Brilio.net - Bakso menjadi salah satu makanan favorit yang populer di Tanah Air. Para pemilik kedai bakso terus berinovasi memodifikasi bentuk dan namanya. Bakso biasanya di buat dari kombinasi daging sapi giling serta tepung tapioka, walau demikian ada pula bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan juga daging kerbau.

Bakso begitu populer serta bisa diketemukan di semua Indonesia, dari gerobak pedagang kaki lima sampai restoran besar. Bakso memang sudah mendarah daging di Indonesia, tak heran hampir setiap daerah punya bakso khas, seperti bakso malang, bakso solo, bakso wonogiri, dan lain-lain.

Bakso yang normalnya disajikan dengan mi dan kuah pun kini mengalami inovasi sampai tecipta bakso-bakso unik yang cuma bisa kamu temui di Indonesia. Penasaran apa saja macam-macam bakso yang unik? Berikut kreasi bakso unik yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (19/2).

1. Bakso beranak.

6 kreasi baru bakso © 2017 brilio.net

foto: Instagram/@feast.it

Bakso bernaak ini adalah sebutir bakso dengan ukuran jumbo yang kemudian akan muncul 'anak-anak bakso' atau bakso yang berukuran kecil dan telur ketika bakso tersebut dibelah. Bakso variasi ini pun sekarang mudah ditemui di beberapa kota di Indonesia, seperti Jogja, Palembang, serta kota lainnya.

2. Bakso hitam.

6 kreasi baru bakso © 2017 brilio.net

foto: pahlawanekonomi.com

Jika lazimnya butiran bakso berwarna putih pucat, seperti namanya, butiran bakso yang ini memang berwarna hitam pekat. Terobosan baru ini dibuat Sigit Prihanto, salah satu pedagang bakso di Surabaya. Yang membedakan dengan bakso biasa adalah adanya aktif charcoal (arang bambu Jepang) yang sistem masaknya dengan pengasapan untuk baksonya.

3. Bakso mangkok

6 kreasi baru bakso © 2017 brilio.net

foto: wisata-tanahair.com

Biasanya, semangkuk bakso dihidangkan dengan kuah, mi, dan sayur-sayuran. Namun, bagaimana jadinya jika kamu juga memakan mangkuk tempat bulatan-bulatan bakso itu ditaruh? Yup, kreasi unik itu memang ada, namanya adalah bakso mangkuk. Daging yang digiling dicetak hingga membentuk seperti sebuah mangkuk yang bisa digunakan untuk meletakkan bulatan-bulatan bakso. Seporsi bakso mangkok ini rata-rata diharga Rp 45.000. Kalau kamu pengen menikmati bakso mangkuk, kamu bisa dapatkan di Bekasi, Kendal, maupun Makassar.

4. Bakso kelapa.

6 kreasi baru bakso © 2017 brilio.net

foto: info-kuliner.com

Pernah ngerasain sensasi makan bakso di dalam batok kelapa? Nah, dengan kreasi bakso kelapa ini dijamin bikin ngiler deh. Terlebih bakso tersebut disajikan lengkap dengan kelapa muda. Selain penyajian, rasa yang ditawarkan oleh bakso ini pun cukup unik dan istimewa. Pasalnya, kuah kaldu bakso dicampur dengan air kelapa. Bakso ini bisa dijumpai seperti di Tangerang, Jogja, dan Bandung. Segar dan sangat menggoda bukan?

5. Bakso mozarella.

6 kreasi baru bakso © 2017 brilio.net

foto: Instagram/@baksoboedjangan

Pernah membayangkan makan bakso dengan disertai keju mozarella yang meleleh di dalamnya? Mendengarnya saja sudah bikin ngiler ya, kreasi bakso ini ternyata memang sudah ada lho. Kreasi bakso mozarella ini dijual di kedai Bakso Boedjangan, Jakarta Selatan.

6. Bakso klenger ratu sari.

6 kreasi baru bakso © 2017 brilio.net

foto: Instagram/@javafoodie

Ada juga sajian unik yang bisa buat kamu merasakan pengalaman baru menyantap bakso. Seperti namanya, bakso di sini juga disajikan super besar, namun dengan isian beberapa telur dan daging yang menyatu pada adonan baksonya. Bakso yang ditawarkan pun beragam, dari yang beratnya 250 gram hingga super jumbo dengan berat 5 kg. Kedai penjual variasi bakso jumbo ini dapat dijumpai di Yogyakarta.