Brilio.net - Kamu pasti pernah menikmati kuliner yang namanya nasi padang, atau kamu pasti pernah melihat warung makan di sekitaran yang berjudul Rumah Makan Padang di daerahmu sana. Tapi tahukah kamu fakta-fakta yang ada di balik nasi padang dan Rumah Makan padang tersebut?

Nah, kalau kamu belum tahu, berikut ini adalah fakta-fakta tentang nasi padang dan Rumah Makan Padang yang berhasil dihimpun brilio.net dari berbagai sumber khusus buat kamu, Minggu (10/4).

1. Perhatikan foto kakek berkopiah hitam di Rumah Makan Padang.

foto: merdeka.com

Mungkin kamu sering melihat ada foto kakek berkopiah hitam di dalam Rumah Makan Padang yang kamu sering kunjungi.

Foto kakek berkopiah hitam itu bagi orang Minang dikenal dengan foto Ungku Saliah. Jika menjumpai foto Ungku Saliah di beberapa tempat Rumah Makan Padang, maka dapat dipastikan bahwa pemiliknya berasal dari Pariaman, Sumatera Barat.

Orang Minang, khususnya orang Pariaman beranggapan bahwa Ungku Saliah adalah orang keramat. Memajang fotonya bagi sebagian orang akan mendatangkan rezeki.

2. Kalau kamu beli nasi padang dibungkus, porsi nasinya pasti jauh lebih banyak.

foto: saribundo.biz

Mengapa demikian? Konon ada kisah di baliknya, yakni ada yang menyebut dulunya orang yang makan di tempat atau di restoran adalah kaum elite, seperti kolonial Belanda atau saudagar kaya.

Nah, sedangkan yang biasa dibungkus adalah kaum pribumi atau pekerja pabrik, dengan maksud agar bisa makan untuk berdua orang. Istilahnya subsidi silang.

3. Perhatikan lagi deh, di Padang sendiri justru tidak ada nama 'Rumah Makan Padang'.

foto: palingkeren.net

Jadi, di Sumatera Barat, kamu tidak akan menemukan warung makan yang bertuliskan 'Rumah Makan Padang', sebab di sana warung makan biasa tersebut ya Rumah Makan Padang itu, jadi kamu hanya akan menemukan warung yang bertitel 'Rumah Makan Padang' hanya di luar Sumatera Barat.

3 Fakta lain yang mencengangkan, KLIK NEXT:

2 dari 2 halaman



4. Antara daun singkong dan gulai nangka.

foto: resepibonda.com

Nah, ada yang unik lagi nih, di Pulau Jawa, daun singkong dan gulai nangka tak dapat dipisahkan jika membeli nasi padang dibungkus atau makan di tempat.

Dua menu tersebut menjadi pelengkap wajib dalam sajian nasi padang.  Namun, di tempat asalnya, Sumatera Barat, daun singkong malah jarang dipasangkan dengan gulai nangka, lho.

5. Ada nasi kapau, ada juga nasi pauh. Lalu apa bedanya?

foto: bhellabhello.wordpress.com

Sebenarnya tak ada bedanya, guys. Kedua nasi ini sama-sama berasal dari Sumatera Barat. Hanya saja, nasi kapau lebih banyak menyajikan menu dari daging sapi dan daging kerbau.

Sedangkan nasi pauh, yang berasal dari daerah Pauh, Pariaman lebih banyak menyajikan menu gulai kepala ikan.

6. Rendang menjadi makanan paling lezat di dunia, lho!

foto: budiantotour.com

CNN mengatakan bahwa rendang menjadi menu terlezat di dunia. Menu khas di Rumah Makan Padang ini dipilih CNN dari hasil survei melalui akun CNN di laman jejaring sosial dengan menjaring lebih dari 35.000 suara para traveller dari seluruh dunia. Wow!