Brilio.net - Drama Korea tentang kerja keras selalu berhasil menarik simpati banyak orang. Mulai dari tentang kisah kerja keras hingga seorang pekerja yang harus bekerja menafkahi keluarganya.

Hal semacam itulah yang hadir dalam drama Korea yang brilio.net kumpulkan ini. Drama tersebut menawarkan genre romantis komedi yang membuatnya nyaman ditonton siapa pun dan sekaligus punya sisi humor yang sayang dilewatkan.

Selain itu, drama Korea tentang kerja keras menghadirkan plot cerita menarik dan beberapa di antaranya sulit sekali ditebak. Cerita mengalir dan membawa para penontonnya ke dalam cerita.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (4/3), berikut 9 drama Korea kisahkan kerja keras, Twenty-Five Twenty-One penuh haru.

1. Twenty-Five Twenty-One (2022).

drama Korea kerja keras berbagai sumber

foto: imdb.com

Twenty-Five Twenty-One merupakan drama Korea tentang kerja keras yang mengisahkan perjalanan panjang lima karakternya selama 23 tahun dari 1998 sampai 2021. Perjalanan tersebut mengisahkan beragam hal yang mereka alami selama menjalin relasi, baik relasi pertemanan maupun relasi romantis. Drama ini diperankan oleh Kim Tae-ri, Nam Joo-hyuk, Bona, dan Lee Joo-myung.

Baek Yi-jin (Nam Joo-hyuk), merupakan seorang pekerja keras. Hal ini harus dilakukan karena keluarganya yang kaya raya tiba-tiba bangkrut selama krisis IMF . Karena itu, ia pindah sendiri dalam upaya untuk membangun kembali hidupnya meskipun penagih utang mengetuk pintunya sepanjang waktu. Ia kemudian bertemu dengan Na Hee-do (Kim Tae-ri), seolah yang ahli dalam beladiri anggar yang sangat mengidolakan Go Yoo-rim, seorang pemain anggar profesional. Ia tak pernah lelah untuk terus berlatih menjadi yang lebih baik.

2. Hometown Cha-Cha-Cha (2021).

drama Korea kerja keras berbagai sumber

foto: imdb.com

Hometown Cha Cha Cha merupakan drama Korea tentang kerja keras yang mengisahkan Yoon Hye-jin, seorang dokter gigi yang datang dari kota memutuskan untuk membuat klinik gigi di desa pelabuhan bernama Gongjin. Klinik tersebut berhasil dibuat berkat bantuan Hong Du-sik, seorang pemuda desa dengan berbagai pekerjaan yang sangat beragam. Du-sik mau bekerja apa pun, mulai menjadi barista paruh waktu hingga membantu nelayan di tepi laut. Hal itu ia lakukan karena sudah tinggal seorang diri dan tak lagi punya pekerjaan tetap di kota.

Hye-jin dan Du-sik kemudian lebih intens dan menjalin interaksi yang intens hingga mereka menjalin hubungan asmara. Selain menampilkan kisah cinta antara dua karakter utama tersebut, drama ini juga menampilkan suasana desa modern yang ada di pinggir pelabuhan. Warga desa sebagian besar bekerja sebagai nelayan dan menjadi buruh harian di pelabuhan di desa tersebut. Selain itu, drama ini juga menampilkan suasana guyub warga-warganya.

3. Itaewon Class (2020).

drama Korea kerja keras berbagai sumber

foto: imdb.com

Itaewon Class merupakan drama Korea tentang kerja keras yang berkisah tentang Park Sae-ro-yi yang berusaha membunuh Jang Geun-won, putra dari Jang Dae-hee, pendiri Jangga Grup. Karena kasus tersebut, Sae-ro-yi kemudian dipenjara selama beberapa tahun. Sementara itu, Oh Soo-ah, pacar Sae-ro-yi ditawari beasiswa universitas oleh Jang Dae-hee hingga kemudian menjadi Kepala Perencanaan Strategis Jangga Group.

Selepas menjadi narapidana, Sae-ro-yi membuka bar dan restorannya sendiri untuk menjadi waralaba top di Korea. Sae-ro-yi kemudian mempekerjakan sekelompok orang aneh yang dipimpin oleh Jo Yi-seo yang menjadi manajer restoran dan bersaing dengan Jangga Group. Setelah beberapa tahun menjalan restoran tersebut, Sae-ro-yi sadar bahwa yang menolong dirinya saat berbagai serangan dari Jangga Group adalah dana tabungan yang ia miliki. Hal tersebut membuat bisnisnya cenderung stabil dan tidak gampang tumbang.

Drama ini menggambarkan bahwa untuk menjadi terbaik, tak peduli dengan latar belakang yang pernah dilalui seseorang. Dalam drama ini, seorang narapidana juga bisa menjadi seorang pebisnis sukses.

4. Start-Up (2020).

drama Korea kerja keras berbagai sumber

foto: imdb.com

Start-Up merupakan drama Korea tentang kerja keras yang mengisahkan Lembah Silikon fiksi di Korea Selatan yang disebut Sandbox. Drama ini fokus menceritakan kisah orang-orang yang bergelut di dunia startup yang saat ini digemari banyak orang untuk menjadi seorang yang tak hanya disebut sebagai wirausahawan.

Drama ini mengisahkan Seo Dal-mi, wanita muda yang cerdas dan penuh ambisi untuk mewujudkan mimpinya menjadi Steve Jobs Korea. Walaupun tak punya latar belakang yang mewah, ia punya semangat dan daya juang yang tinggi. Ia kemudian bertemu dengan Nam Do-san, pendiri Samsan Tech yang terkenal jenius matematika. Mereka kemudian bekerja bersama di Lembah Silikon dan saling jatuh cinta. Selain kesan percintaan lebih kuat, drama ini juga menampilkan berbagai hal terkait motivasi kerja dan mengejar mimpi yang tidak kenal lelah.

5. My Mister (2018).

drama Korea kerja keras berbagai sumber

foto: imdb.com

My Mister merupakan drama Korea tentang kerja keras yang mengisahkan Lee Ji-an, seorang perempuan muda miskin yang terbebani utang dan harus berjuang untuk tetap bertahan agar bisa terus merawat neneknya yang sakit.

Di sela waktu tersebut, ia bekerja paruh waktu. Ia kemudian bertemu dengan Park Dong-hoon, salah satu atasannya yang juga sama-sama punya nasib menyedihkan. Ia dikenal sebagai orang yang terlalu baik sehingga bisa sering dibohongi oleh karyawannya sendiri. Mereka kemudian menjalani hubungan platonis yang memungkinkan bersahabat secara mesra dan saling mendukung satu sama lain.

6. Revolutionary Love (2017).

drama Korea kerja keras berbagai sumber

foto: imdb.com

Revolutionary Love merupakan drama Korea tentang kerja keras yang mengisahkan Baek Joon (Kang So-ra), seorang wanita muda pekerja keras yang memiliki pendidikan universitas tetapi mencari nafkah dengan bekerja paruh waktu dan menolak menjadi pekerja tetap. Hal ini tak lain karena ia melihat pengalaman ayahnya yang dipecat dari perusahaan Grup Gangsu setelah sekian lama mengabdi sebagai sopir Byun Hyuk.

Walaupun begitu, Baek Joon naksir dengan Kwon Jae-hoon (Gong Myung), teman lama Byun Hyuk yang dipekerjakan oleh Grup Gangsu untuk menutupi kebodohan Hyuk. Selain itu, Byun Hyuk mencoba pergi dari perusahaan tersebut dan menyembunyikan identitas aslinya untuk sebuah misi mengungkapkan kasus korupsi yang terjadi di perusahaan milik ayahnya.

7. Strongest Deliveryman (2017).

drama Korea kerja keras berbagai sumber

foto: imdb.com

Strongest Deliveryman merupakan drama Korea tentang kerja keras yang berkisah tentang orang-orang pengantar makanan jajangmyeon (sejenis mi hitam asal Korea) yang mencoba bertahan untuk hidup sebagai pekerja paruh waktu.

Tak hanya itu saja, serial ini juga akan berfokus pada kisah cinta dan kesuksesan seorang pengantar makanan restoran Cina. Drama ini berpusat pada kehidupan Choi Kang-soo, seorang pengantar makanan yang akhirnya menjadi CEO perusahaan aplikasi pengiriman.

8. She Was Pretty (2015).

drama Korea kerja keras berbagai sumber

foto: imdb.com

She Was Pretty merupakan drama Korea tentang kerja keras berdasarkan kisah nyata tentang dua kenalan masa lalu yang bertemu lagi setelah mereka mengalami pembalikan nasib dan penampilan. Berlatar belakang kantor penerbitan majalah mode, Kim Hye-jin, gadis cantik dari keluarga kaya, alias "Cha's", mengalami kesulitan hidup setelah bisnis keluarganya bangkrut. Kecantikan yang ia dapatkan dari hasil perawatan mahal pun hilang.

Sementara itu, Ji Sung-joon, seorang laki-laki yang sama sekali tak menarik dan rendah diri hadir secara kebetulan dengan Hye-jin. Sung-joon dikenal sebagai editor handal dan juga sukses. Hubungan yang sama sekali tak ideal ini membuat komunikasi kedua sering kali tersendat dan membuat satu sama lain tak mengerti. Drama ini penuh dengan hal-hal konyol yang dibumbui kisah romantis dua karakter utamanya yang sama-sama bekerja kerja untuk karier mereka.

9. The Queen of Office (2013).

drama Korea kerja keras berbagai sumber

foto: imdb.com

The Queen of Office merupakan drama Korea tentang kerja keras yang diadaptasi dari drama Jepang Pride of the Temp (2007). Drama komedi ini mengisahkan Nona Kim yang hidup dan bekerja keras sebagai seorang karyawan karismatik. Ia dikenal sebagai karyawan yang pandai dalam segala hal dan bahkan kemampuan tersebut membuat bos kantornya takut.

Namun, hidup Nona Kim selalu diselimuti misteri dan ia selalu menghilang setelah kontrak sementara selama tiga bulannya habis. Berlatar budaya tempat kerja Korea modern sebagai latar belakang, drama ini berhasil menampilkan drama perkantoran yang kocak.