Brilio.net - Sampai saat ini banyak sekali film yang bertema traveling atau petualangan. Tapi hanya beberapa film yang tidak hanya mampu menyuguhkan deskripsi keindahan alam atau sebuah tempat, namun juga memberikan banyak pelajaran kehidupan dan pesan moral di dalamnya.

Film-film ini dijamin bisa bikin kamu semakin tergerak untuk traveling karena di dalamnya berisikan pesan bahwa perjalanan itu tidak hanya sekadar untuk mencapai tujuan, tapi merupakan sebuah proses pembelajaran yang penuh dengan makna.

Berikut 10 Film yang bisa buat kamu semakin semangat untuk traveling, yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (6/11).

1. Wild

10 Film ini bisa bikin kamu makin bersemangat traveling

Loading...

foto: filmbeef.com

Film ini mengisahkan tentang seorang cewek yang memutuskan untuk menjadi seorang backpacker solo. Cheryl Strayed memutuskan untuk menyusuri Pacific Crest Trail sepanjang 4.286 km setelah kematian ibunya dan pernikahan yang kandas. Masa lalu nya yang kelam ini ingin ia tebus dengan sebuah perjalanan yang tidak mudah. Keberanian dan keteguhannya dalam proses perjalanan ini bakal membuat kamu terkagum-kagum. Bagi kamu terutama cewek yang masih ragu buat mencoba traveling sendirian, perjuangan seorang Cheryl Strayed bisa kamu jadikan salah satu inspirasi nih.

2. 127 Hours

10 Film ini bisa bikin kamu makin bersemangat traveling

foto: nytimes.com

Kisah nyata Aron Ralston, seorang petualang yang diperankan James Franco ini bisa menjadi salah satu pengingat buat kamu yang suka traveling, bahwa segala sesuatu bisa saja terjadi tanpa diduga-duga walaupun sudah direncanakan dengan sangat matang. Aron Ralston terjepit di celah ngarai tebing Robbers di pedalaman Utah selama lima hari tanpa seorang pun yang tau. Dalam kondisi titik terendah dalam hidup Aron ini memberikan pesan tentang belajar dari kesalahan untuk kemudian diperbaiki dan tetap melanjutkan hidup. Pokoknya film keren ini wajib kamu tonton deh!

3. The Secret Life of Walter Mitty

10 Film ini bisa bikin kamu makin bersemangat traveling

foto: sinekdoks.com

Film yang diarsiteki Ben Stiller ini penuh kejutan. Walaupun ceritanya fiksi tapi banyak benarnya juga. Film petualangan seorang Walter Mitty ini menceritakan tentang bagaimana perjalanan bisa mengubah hidup seseorang secara drastis, namun tetap positif. Inti dari film ini adalah bagaimana sebuah petualangan yang nggak terencana dapat mengubah hidup seseorang. Film ini mengajarkan kita betapa pentingnya traveling dalam hidup kita, juga memberikan pesan moral agar tidak pernah takut dalam mengambil risiko dan berani keluar dari zona nyaman kita. Bagi kamu yang belum nonton, mending mulai sekarang film ini kamu masukin wishlist dulu deh.

4. Le Grand Voyage

10 Film ini bisa bikin kamu makin bersemangat traveling

foto: filmmovement.com

Le Grand Voyage atau The Great Journey merupakan film yang tidak hanya bertemakan tentang perjalanan tetapi juga sarat makna tentang spiritual. Film yang diberi rating 7.3 oleh IMDB ini mengisahkan seorang pemuda bernama Reda yang dengan terpaksa harus mengantarkan ayahnya menuju tanah suci Mekah melalu jalur darat. Selama perjalanan, ayah dan anak yang berwatak keras ini sangat jarang menjalin interaksi hingga membuat perjalanan selalu diwarnai dengan ketegangan dan sikap tak acuh satu sama lain. Rona bahagia menyelimuti keduanya ketika mulai mendekati kota suci, namun Reda ternyata harus kehilangan sang ayah yang meninggal dalam proses ibadah haji. Tanpa perlu mengumbar dialog puitis, Le Grand Voyage berhasil menyuguhkan kisah haru nan berkelas.

5. The Way

10 Film ini bisa bikin kamu makin bersemangat traveling

foto: indiewire.com

Film yang memiliki genre adventure, drama, dan komedi ini menceritakan tentang Tom, seorang ayah yang harus menghadapi kenyataan bahwa anaknya dinyatakan hilang dan meninggal dalam perjalanan ziarah menuju Camino de Santiago. Tom kemudian memutuskan untuk menyelesaikan perjalanan sang anak yang belum tuntas dengan berjalan kaki sejauh 800 kilometer bersama peziarah yang lainnya. Perjalanan beberapa peziarah dengan beragam motivasi ini menjadikan film lebih berwarna yang wajib kamu tonton.

6. Eat, Pray, Love

10 Film ini bisa bikin kamu makin bersemangat traveling

foto: studentaffairscollective.org

Eat, Pray, Love menceritakan tentang seorang cewek yang merasa kehidupannya telah gagal dan menderita akibat perceraian. Kemudian memutuskan untuk meninggalkan semua harta bendanya dan pergi jauh untuk menemukan kembali jati dirinya. Seorang Liz Gilbert yang dibintangi oleh Julia Roberts melakukan perjalanan ke tiga negara yang berbeda, yaitu Italia, India, dan Indonesia (Bali). Film ini akan memanjakan kamu dengan berbagai pemandangan yang menarik dari setiap tempat-tempat eksotis yang dikunjungi Liz. Ini akan membuat kamu tergerak untuk mencoba mengunjungi secara langsung objek wisata tersebut.

7. The Art of Travel

10 Film ini bisa bikin kamu makin bersemangat traveling

foto: eagerexistence.com

Film drama dan petualangan yang menceritakan seorang pemuda bernama Conner, yang memutuskan untuk menikah muda dengan cinta pertamanya. Namun pada saat acara pernikahan, Conner dengan sepihak mendadak membatalkan pernikahan tersebut karena mengetahui sang calon istri ternyata telah berselingkuh dengan sahabatnya sendiri. Walau batal menikah, Conner tetap memilih untuk berangkat bulan madu sendiri karena ia yakin perjalanan akan memberikan pengalaman yang berharga bagi dirinya. Berbagai drama selama perjalanan telah menjebak Conner dalam petualangan yang mendebarkan. Tertarik menonton?

8. The Motorcycle Diary

10 Film ini bisa bikin kamu makin bersemangat traveling

foto: designsponge.com

Siapa yang nggak kenal Che Guevera? Tokoh revolusi yang cukup terkenal ini dikisahkan dalam sebuah film berjudul The Motorcycle Diary garapan sutradara Walter Salles. Perjalanan dengan menggunakan motor bersama temannya mengubah Che yang sebelumnnya ahli medis yang canggung menjadi tokoh penting yang akan selalu diingat dalam sejarah. Perjalanan yang ditempuh dari Peru hingga berakhir di Venezuela menghabiskan waktu lebih dari setahun dan menempuh jarak sejauh 12.000 km, wow! Dengan menonton film ini kamu akan mendapat pesan moral bahwa seorang pejuang tidak dilahirkan, melainkan dibentuk dari sebuah proses yang sangat panjang.

9. Seven Years in Tibet

10 Film ini bisa bikin kamu makin bersemangat traveling

foto: sonymoviechannel.com

Niat seorang Heinrich Harrer untuk mendaki gunung tinggi harus pupus akibat dirinya yang juga seorang anggota partai Sosialis Nasionalis Austria ditangkap dan dipenjara oleh tentara Polandia disebuah kamp perbatasan Himalaya-Bangladesh. Film ini dimulai dari perjalanan Heinrich yang berhasil kabur dari penjara kemudian terdampar selama 7 tahun di Lhasa, sebuah tempat suci di mana Dalai Lama ke-12 tinggal. Bagian terseru dalam film ini adalah saat di Tibet kamu bisa menyaksikan Heinrich belajar sebuah kebijaksanaan dari timur. Ia belajar bahwa manusia nggak diukur dari banyak prestasinya, tetapi dari bagaimana dia menaklukkan dirinya sendiri.

10. Into The Wild

10 Film ini bisa bikin kamu makin bersemangat traveling

foto: motley.ie

"Happiness is only real when shared", siapa yang pernah mendengar kutipan bijak itu? Yap, kutipan itu diambil dari kisah nyata seorang Christopher McCandless, yang kemudian diangkat menjadi sebuah film yang berjudul Into The Wild. Christopher McCandless yang memberikan julukan kepada dirinya sendiri yaitu Alexander Supertramp, memutuskan untuk meninggalkan kehidupan lamanya dan hidup sebebas-bebasnya di alam liar.

Perjalanannya dimulai dari menyusuri ladang gandum South Dakota, mengarungi Colorado River hingga memasuki perbatasan Meksiko, menemui beraneka ragam tipe masyarakat di Slab City California, dan berakhir di kesunyian Alaska. Film ini juga kaya dengan sudut penggambaran alam menakjubkan, mulai dari jeram sungai hingga padang salju yang angkuh dalam dingin. Sean Penn selaku sutradara pantas mendapat acungan jempol atas kerja kerasnya ini. Tak heran film ini berhasil memenangkan 26 penghargaan internasional dan meraih 86 nominasi dalam berbagai festival internasional, dua di antaranya bahkan lolos dalam ajang bergengsi Academy Award. Buat kamu yang ngaku suka traveling, belum sah rasanya kalau belum nonton film ini.

RECOMMENDED BY EDITOR