Brilio.net - Beberapa di antara kamu pasti sepakat kalau makan nggak pakai sambal itu jadi hambar dan nggak gereget, iya kan? Nah, tapi kamu nggak sih, fakta-fakta apa yang ada di balik sambal yang sering kamu makan dan jadi favoritmu itu?

Sebagai pecinta pedas, kamu tentunya harus tahu dong, fakta-fakta apa yang ada di balik sambal yang jadi pelengkap hampir banyak kuliner tersebut.

BACA JUGA NANTI: Di warung ini kamu bebas pesan sambal, rekor 200 cabai! Kamu berani coba?

Nah, daripada penasaran, yuk simak fakta-fakta sambal yang berhasil dikumpulkan brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (19/4), berikut ini.


1. Ada hubungan antara sambal dan mimpi buruk. Kamu pasti pernah dan kamu nggak menyadarinya.

Fakta Sambal © 2016 brilio.net foto: spiceislandvegan.blogspot.com

Rupanya ada hubungan antara sambal dan mimpi buruk. Penelitian yang dilakukan oleh Tora Nielsen, seorang profesor di laboratorium mimpi Universitas de Montreal, Kanada, telah membuktikan bahwa komposisi makanan pedas bagi beberapa orang barangkali terlalu sensitif sehingga mempengaruhi kerja otak saat tidur dan bisa mempengaruhi mimpi buruk.



2. Sambal paling pedas pernah dibuat tahun 2006, dan hanya dijual 999 botol saja.

Fakta Sambal © 2016 brilio.net foto: kason2047.pixnet.net

Sambal atau saus paling pedas pernah diproduksi tahun 2006 dan hanya dijual 999 botol saja lho! Pembuatnya bernama Blair Lazar. Isi dari satu botol kecil saus Blairs ini mengandung 16 miliar senyawa capsaicin murni. Kamu pengen cicipin sambal ini nggak?



3. Capsaicin, zat pedas pada cabai dan sambal berguna untuk memperindah bulu burung.

Fakta Sambal © 2016 brilio.net foto: food.com

Percaya atau tidak, senyawa pedas yang bernama capsaicin yang ada di sambal dan cabai berguna untuk memperindah bulu dan menghangatkan tubuh burung, sehingga tidak mudah terkena flu.



4. Sambal bisa membantu menurunkan panas tubuh.

Fakta Sambal © 2016 brilio.net foto: goodnewsfromindonesia.org

Padahal saat udara panas, dan tubuh kita terasa panas, kita sering minum minuman dingin, untuk menurunkan suhu panas tersebut. Justru kebalikannya, makan makanan pedas seperti sambal bisa membantu menurunkan suhu tubuh, bukan malah mengonsumsi minuman dingin.



5. Makan sambal membantu mempercepat pemulihan bekas luka pada kulit.

Fakta Sambal © 2016 brilio.net foto: cookasianfood.com

Antioksidan dan vitamin C yang ada pada cabai, bahan utama sambal, berguna sekali untuk pembentukan kolagen yang berfungsi untuk mempercepat pemulihan bekas luka pada kulit. Sakti banget kan khasiatnya?



6. Bhut Jolokia, adalah cabai terpedas di dunia.

Fakta Sambal © 2016 brilio.net foto: mayapurleela.blogspot.com

Sampai pada tanggal 12 Februari 2012, Bhut Jolokia adalah nama cabai terpedas di dunia. Sambal ini dibuat jadi serbuk bahan isian granat di India. Ngeri ya?



7. Beras adalah salah satu bahan paling ampuh untuk mengatasi rasa panas di tangan karena sambal.

Fakta Sambal © 2016 brilio.net foto: news.com.au

Tangan kamu suka panas karena tak sengaja menyentuh sambal? Kamu bisa menggunakan beras yang dapat menghilangkan rasa panas di tangan karena tak sengaja menyentuh sambal.