Brilio.net - Jogja itu mau makan apa saja serba ada. Mulai dari yang khas, seperti gudeg sampai makanan dari daerah lain juga komplet. Nah, salah satu sajian favorit sarapan orang Jogja adalah soto.

Makanan berkuah ini memang selain mengenyangkan juga bisa bikin segar kembali. Ya kan? Kamu penggemar soto? Belum afdol deh rasanya, kalau belum mencicipi 10 warung soto terbaik di Jogja versi brilio.net berikut ini, Rabu (16/11).

Cek satu per satu dan jangan lupa cobain semuanya ketika kamu ada di Jogja ya!



1. Soto Pak Marto.

soto jogja © 2016 brilio.net

foto: Instagram/@qqgabin

Soto Pak Marto memiliki ciri khas kuahnya yang bening ditambah irisan tomat. Alamatnya ada di Jalan Jendral S Parman no 44, Yogyakarta. Lokasi warungnya dekat dengan Tamansari.


2. Soto Bathok Mbah Katro.

soto jogja © 2016 brilio.net

foto: Instagram/@raneefiqolby

Berada di area persawahan dekat dan dengan lokasi Candi Sambisari, soto yang satu ini tak pernah sepi pengunjung. Katanya tempe garitnya itu yang bikin warung ini semakin memesona lidah banyak orang. Hmmm. lezat dan nyuss banget.


3. Soto Pak Dalbe.

soto jogja © 2016 brilio.net

foto: Instagram/@ceritamakan

Kuah sotonya bening agak kecokelatan memang paling segar buat sarapan. Warung soto ini terletak di emperan Jalan Sudirman. Berada di pusat kota, membuat warung soto ini selau ramai didatangi para pekerja kantoran. Tempe tepungnya yang selalu baru juga jadi favorit para pelanggannya.


4. Soto Kadipiro.

soto jogja © 2016 brilio.net

foto: Instagram/@oktavianti.dilla74

Nah, kalau soto ini mudah dijumpai, karena sudah ada beberapa cabang di Yogyakarta sendiri. Cita rasanya jangan diragukan lagi, dari gorengan, sate jeroan hingga kerupuk semuanya selalu komplet dan bikin ketagihan.


5. Soto Djiancuk.

soto jogja © 2016 brilio.net

foto: Instagram/@arifsjaifutdin

Soto Djiancuk merupakan soto khas Blitar yang disajikan di Jogja. Warungnya ada di Dusun Sonopakis, Kasihan, Bantul.


6. Soto Moneter.

soto jogja © 2016 brilio.net

foto: brilio

Segarnya kuah bening soto ditambah kemangi dan gurihnya lenthok.. Hmmmm, enak banget!


7. Soto Betawi Bang H Pitung.

soto jogja © 2016 brilio.net

foto: Instagram/@nathanaelandrie

Gurihnya soto khas Betawi ini dijamin bikin semangat kamu di pagi hari. Kebayang kan, lezatnya santan dicampur dengan daging segar?


8. Soto Simbok.

soto jogja © 2016 brilio.net

foto: @ceritamakan

Lokasinya ada di Jl Tasura 20 Pugeran, Maguwoharjo, Yogyakarta dan dibuka mulai jam 7 pagi. Cir khas soto ini adalah suwiran daging ayam yang berlimpah. Mantap!


9. Soto Sampah.

soto jogja © 2016 brilio.net

foto: Instagram/@fooddiscoverer

Nah, kalau yang ini mungkin satu-satunya warung Jogja yang paling hits buka di malam hari. Penggila kuliner malam wajib banget cobain sensasi makan soto malam hari di Soto Sampah ini. Letaknya juga berada di pusat kota, yakni dekat Tugu Jogja.


10. Soto Ceker Yu Kandy.

soto jogja © 2016 brilio.net

foto: Instagram/@sotoceker.yk

Pecinta ceker boleh nih, cobain soto Ceker Bu Kandy yang buka jam 18.00-23.00 setiap harinya. Lokasinya berada di daerah Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta.

Nah, kalau kamu suka nyoto dimana guys? Share juga dong!