Brilio.net - Kegemukan (obesitas) adalah suatu kondisi medis berupa kelebihan lemak dimana tubuh yang terakumulasi sedemikian rupa sehingga menimbulkan dampak merugikan bagi kesehatan, yang kemudian menurunkan harapan hidup dan/atau meningkatkan masalah kesehatan. Seseorang dianggap menderita kegemukan bila indeks massa tubuh (IMT), yaitu ukuran yang diperoleh dari hasil pembagian berat badan dalam kilogram dengan kuadrat tinggi badan dalam meter, lebih dari 30 kg/m2.

"Sebenarnya, studi tentang obesitas sekarang lebih fokus kepada energi yang dihasilkan oleh makanan tersebut. Jadi, misalnya kita konsumsi lemak atau karbohidrat, energi yang dihasilkan akan besar dan apabila energi yang kita gunakan tidak sesuai. Maka, tingkat kita menjadi obesitas semakin tinggi," ungkap Rio Jodi Kusuma, ahli gizi dari Fakultas Gizi Kesehatan UGM, Yogyakarta kepada brilio.net. "Untuk itu, ketika mengonsumsi makanan dengan karbohidrat dan lemak tinggi, apalagi setiap hari, kita harus mengimbanginya dengan aktivitas yang seimbang misalnya berolahraga."

Nah, dari penuturan ahli gizi tersebut, kita memang harus memperhatikan makanan yang kita konsumsi. Apakah makanan tersebut berenergi tinggi atau tidak. Selain itu, kita harus menyesuaikan makanan yang kita makan dengan aktivitas sehari-hari kita. Misalnya, olahragawan akan membutuhkan makanan berenergi tinggi lebih daripada yang berprofesi bukan sebagai olahragawan.

Kamu mau tahu bahan makanan apa saja yang bisa picu obesitas karena menghasilkan energi tinggi? Berikut brilio.net, Selasa (24/11) merangkumnya menjadi 10 makanan yang bisa picu obesitas. Simak selengkapnya di sini ya.

1. Burger

Loading...

10 Makanan ini bisa picu obesitas, waspada ya!

foto: www.playbuzz.com

Bahaya burger dan makanan cepat saji lainnya adalah kandungan garam yang tinggi dan lemak jenuh yang bikin badan gampang melar. Apalagi kalau dikonsumsi berlebihan.

2. Soda

10 Makanan ini bisa picu obesitas, waspada ya!

foto: newsone.com

Minuman soda mengandung gula yang tinggi, gula adalah karbohidrat yang bisa buat badan cepat jadi gemuk.

3. Nugget ayam

10 Makanan ini bisa picu obesitas, waspada ya!

foto: www.fastcoexist.com

Makanan yang digemari anak-anak ini mengandung 50% kandungan lemak dan lebih banyak mengandung karbohidrat daripada protein.

4. Gorengan

10 Makanan ini bisa picu obesitas, waspada ya!

foto: hujan-info.blogspot.com

Kamu suka konsumsi gorengan? Mulai saat ini kamu harus hati-hati karena gorengan juga bisa picu obesitas.

5. Ayam goreng

10 Makanan ini bisa picu obesitas, waspada ya!

foto: southernbelly.wordpress.com

Ayam goreng mengandung banyak lemak karena dibuat dengan minyak pada temperatur tinggi. Kamu harus mempertimbangkan energi yang harus kamu keluarkan ketika mengonsumsi makanan ini.

6. Permen dan gula-gula

10 Makanan ini bisa picu obesitas, waspada ya!

foto: www.rscandy.co.uk

Sebagian besar permen dan gula-gula mengandung pemanis buatan. Selain itu, permen dan gula-gula juga banyak mengandung zat kimia tambahan pangan, seperti pewarna dan pengawet.

7. Kentang goreng

10 Makanan ini bisa picu obesitas, waspada ya!

foto: www.huffingtonpost.com

Bukan karena bahan makanannya kentang goreng menjadi bisa picu kamu obesitas. Tapi, karena kentang digoreng dengan minyak bersuhu tinggi yang menyebabkan kandungan kalorinya meningkat.

8. Makanan ringan

10 Makanan ini bisa picu obesitas, waspada ya!

foto: www.nerdfitness.com

Makanan seperti donat dan makanan riungan lainnya tidak membuat perut kenyang, justru bikin banyak makan. Selain mengandung gula tinggi, biasanya jenis makanan ini juga menggunakan pemanis buatan dan menggunakan jagung atau gandum yang telah diproses.

9. Es krim

10 Makanan ini bisa picu obesitas, waspada ya!

foto: www.davenport.edu

Es krim merupakan makanan yang berasal dari olahan susu. Kandungan lemak dan gula didalamnya dapat picu obesitas, apalagi kalau dikonsumsi berlebihan.

10. Sereal

10 Makanan ini bisa picu obesitas, waspada ya!

foto: www.washingtonpost.com

Sereal yang berasa manis digemari banyak orang untuk sarapan pagi. Tapi, makanan ini dapat menambah kadar gula dalam tubuh meningkat drastis. Selain itu, sereal manis juga banyak mengandung karbohidrat.

RECOMMENDED BY EDITOR