10 Rempah bantu turunkan kolesterol jahat, wajib stok saat Lebaran

10 Rempah bantu turunkan kolesterol jahat, wajib stok saat Lebaran
foto: freepik.com

Brilio.net - Dikarunia dengan tanah subur yang begitu luas membuat Indonesia memiliki hasil bumi yang melimpah, salah satunya rempah-rempah. Rempah-rempah memang dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang kaya manfaat.

Selain biasa digunakan sebagai penambah rasa sedap pada makanan, rempah-rempah juga memiliki segudang manfaat kesehatan. Bahkan salah satu manfaatnya dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh, apalagi di musim Lebaran seperti ini.

Pasca sholat Ied, makan besar menjadi salah satu ajang silaturahmi antar keluarga, kerabat, dan tetangga. Berbagai hidangan khas Lebaran seperti ketupat sayur, opor ayam, rendang, hingga sambal ati tentu menjadi menu utamanya.

Sayangnya, makanan tersebut dapat memicu kolesterol jahat meningkat karena tinggi lemak jenuh. Seperti dilansir dari health.clevelandclinic.org, makanan tinggi lemak jenuh dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan kolesterol jahat. Tak heran jika kemudian kamu perlu waspada terhadap makanan-makanan tertentu saat Lebaran.

Namun jangan khawatir, kolesterol tinggi pada dasarnya juga bisa diatasi. Salah satunya dengan mengonsumsi rempah-rempah tertentu. Tanpa disadari, rempah dapur yang digunakan untuk memasak juga memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol jahat, lho.

Kira-kira apa saja jenis rempah-rempah ini? Yuk simak ulasannya, dilansir BrilioFood dari berbagai sumber pada Senin (2/5).

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya