Brilio.net - Motivasi tentang hidup, bisa kita dapatkan dari mana saja, termasuk dari drama Korea. Drama Korea tidak sekadar menampilkan kisah cinta belaka atau hanya drama thriller belaka, melainkan juga ada pesan yang ingin disampaikan dalam cerita ditampilkan.

Drama Korea tersebut hadir dengan beragam latar belakang, mulai dari kisah pertemanan yang masih terus terikat dan berlanjut menjadi sepasang kekasih hingga persoalan di dunia kerja yang penuh kompetisi.

Drama-drama tersebut hadir dengan cerita memukau dan tidak bikin bosan para penontonnya. Drama Korea yang menumbuhkan motivasi hidup atau motivasi-motivasi yang lain membuat drama tersebut cocok ditonton oleh siapa pun.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Selasa (1/3), berikut 9 rekomendasi drama Korea tumbuhkan motivasi, Start-Up bikin berani.

1. Twenty Five, Twenty One (2022).

drama Korea motivasi berbagai sumber

foto: imdb.com

Twenty Five, Twenty One merupakan rekomendasi drama Korea yang dapat tumbuhkan motivasi. Drama ini mengisahkan perjalanan panjang lima karakternya selama 23 tahun dari 1998 sampai 2021. Perjalanan tersebut mengisahkan beragam hal yang mereka alami selama menjalin relasi, baik relasi pertemanan maupun relasi romantis. Drama ini diperankan oleh Kim Tae-ri, Nam Joo-hyuk, Bona, dan Lee Joo-myung. Drama ini mengajarkan untuk terus berjuang meraih mimpi, walaupun banyak halangan merintang.

Selain itu, drama ini menjadi ajang comeback Nam Joo-hyuk setelah sekian lama hiatus dari drama Korea. Drama ini menggambarkan sekelompok anak muda yang terpaksa mengubur mimpinya setelah krisis keuangan global pada 1998 melanda Korea Selatan. Drama ini mulai tayang pada 12 Februari 2022 di tVN dan disiarkan secara internasional melalui Netflix.

2. Melancholia (2021).

drama Korea motivasi berbagai sumber

foto: imdb.com

Melancholia merupakan rekomendasi drama Korea yang berlatar di sebuah SMA yang menjadi sarang korupsi. Ada kisah cinta seorang guru Matematika dan siswa SMA jenius yang terlibat skandal.

Empat tahun berlalu, keduanya bertemu kembali dan bertekad mengembalikan reputasi Im Yoon-so, guru Matematika yang terusir dan mengungkap kasus korupsi di SMA tersebut. Drama ini mengajarkan kepada kita semua tentang arti kejujuran dan terus fokus pada proses yang dijalankan.

3. Law School (2021).

drama Korea motivasi berbagai sumber

foto: imdb.com

Law School merupakan rekomendasi drama Korea yang mengisahkan Yang Jong-Hoon (Kim Myung-Min), seorang mantan jaksa yang menjadi profesor di sebuah sekolah hukum terkenal. Namun, ia tidak disukai oleh teman-teman dan murid-muridnya karena memiliki sikap dingin. Drama ini juga berfokus pada dua mahasiswa hukum, satu dari latar belakang keluarga miskin dan satu menyembunyikan rahasia sampai drama ini selesai.

Drama ini semakin seru saat Jong-Hoon ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan koleganya yang juga menjadi profesor di sekolah tersebut. Kedua siswa Jong-Hoon yang tak sengaja terhubung dengan hidupnya, berusaha keras untuk membuktikan bahwa profesor tidak bersalah dan segera menemukan pelakunya. Drama ini mengajarkan tentang realitas di sebuah kampus yang juga sama persis dengan kehidupan lainnya. Ada banyak macam pergolakan hidup dan berbagai hal yang membuat kita semua bikin mengelus dada. Namun, di balik itu semua, karakter utama drama ini terus berusaha berperilaku jujur dan mengambil hukum legal sebagai jalan untuk menemukan keadilan.

4. Start-Up (2020).

drama Korea motivasi berbagai sumber

foto: imdb.com

Start-Up merupakan rekomendasi drama Korea yang mengisahkan Lembah Silikon fiksi di Korea Selatan yang disebut Sandbox. Drama ini fokus menceritakan kisah orang-orang yang bergelut di dunia startup yang saat ini digemari banyak orang untuk menjadi seorang yang tak hanya disebut sebagai wirausahawan.

Drama ini mengisahkan Seo Dal-mi, wanita muda yang cerdas dan penuh ambisi untuk mewujudkan mimpinya menjadi Steve Jobs Korea. Walaupun tak punya latar belakang yang mewah, ia punya semangat dan daya juang yang tinggi. Ia kemudian bertemu dengan Nam Do-san, pendiri Samsan Tech yang terkenal jenius matematika. Mereka kemudian bekerja bersama di Lembah Silikon dan saling jatuh cinta. Selain kesan percintaan lebih kuat, drama ini juga menampilkan berbagai hal terkait motivasi kerja dan mengejar mimpi yang tidak kenal lelah.

5. Itaewon Class (2020).

drama Korea motivasi berbagai sumber

foto: imdb.com

Itaewon Class merupakan rekomendasi drama Korea yang berkisah tentang Park Sae-ro-yi yang berusaha membunuh Jang Geun-won, putra dari Jang Dae-hee, pendiri Jangga Grup. Karena kasus tersebut, Sae-ro-yi kemudian dipenjara selama beberapa tahun. Sementara itu, Oh Soo-ah, pacar Sae-ro-yi ditawari beasiswa universitas oleh Jang Dae-hee hingga kemudian menjadi Kepala Perencanaan Strategis Jangga Group.

Selepas menjadi narapidana, Sae-ro-yi membuka bar dan restorannya sendiri untuk menjadi waralaba top di Korea. Sae-ro-yi kemudian mempekerjakan sekelompok orang aneh yang dipimpin oleh Jo Yi-seo yang menjadi manajer restoran dan bersaing dengan Jangga Group. Setelah beberapa tahun menjalan restoran tersebut, Sae-ro-yi sadar bahwa yang menolong dirinya saat berbagai serangan dari Jangga Group adalah dana tabungan yang ia miliki. Hal tersebut membuat bisnisnya cenderung stabil dan tidak gampang tumbang. Drama ini menggambarkan bahwa untuk menjadi terbaik, tak peduli dengan latar belakang yang pernah dilalui seseorang. Dalam drama ini, seorang narapidana juga bisa menjadi seorang pebisnis sukses.

6. Record of Youth (2020).

drama Korea motivasi berbagai sumber

foto: imdb.com

Record of Youth merupakan rekomendasi drama Korea yang memiliki hubungan nyata ketika dihadapkan dengan dua karakter yang mulai mencapai tujuan karier seumur hidup mereka. Hye-jun (Park Bo-gum) adalah model yang bercita-cita tinggi dan bermimpi menjadi aktor papan atas seperti teman masa kecilnya. Dia segera bertemu Jeong-ha (Park So-dam), seorang penata rias. Mereka segera memulai hubungan, tetapi tidak memiliki pilihan untuk bersama dan bahagia.

Sepanjang cerita, karier Hye-jun membuat hubungan mereka tegang dan bahkan membuat mereka putus. Kedua karakter tersebut meratapi tidak dapat bertemu satu sama lain karena karier mereka. Drama ini mengisahkan bagaimana sebuah hubungan terkendala dengan bisnis dan karier yang dijalankan masing-masing orang.

7. Fight For My Way (2017).

drama Korea motivasi berbagai sumber

foto: imdb.com

Dalam Fight For My Way merupakan rekomendasi drama Korea yang berkisah tentang teman lama yang memiliki rasa suka satu sama lain. Dalam drama ini, tokoh selain Park Seo Joon dan Kim Ji-won sebagai peran utama, ada Joo-man (Ahn Jae-hong) dan Seol-hee (Song Ha-yoon) merupakan teman lama yang saling punya perasaan satu sama lain. Namun, setelah hubungan enam tahun mereka diuji, akhirnya retak. Seol-hee puas dengan kehidupan minimalis, tetapi Joo-man tidak. Titik puncaknya tiba ketika Seol-hee menemukan dia tertidur di apartemen wanita yang dia sukai.

Dalam perpisahan mereka, Seol-hee menyesali telah begitu jatuh cinta pada Joo-man dan mendedikasikan seluruh hidupnya untuknya. Walaupun begitu, Seol-hee tidak menyesali apa yang sudah dijalankan selama ini. Drama ini menampilkan perpisahan yang tak pernah mereka bayangkan sebelumnya.

8. The Doctors (2016).

drama Korea motivasi berbagai sumber

foto: imdb.com

The Doctors merupakan rekomendasi drama Korea yang berkisah tentang Yoo Hye-jung (Park Shin-hye), seorang gadis keras kepala di sekolah menengah dengan kepribadian seperti gangster. Karena banyak bekas luka masa kecilnya, Hye-jung menutup hatinya untuk orang lain.

Namun, dia berubah setelah bertemu mentornya Hong Ji-hong (Kim Rae-won), yang memainkan peran kunci dalam mengubah hidupnya dari berandalan "putus asa" menjadi dokter yang penuh kasih. Mereka kemudian berpisah karena laporan hubungan dekat mereka, yang dilaporkan oleh sesama siswa tetapi kemudian bertemu lagi setelah 13 tahun, ketika Yoo Hye-jung telah menjadi dokter yang sukses. Drama ini mengisahkan seorang siswa pembangkang yang di kemudian hari menjadi seorang dokter yang sukses.

9. Misaeng: Incomplete Life (2014).

drama Korea motivasi berbagai sumber

foto: imdb.com

Misaeng: Incomplete Life merupakan rekomendasi drama Korea yang berkisah kehidupan Jang Geu-rae yang bekerja sebagai pekerja magang di One International, sebuah perusahaan perdagangan besar. Di perusahaan tersebut, Geu-rae bertemu bosnya, manajer Oh Sang-shik, yang gila kerja dan memiliki kepribadian yang hangat; rekan magang Ahn Young-yi, yang menarik kemarahan rekan-rekannya karena kredensial pendidikannya yang mengesankan dan dengan menjadi sangat kompeten dalam tugas apa pun; dan Jang Baek-gi, rekan kerja culun yang sifat cemasnya menutupi ambisi batinnya. Drama ini mengisahkan bagaimana di sebuah lingkungan kerja merupakan tempat penuh persaingan yang kejam.