Brilio.net - Selain menjadi drama terbaik Korea pada 2021, Squid Game juga menjadi drama terbaik untuk tema survival atau bertahan hidup. Drama tersebut juga berhasil menampilkan versi terbaik dari kisah permainan hidup dan mati.

Selain Squid Game ada drama lain bertema survival yang tak kalah menarik. Beberapa drama tersebut juga menampilkan sebuah permainan sebagai latar cerita. Selain itu, ada pula drama yang mengangkat hal lain seperti bertahan hidup di tengah kepungan zombi atau bahkan saat ada di sebuah pulau berbahaya.

Drama-drama tersebut berhasil mengembangkan tema survival dengan beragam cerita dan latar, sehingga tema tersebut tampil beragam. Selain itu, drama-drama tersebut tontonan menarik bagi seluruh penggemar drama Korea.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (10/1), berikut 8 drama Korea yang wajib ditonton bertema survival, Squid Game terbaik.

1. Squid Game (2021).

Drama Korea bertema survival berbagai sumber

foto: imdb.com

Squid Game barangkali menjadi capaian paling spektakuler di industri drama Korea. Squid Game berhasil menjadi fenomena dunia yang berhasil membuat orang menontonnya dan mereplikasi apa saja yang ada dalam drama tersebut. Mulai dari seragam yang digunakan sampai menciptakan wahana mirip Squid Game, walaupun tanpa harus mengorbankan nyawa untuk ikut dalam permainan.

Squid Game mengisahkan 456 orang yang sedang terlilit utang dan terpaksa ikut dalam sebuah permainan yang tak pernah mereka tahu. Saat permainan pertama berlangsung, mereka baru tahu bahwa siapa pun yang kalah akan dibunuh di tempat oleh para penjaga berpakaian pink atau dengan senjata otomatis yang tersebar di berbagai sisi ruangan.

2. Dark Hole (2021).

Drama Korea bertema survival berbagai sumber

foto: imdb.com

Apa jadinya saat warga sebuah kota tiba-tiba menjadi mutan? Hal itulah yang ditemukan oleh Detektif Lee Hwa-sun saat tiba di kota Muji untuk menangkap seorang pembunuh suaminya.

Drama Korea yang diangkat dari serial webtoon ini mengisahkan warga kota Muji yang berubah menjadi mutan setelah menghirup asap gelap misterius. Hwa-sun berusaha bertahan hidup dan menyelamatkan warga sambil mengejar mengejar pembunuh suami yang ada di lokasi yang sama.

Di tempat tersebut, Hwa-sun ternyata tidak sendiri. Yoo Tae-han yang dulunya juga seorang detektif memilih hidup dan tinggal di Muji. Hwa-sun dan Tae-han pun bekerja sama untuk menyelamatkan para warga tidak terinfeksi asap gelap lebih parah lagi.

3. Happiness (2021).

Drama Korea bertema survival berbagai sumber

foto: imdb.com

Happiness merupakan drama fantasi yang menggambarkan sebuah kota yang mencapai titik terendah ketika kiamat datang. Di kota tersebut, wabah penyakit menular dengan penderita akan mengalami rasa haus yang tak kunjung reda.

Penyakit tersebut secara perlahan akan menuai korban dan menular dengan cepat di antara warga kota. Han Hyo-joo dan juga Park Hyung-sik yang baru saja menyelesaikan persoalannya masing-masing, terjebak di sebuah apartemen dan terkurung di dalamnya. Mereka ada dalam pilihan sulit. Keluar akan menemui para zombi yang tertular dan dipastikan akan membuat mereka juga tertular. Sementara, bertahan di apartemen bisa membuat mereka mati kebosanan. Mereka pun melakukan beragam strategi untuk bisa bertahan hidup.

4. Sweet Home (2020).

Drama Korea bertema survival berbagai sumber

foto: imdb.com

Sweet Home merupakan drama horor-thriller apokaliptik yang menampilkan pengalaman menonton yang menegangkan sekaligus menampilkan cerita yang unik. Cerita dimulai saat Cha Hyun-soo memutuskan pindah ke sebuah apartemen. Ia kemudian menyadari bahwa di tempat tersebut dikelilingi monster yang mencoba memusnahkan manusia. Karena itu, ia bersama banyak orang terjebak di dalam apartemen dan berusaha menyelamatkan diri.

5. Search (2020).

Drama Korea bertema survival berbagai sumber

foto: imdb.com

Search mengisahkan saat Yong Dong-jinm seorang sersan yang menjadi pawang anjing militer dengan keahlian khusus mampu melacak jejak musuh. Dong-jinm bertugas untuk mengungkap sebuah kasus misterius yang terjadi di zona demiliterisasi (DMZ) yang langsung berbatasan dengan Korea Utara.

Tanpa disangka di tempat tersebut, ia bertemu dengan Son Ye-rim, letnan senior dan perwira elit dari Korps Sekolah Universitas Wanita, dan saat ini menjadi perwira di Pusat Komando KCST. Selain itu, Ye-rim ternyata merupakan mantan pacar Dong-jinm yang sudah lama berpisah. Para tentara ini terus-menerus berjuang untuk bertahan hidup di tengah ketidakpastikan berada di wilayah perbatasan.

6. Kingdom (2019).

Drama Korea bertema survival berbagai sumber

foto: imdb.com

Kingdom berkisah tentang bagaimana setelah seorang raja tumbang, desas-desus menunjukkan bahwa dia tidak ada lagi. Kemudian Putra Mahkota Lee Chang (Ju Ji-Hoon) memulai perjalanan untuk menyelidiki kebenaran tentang kondisi ayahnya.

Dia kemudian melanjutkan untuk menemukan bahwa virus menular menyebar yang mengubah hidup menjadi mayat hidup. Di satu sisi, pertempuran adalah dengan orang-orang yang terinfeksi dan di sisi lain dengan orang-orang yang haus akan kekuasaan takhta. Semua orang berusaha menyelamatkan zombi dari wabah mematikan tersebut.

7. Missing 9 (2017).

Drama Korea bertema survival berbagai sumber

foto: imdb.com

Missing 9 bercerita tentang sebuah kecelakaan pesawat yang membawa 47 orang dan beberapa selebritis terkenal saat terbang ke Cina. Dalam pesawat tersebut, ada 9 selebritis terkenal dari Legend Entertainment. Mereka berencana menonton konser menggunakan pesawat pribadi yang tiba-tiba mengalami kecelakaan dan terjatuh di laut.

Sembilan orang yang selamat dari kecelakaan tersebut kemudian terdampar di sebuah pulau tak dikenal dan tak berpenghuni. Choi Tae-ho (Choi Tae-joon), seorang bassist yang selamat dari kecelakaan tersebut mengungkap diri yang sebenarnya. Tae-ho kemudian berencana melakukan aksi pembunuhan satu per satu orang yang dianggapnya sebagai saingan saat di Korea.

8. Liar Game (2014).

Drama Korea bertema survival berbagai sumber

foto: imdb.com

Liar Game berkisah Nam Da-jung (Kim So-eun), seorang mahasiswa polos yang lulus audisi kamera tersembunyi dan diundang untuk bergabung dengan reality show bernama Liar Game, permainan bertahan hidup psikologis ketika para peserta saling menipu dan yang akhirnya berhasil memenangkan hadiah uang sebesar Rp 10 miliar (USD 9,3 juta). Tergoda oleh kesempatan untuk melunasi hutangnya, Da-jung bergabung dengan permainan dan ditipu dari uang awal yang diberikan kepadanya. Dalam keputusasaan, dia meminta mantan penipu jenius dan mantan profesor psikologi Ha Woo-jin (Lee Sang-yoon) untuk membantunya memenangkan permainan.