Brilio.net - Tragedi teror dan pengeboman oleh Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) yang terjadi di Paris masih menyisakan duka yang mendalam bagi dunia Internasional. Peristiwa mengerikan yang merenggut ratusan nyawa korban tersebut ternyata tak hanya berimbas pada faktor keamanan dunia, tapi juga berimbas sampai aspek yang dekat dengan masyarakat.

Setelah ulah tidak bertanggungjawab yang dilakukan militan ISIS, sejumlah badan usaha, organisasi sosial, dan sekolah dengan nama ISIS terkena dampaknya. Mereka dituduh memiliki keterkaitan dengan organisasi teroris yang berbasis di Timur Tengah itu. Padahal, di Amerika Serika sendiri, setidaknya ada 270 paten yang punya embel-embel kata ISIS.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (27/11), berikut 10 perusahaan yang terkena sial gara-gara memakai nama ISIS:

1. ISIS Pharmaceuticals Inc, Amerika Serikat

10 Perusahaan ini kena sial gara-gara pakai nama ISIS, kasihan!foto: AP

Loading...

ISIS Pharmaceuticals Inc merupakan nama sebuah perusahaan farmasi di California, Amerika Serikat (AS) yang sudah berdiri sejak 25 tahun lalu. Meski secara tidak langsung dikaitkan dengan nama organisasi teroris, mereka tidak berniat mengubah nama tersebut.

2. Isis Collections Inc, Amerika Serikat

10 Perusahaan ini kena sial gara-gara pakai nama ISIS, kasihan!foto: AFP/Getty Images

Reputasi buruk ISIS di mata masyarakat berimbas di berbagai macam usaha. Phillip Shin, CEO perusahaan yang menjual wig tersebut mengaku para calon pelanggannya terlihat ragu untuk membeli produk-produknya setelah melihat label bertuliskan ISIS.

3. ISIS hospitality, Amerika Serikat

10 Perusahaan ini kena sial gara-gara pakai nama ISIS, kasihan!foto: gannett-cdn.com

Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perhotelan ini bahkan terang-terangan meminta usulan nama dari publik. Kini perusahaan ini berubah menjadi Liv hospitality.

4. ISIS Transport, Inggris

10 Perusahaan ini kena sial gara-gara pakai nama ISIS, kasihan!foto: twitter

Perusahaan ini bergerak di bidang jasa pengiriman barang dan logistik. Namun ketika situs resminya dibuka, nama perusahaan ini sudah berganti menjadi OPEX Logistics. Mungkin karena ingin mengubah menghindari citra buruk ISIS.

5. Isis Salon and Day Spa, Kanada

10 Perusahaan ini kena sial gara-gara pakai nama ISIS, kasihan!foto: CBC

Kendati nama salon miliknya mirip nama organisasi teroris, Lori Pawson, owner Isis Salon and Day Spa mengaku tidak berniat mengubah nama bisnisnya tersebut.

"Saya tidak menyesal memilih nama itu dan saya yakin nama Isis merepresentasikan sesuatu yang indah," kata Pawson seperti dikutip dari CBC News.

6. ISIS Boutique, Inggris

10 Perusahaan ini kena sial gara-gara pakai nama ISIS, kasihan!foto: newsteam/dailymail

Toko busana wanita ini kerap mendapatkan kampanye negatif gara-gara namanya yang sama dengan gembong teroris dunia, ISIS. Bahkan, Jill Campbell yang sudah menjalankan bisnis tersebut selama tujuh tahun dipaksa memberikan klarifikasi jika usahanya tersebut tidak terkait organisasi tersebut.

"Saya tidak menyangka bisa seperti ini. Tapi biar saya jelaskan, usaha ini tidak ada sangkut pautnya dengan kelompok teroris di Timur Tengah," ujar Jill kepada dailymail.

7. ISIS Hardware, Australia

10 Perusahaan ini kena sial gara-gara pakai nama ISIS, kasihan!foto: newsteam/dailymail

Bahkan ada perusahaan perangkat keras yang memakai nama ISIS. "Sekali Anda mengubah nama karena tindakan mereka, mereka (ISIS) akan menang dan Anda kalah. Itulah permainan yang mereka ingin mainkan," kata Bill Trevor, mantan mayor militer Amerika Serikat kepada dailymail.

8. ISIS Boutique, China

10 Perusahaan ini kena sial gara-gara pakai nama ISIS, kasihan!foto: shanghaiist

Sang pemilik toko Cheng Hong mengaku nama tersebut sebenarnya merujuk pada istilah bahasa Mandarin 'yisi yisi' yang artinya hadiah sebagai ungkapan terima kasih. Pasca menjalani investigasi oleh kepolisian setempat, Cheng memutuskan akan mengganti nama butiknya karena dianggap menjadi pertanda ketidakberuntungan.

9. ISIS Golf Club, Australia

10 Perusahaan ini kena sial gara-gara pakai nama ISIS, kasihan!foto: Wayne Heidrich

Wayne Heidrich, mantan pelatih klub golf ISIS mengakui bahwa terorisme yang dilakukan militan ISIS berpengaruh terhadap organisasi kebanggaannya itu. "Opini publik terhadap mereka (teroris ISIS) tidak akan mengubah sejarah kami. Lagipula, kami terlebih dahulu memakai nama tersebut!"

10. Isis Books & Gift, AS

10 Perusahaan ini kena sial gara-gara pakai nama ISIS, kasihan!

foto: q13fox

Toko ini juga mengalami dampak signifikan pasca tragedi kelam yang terjadi di Paris. Bahkan, baliho mereka dirusak oleh orang tidak dikenal setelah peristiwa pengeboman dan teror di Prancis.

"Kita semua terluka (terhadap serangan Paris), mungkin ada seseorang yang lewat di sini dan melihat papan nama tersebut sehingga membuat mereka marah," kata Karen Charboneau-Harrison, pemilik toko kepada CNN.

Selain nama organisasi dan perusahaan, sejumlah orang juga terkena dampak nama buruk ISIS, Isis Anchalee misalnya. Akun Facebooknya dibekukan gara-gara namanya mengandung kata ISIS.

10 Perusahaan ini kena sial gara-gara pakai nama ISIS, kasihan!

RECOMMENDED BY EDITOR