Brilio.net - Mini drama Korea merupakan salah satu jenis dalam industri perfilman Korea sudah lama hadir. Mini drama biasanya hanya berlangsung singkat dan cukup bervariatif. Ada yang hanya 2-3 episode dengan durasi satu jam, ada pula yang berlangsung selama 4-6 episode dengan durasi yang cukup singkat.

Seperti halnya drama dan juga film Korea, mini drama hadir dengan tema yang cukup beragam. Mulai dari kisah romantis hingga kisah yang penuh dengan teka-teki.

Mini drama Korea bisa menjadi salah satu rekomendasi alternatif bila tidak cukup betah menonton drama Korea yang panjang atau film Korea yang hadir dengan durasi normal.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Selasa (15/2), berikut 7 mini drama Korea terbaik yang wajib ditonton, singkat tapi menyentuh.

1. Off the Course (2021).

Mini drama Korea terbaik berbagai sumber

foto: mydramalist.com

Off the Course merupakan mini drama Korea yang mengisahkan hubungan seorang wanita dan ibunya yang pergi untuk mencari pengantin pria yang melarikan diri dari pernikahan yang mereka rencanakan. Hal itulah yang menimpa Kang Soo-ji. Ia seharusnya melangsungkan pernikahan pada hari tersebut, tetapi gagal karena mempelai pria tiba-tiba kabur tanpa tanggung jawab.

Soo-ji benar-benar sedih dan bertekad mencari pria yang sudah membohonginya tersebut. Soo-ji pergi bersama ibunya, Kyeong-hye, melakukan pengejaran lucu untuk memburu pengantin pria yang membuat mereka jengkel. Namun, saat ibu dan anak ini melakukan perjalanan bersama, ternyata bukan hal mudah bagi mereka. Ada banyak hal yang mereka lalui seperti pertengkaran, membenci, kesalahpahaman, hingga akhirnya dapat saling memahami satu sama lain.

2. Individualist Ms. Jiyoung (2017).

Mini drama Korea terbaik berbagai sumber

foto: mydramalist.com

Mini drama Individualist Ms. Jiyoung atau The Happy Loner ini berkisah tentang kisah cinta menarik antara seorang soliter, penyendiri dan bahkan sulit berkomunikasi, dengan seorang yang tak bisa tidak harus berinteraksi dengan orang lain. Hal itulah yang menimpa Ji-young, seorang individualis akut yang tidak suka berinteraksi dengan orang lain.

Sementara itu ia menjalin hubungan romantis dengan Byeok-soo yang punya kepribadian yang sangat jauh berbeda dengan dirinya. Byeok-soo adalah tipe orang yang tidak bisa hidup tanpa berinteraksi dengan orang lain. Hubungan mereka yang bertolak belakang tersebut bukan perkara mudah saat mereka sama-sama menjalin interaksi dalam sebuah hubungan romantis.

3. If We Were A Season (2017).

Mini drama Korea terbaik berbagai sumber

foto: mydramalist.com

If We Were A Season mini drama yang mengisahkan Hae-rim dan Uhm Ki-seok, dua orang yang lahir pada hari yang sama. Mereka adalah sepasang teman masa kecil sekaligus cinta pertama karena mereka tinggal berdampingan sebagai tetangga.

Suatu hari, Oh Dong-kyung siswa pindahan baru dari Seoul datang ke sekolah mereka. Walaupun siswa baru, ia dikenal sebagai pemberani dan tak kenal takut untuk menyatakan apa yang dirasakannya. Oh Dong-kyung tak sungkan jika ia punya perasaan kepada Hae-rim. Hal inilah kemudian melahirkan cinta segitiga di antara para remaja ini.

4. Puck! (2016).

Mini drama Korea terbaik berbagai sumber

foto: mydramalist.com

Puck! berkisah tentang Joon-man yang tidak punya pilihan selain bekerja kepada seorang bos geng di lingkungannya. Hal ini dikarenakan istrinya mengutang uang terlalu banyak kepada seseorang rentenir.

Joon-man kemudian bekerja sebagai rentenir yang mau tak mau harus dijalaninya. Padahal, ia dikenal sebagai seorang yang hangat dan cukup ramah kepada semua orang. Bekerja sebagai rentenir membuatnya dianggap sudah berubah dan bukan lagi Joon-man yang dahulu pernah ramah.

5. Page Turner (2016).

Mini drama Korea terbaik berbagai sumber

foto: mydramalist.com

Page Turner merupakan mini drama Korea yang mengisahkan Yoo-seul, seorang gadis SMA yang sangat mahir memainkan piano. Ia banyak memenangkan berbagai macam kontes dan kejuaran piano karena memang sudah dilatih sejak kecil oleh ibunya.

Namun, suatu waktu, ia mengalami kecelakaan serius yang membuatnya berubah, termasuk keinginannya untuk tidak bermain piano lagi. Ia kemudian menjadi menjalani hidup barunya tanpa piano. Walaupun begitu, Cha-shik teman karibnya dan Jin-mook yang dulu pernah menjadi saingannya membantu Yoo-seul untuk kembali bermain piano dengan cara baru yang lebih nyaman dijalaninya.

6. Be Positive (2016).

Mini drama Korea terbaik berbagai sumber

foto: mydramalist.com

Be Positive atau Positive Physique merupakan mini drama Korea yang harus berlangsung sepanjang enam episode dengan durasi masing-masing hanya sekitar 10 menit. Drama ini mengisahkan Hwang-dong, seorang mahasiswa jurusan film yang mempersiapkan tugas akhirnya sebagai sutradara film. Saat itu, naskahnya sudah pernah berhasil memenangkan lomba. Walaupun begitu, ia banyak mengalami kesulitan untuk menyelesaikan tugas akhirnya.

Hwang-dong kemudian meminta bantuan kepada Hye-jun, mantan kekasihnya untuk menjadi pemeran utama dalam film garapannya tersebut. Hal ini kemudian membuat hubungan mereka dekat kembali setelah sebuah perseteruan memisahkan mereka.

7. Mimi (2014).

Mini drama Korea terbaik berbagai sumber

foto: mydramalist.com

Mimi merupakan mini drama Korea romantis yang hanya terdiri dari empat episode dan masing-masing berlangsung selama satu jam. Drama tersebut bercerita tentang kisah cinta seorang penulis webtoon dengan wanita dari masa lalunya. Ingatan yang hilang membawanya menelusuri tempat cinta dan tragedi ketika awal mereka dipertemukan.

Hal itulah yang terjadi pada Min-woo, penulis webtoon yang dikenal introvert dan punya masalah hilang ingatan sebagian. Hal ini membuat tak selalu berhasil mengingat jelas apa yang pernah dilakukannya. Suatu ketika, ia berusaha mengingat cinta pertamanya yang bernama Mimi yang membuatnya selalu dihantui hal misterius.