Brilio.net - Kalau selama ini kamu mengira bakso berasal dari Indonesia, kamu keliru. Sebab, ada negara lain yang menyatakan sebagai asal bakso, lho. Bahkan, nama bakso sendiri juga bukan berasal dari bahasa Indonesia. Jadi, yang benar asalnya dari mana?

Daripada kamu semakin penasaran, berikut ini ada beberapa fakta tentang bakso yang mungkin belum kamu tahu, seperti dirangkum brilio.net dari qraved.com, Kamis (28/4):

1. Bakso ternyata bukan bahasa Indonesia.

Fakta Bakso © 2016 brilio.net

foto: wikipedia.org

Bakso rupanya berasal dari bahasa Hokkien. Dan dalam bahasa Hokkien sebenarnya namanya bak-so, yang memiliki arti 'daging babi giling'. Nah, ketika sampai di Indonesia, dagingnya diganti menggunakan daging sapi, ayam, atau ikan.

2. Bakso ternyata berasal dari China.

Fakta Bakso © 2016 brilio.net

foto: motivasikita7.blogspot.com

Bakso rupanya berasal dari China. Banyak yang meyakini kalau di China, bakso ini sudah ada sejak awal abad ke-17, lho. Atau lebih tepatnya di akhir masa Dinasti Ming.

3. Kalori bakso rupanya cukup tinggi.

Fakta Bakso © 2016 brilio.net

foto: kemala-ria.blogspot.com

Semangkuk bakso mengandung 300 kalori. Jadi, kalau kamu berencana untuk berdiet ria, jangan makan bakso banyak-banyak, ya.

4. Tak cuma di Indonesia, di negara lain pun ada bakso.

Fakta Bakso © 2016 brilio.net

foto: citizenship.typepad.com

Tak cuma di Indonesia, ternyata di negara lain juga punya kuliner bakso. Sebut saja Swedia, yang memiliki kuliner bernama Swedish Meetballs.

5. Jangan makan bakso ditambah cuka, ya.

Fakta Bakso © 2016 brilio.net

foto: duniaely.com

Menurut penelitian, ketika bakso dan cuka ini dicampur dan dimakan bersamaan, mereka dapat mengoveraktifkan energi sehingga bisa mendistraksi sirkulasi darah menjadi lebih aktif. Bahkan nggak cuma itu, memakai cuka saat makan bakso juga bisa berakibat fatal bagi jantungmu. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak tepat secara perlahan-lahan akan menurunkan performa kerja jantungmu, bahkan membuatnya berhenti bekerja alias meregang nyawa.