Brilio.net - Apakah kamu secara konsisten merasa kelelahan bahkan ketika kamu banyak tidur pun rasanya nggak bisa memulihkan kondisi tubuhmu? Kalau iya, bisa jadi penyebabnya nggak hanya karena kamu kurang tidur. Tapi karena kebiasaan yang sering kamu lakukan, makanan yang kamu makan atau orang-orang di sekitarmu. Nggak percaya? Nah, berikut ini alasan mengapa kamu sering merasa lelah yang brilio.net rangkum dari Goodhousekeeping, Selasa (22/9).

1. Bangun kesiangan

10 Hal yang bikin kamu selalu merasa lelah

Sebuah studi dari Harvard University tahun 2008 menunjukkan bahwa orang-orang yang bangun pagi lebih baik dalam mengantisipasi masalah dan lebih proaktif daripada orang yang suka begadang. Hal ini terkait dengan pekerjaan yang lebih baik (dan kehidupan) kinerja dan keberhasilan. Jadi, lebih baik jangan tidur terlalu larut dan bangunlah lebih pagi karena tubuh kamu membutuhkan waktu adaptasi sebelum memulai aktivitas.

2. Dikelilingi oleh orang-orang "beracun"

Loading...

Rekan kerja yang suka mengeluh dan sahabat yang doyan merengek benar-benar dapat membuatmu lelah. Mereka yang ada dalam hidupmu nggak hanya memiliki kekuatan untuk memengaruhimu secara emosional tapi juga secara fisik. Jika kamu dikelilingi oleh orang-orang yang sinis dan cenderung mengeluh lama kelamaan bisa mengurasi energi kamu. So, singkirkan orang-orang yang hanya akan membuang waktumu, bergeraklah maju dengan perasaan positif, rasa syukur dan jangan lupa bahagia, ya.

3. Kekurangan magnesium

Ya kedengarannya aneh tapi ternyata magnesium bertindak sebagai mineral relaksasi dalam tubuh. Menurut National Institutes of Health, magnesium membantu meningkatkan seberapa efektif kamu tidur dan berapa lama waktu kamu tertidur. Sebaiknya, konsumsilah makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat dan sayuran hijau biar tubuh nggak kehilangan nutrisi penting untuk menghasilkan tenaga.

4. Membenci pekerjaan

Mari bersikap jujur. Bangun pagi hari demi hari untuk bekerja lalu menghadapi kemacetan bisa makin parah ketika kamu membenci apa yang kamu lakukan atau dikelilingi oleh rekan kerja yang ngeselin. Jika kamu selalu merasa lesu, mungkin kamu perlu perubahan pemandangan kantor. Perlu bukti? Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang membenci pekerjaan mengalami sulit tidur atau tidur dalam karena disebabkan oleh stres.

5. Kurang olahraga

10 Hal yang bikin kamu selalu merasa lelah

Aktivitas fisik secara teratur dapat mengurangi risiko depresi dan dapat membantu kamu tidur lebih baik, menurut Center for Disease Control and Prevention. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian di Universitas Georgia menemukan bahwa orang yang melakukan olahraga tiga kali dalam seminggu lebih bersemangat dan nggak mudah lelah dibanding yang nggak suka berolahraga. Dengan berolahraga, kamu akan mengedarkan oksigen dalam darah ke seluruh tubuh lebih efisien sehingga kamu pun menjadi lebih bertenaga.

6. Nggak mendapatkan sinar matahari yang cukup

Ini semua tentang ritme sirkadian. "Ketika orang-orang yang terkena sinar matahari atau cahaya buatan sangat cerah di pagi hari, produksi melatonin nokturnal mereka terjadi lebih cepat, dan mereka tidur lebih mudah di malam hari," tulis M Nathaniel Mead dalam sebuah artikel di Environmental Health Perspectives. So, kamu harus mendapatkan sinar matahari satu atau dua jam setiap hari. Ditambah lagi sinar matahari menawarkan bonus dosis vitamin D yang membantu melawan penyakit.

7. Stres

10 Hal yang bikin kamu selalu merasa lelah

Semua orang tahu kalau kecemasan dan stres juga merupakan penyebab insomnia, menurut Mayo Clinic. Kurang tidur membuat kamu lebih mudah marah dan merasa cemas. Masalah besar yang sedang kamu alami bikin kamu makin sulit tidur pada malam berikutnya. Jadi, luangkan waktu bagi kamu untuk menghilangkan stres dan cobalah untuk menempatkan masalah dalam perspektif.

8. Gangguan auto-imun

Department of Health of Human Services, US mengungkapkan gangguan auto-imun menyebabkan kelelahan dan kelelahan akan selalu kamu rasakan. Dan karena wanita tiga kali lebih mungkin mengalami gangguan ini dibandingkan pria, pastikan untuk berbicara pada dokter jika kamu selalu lelah. Mungkin ada masalah kesehatan yang jauh lebih dalam yang mungkin nggak kamu perhatikan.

9. Kamar tidur berantakan 

10 Hal yang bikin kamu selalu merasa lelah

Pakaian, sepatu, tumpukan kertas yang berantakan di dalam kamar kalau nggak segera kamu tata rapi akan menganggu kualitas tidurmu. Menurut National Sleep Foundation, kamar tidur harus bersih, nyaman, dan kondusif untuk beristirahat. Menggunakan lampu yang redup atau lilin aroma terapi juga sebaiknya kamu lakukan untuk membantu menenangkan diri kamu saat tidur.

10. Terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan

10 Hal yang bikin kamu selalu merasa lelah

Kita bicara tentang makanan tinggi karbohidrat seperti burger dan kentang goreng, nasi putih, pasta, dan roti, yang biasanya menyebabkan lonjakan energi. Sebaiknya, isilah perutmu dengan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak yang dapat meningkatkan energi karena kandungan vitamin dan mineral. Selain itu buah dan sayuran mengandung sebagian besar air baik untuk hidrasi dalam membantu memberikan energi.

RECOMMENDED BY EDITOR