam renang, dan toko.

5. Bio-Climatic Solar House - Prancis

11 Rumah unik di dunia yang perlu kamu tahu, menakjubkan!

Nama lainnya adalah Heliodome yang dibangun di Cosswiller, pedesaan Alsacian dekat Strasbourg, Prancis Timur. Rumah yang dibangun pada 4 Agustus 2011 ini didesain sebagai jam matahari tiga dimensi raksasa, ditetapkan dalam sudut tetap yang dikaitkan dengan pergerakan matahari. Tujuannya adalah untuk menjaga keteduhan selama bulan-bulan musim panas dan menjaga suhu di dalam tetap dingin. Selain itu, membuat sinar matahari selama musim gugur, musim dingin, dan musim semi, tetap dapat memasuki jendela, sehingga pemanasan ruang hidup.

6. Crocodile House - Pantai Gading

11 Rumah unik di dunia yang perlu kamu tahu, menakjubkan!

Rumah yang diarsiteki oleh seniman Moussa Kalo ini dibangun di tengah Abidjan, bekas ibu kota Pantai Gading. Menurut pemilik rumah, Thierry Atta, rumah ini menarik perhatian banyak orang di sekitarnya. Tak jarang mereka takjub dan tersenyum sebab menganggap rumah ini eksentrik.

7. Bubble House - Prancis

11 Rumah unik di dunia yang perlu kamu tahu, menakjubkan!

Bangunan ini dirancang oleh arsitek terkenal Antti Lovag. Berfungsi sebagai penyelenggaraan pesta festival legendaris dan acara besar lainnya.

8. Space House- Tennessee

11 Rumah unik di dunia yang perlu kamu tahu, menakjubkan!

Rumah yang terletak di Signal Mountain di Tennessee ini mirip piring terbang atau UFO. Dibangun pada tahun 1973 oleh Curtis King. Dia membangun rumah ini untuk anaknya. Bangunan ini lebih besar dari bangunan serupa yang disebut Futuro House, yang dirancang oleh arsitek Finlandia, Matti Suuronen pada tahun 1968.

9. Dar al-Hajar - Yaman

11 Rumah unik di dunia yang perlu kamu tahu, menakjubkan!

Bangunan ini merupakan arsitektur khas Yaman. Dar al-Hajar yang menjulang tinggi ini terdiri dari lima lantai dan dihiasi banyak jendela di tepiannya. Tempat yang dibangun Imam Yahya (di Yaman dulu bukan dipimpin raja atau presiden, melainkan pemuka agama Islam) pada tahun 1930 ini terbuka untuk umum. Dibangun di tengah pegunungan batu dan sebagian pohon, membuatnya terkesan menyembul dari bebatuan. Lagi pula, Dar al-Hajar juga dibangun di atas bebatuan.

10. Antilia - India

11 Rumah unik di dunia yang perlu kamu tahu, menakjubkan!

Rumah ini disebut-sebut sebagai rumah termahal di dunia. Dibangun dan dihuni oleh orang terkaya di India dan nomor sembilan di dunia versi Forbes, Mukesh Ambani. Sayangnya, rumah yang memiliki tiga helipad, enam lantai parkir, dan serangkaian kebun yang terkesan mengambang ini, justru disebut sebagai rumah yang memiliki keberuntungan buruk dilihat dari prinsip-prinsip arsitektur India kuno, vastu shastra. Tradisi Hindu kuno vastu shastra menekankan pentingnya bangunan rumah menghadap matahari terbit, tapi Antilia dikatakan tidak memiliki jendela yang cukup di sisi timurnya.

11.  Boeing 727 House - Kosta Rika

11 Rumah unik di dunia yang perlu kamu tahu, menakjubkan!

Bangunan ini benar-benar melibatkan sebuah pesawat tua untuk dimanfaatkan sebagai hotel mewah. Para pengunjung bisa menikmati rasanya menginap di pesawat yang pernah membawa penumpang mengelilingi dunia di bawah bendera Colombian Avianca Airlines. Fasilitas yang mereka dapatkan antara lain dua kamar tidur, dua kamar mandi yang juga termasuk dapur, TV layar datar, ruang makan, dan teras dengan pemandangan laut. Hotel bergaya unik ini menjadi bagian dari resor Costa Verde, yang terletak di tepi Taman Nasional Manuel Antonia, Kosta Rika.