Brilio.net - Ada puluhan dan bahkan ratusan drama Korea yang hingga hari ini bisa dinikmati oleh seluruh penggemar drama Korea. Namun, dari sekian banyak drama-drama tersebut tentu ada banyak judul yang mesti disisihkan, apalagi ketika ingin menentukan drama mana yang wajib ditonton.

Drama-drama tersebut saling bersilang untuk memperebutkan diri di hadapan para penontonnya menjadi yang terbaik. Drama-drama tersebut menampilkan berbagai kisah menarik dan bahkan beberapa di antaranya menjadi drama Korea yang menghabiskan banyak biaya.

Drama-drama Korea wajib tonton ini dipastikan tanpa keraguan untuk segera menontonnya. Hadir dengan cerita menarik dan pemain yang pilih tanding, drama-drama ini layak untuk dipertimbangkan.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Rabu (26/1), berikut 15 drama Korea wajib tonton tanpa keraguan, ada banyak genre dan cerita.

1. Jirisan (2021).

Drama Korea wajib tonton berbagai sumber

foto: imdb.com

Jirisan berlatar Gunung Jiri, drama Korea Jirisan mengisahkan Seo Yi-kang yang dijuluki Dewa Hantu Gunung sedang mendaki ke wilayah misterius Gunung Jiri. Ia mendaki bersama Kang Hyun-jo, karyawan Taman Nasional Jirisan untuk menyelamatkan para penyintas dan trakker yang hilang. Drama ini mengisahkan bagaimana gunung tersebut sering didatangi banyak orang untuk membunuh atau mereka yang ingin mengakhiri hidupnya sendiri.

2. Squid Game (2021).

Drama Korea wajib tonton berbagai sumber

foto: imdb.com

Sejak tayang pertama kali pada 17 September 2021, Squid Game berhasil menarik animo penonton di seluruh dunia. Tidak hanya itu, serial drama survival ini berhasil menjadi fenomena dunia dan beberapa negara mencoba untuk mereplikasi permainan yang ditampilkan dalam serial ini.

Squid Game menceritakan 456 orang putus asa yang mempertaruhkan nyawanya untuk mengikuti serangkaian permainan demi meraih hadiah 45,6 miliar won atau setara Rp 555 miliar. Semua peserta tersebut harus melewati berbagai macam rintangan dalam permainan yang sebenarnya mereka sudah pernah mainkan saat masa kecil. Squid Game berhasil menjadi serial terlaris dan membuat banyak orang berlangganan Netflix di 90 negara.

3. The King's Affection (2021).

Drama Korea wajib tonton berbagai sumber

foto: imdb.com

Dinasti Joseon, selalu bisa menjadi latar belakang cerita drama Korea. Mulai dari drama thriller seperti Kingdom, atau juga seperti drama romantis keluarga seperti The King's Affection. Drama ini dimulai saat permaisuri putra mahkota melahirkan anak kembar laki-laki dan perempuan. Saat itu, anak kembar dianggap sebagai tanda kesialan dan mengharuskan sang permaisuri membunuh anak perempuannya.

Walaupun begitu, sang permaisuri menolak membunuh anak perempuannya dan mencoba menyelamatkannya dengan mengirimkan bayi tersebut secara diam-diam keluar dari istana. Sang permaisuri pun hanya mengurus anak laki-lakinya seorang diri. Namun, anak tersebut tak berumur lama, karena sakit tak berkesudahan dan akhirnya meninggal dunia. Sang permaisuri pun kembali mencari anak perempuannya dan berusaha menemukannya. Drama ini mengalir berdasarkan insting sang permaisuri yang saking mencintainya anak yang terpaksa ia kirim ke luar istana.

4. Dali and the Cocky Prince (2021).

Drama Korea wajib tonton berbagai sumber

foto: imdb.com

Dali and the Cocky Prince barangkali menjadi salah satu drama Korea yang menceritakan kisah cinta ala perkotaan elite. Drama ini mengisahkan Jin Moo-hak, pemuda sukses yang mengelola restoran waralaba global perusahaan Dondon F&B.

Ia kemudian bertemu dengan Kim Da-li yang berusaha ingin menyelamatkan museum seni yang terancam bangkrut dan ditutup. Pertemuan tersebut membawa mereka pada sebuah pertemuan intens dan membuat Moo-hak mau membantu museum tersebut.

5. Melancholia (2021).

Drama Korea wajib tonton berbagai sumber

foto: imdb.com

Melancholia merupakan drama Korea yang berlatar di sebuah SMA yang menjadi sarang korupsi. Ada kisah cinta seorang guru Matematika dan siswa SMA jenius yang terlibat skandal.

Empat tahun berlalu, keduanya bertemu kembali dan bertekad mengembalikan reputasi Im Yoon-so, guru Matematika yang terusir dan mengungkap kasus korupsi di SMA tersebut.

6. Hometown Cha-Cha-Cha (2021).

Drama Korea wajib tonton berbagai sumber

foto: imdb.com

Hometown Cha Cha Cha mengisahkan Yoon Hye-jin, seorang dokter gigi yang datang dari kota memutuskan untuk membuat klinik gigi di desa pelabuhan bernama Gongjin. Klinik tersebut berhasil dibuat berkat bantuan Hong Du-sik, seorang pemuda desa dengan berbagai pekerjaan yang sangat beragam. Sejak pertemuan itu, mereka menjalin interaksi yang intens hingga mereka menjalin hubungan asmara.

Selain menampilkan kisah cinta antara dua karakter utama tersebut, drama ini juga menampilkan suasana desa modern yang ada di pinggir pelabuhan. Warga desa sebagian besar bekerja sebagai nelayan dan menjadi buruh harian di pelabuhan di desa tersebut. Selain itu, drama ini juga menampilkan suasana guyub warga-warganya.

7. Hospital Playlist (2020-2021).

Drama Korea wajib tonton berbagai sumber

foto: imdb.com

Hospital Playlist merupakan drama Korea yang mengisahkan sekelompok dokter yang berumur 40-an tahun di sebuah rumah di Korea Selatan. Para dokter tersebut punya keahlian atau spesialisasi yang beragam. Walaupun begitu, para dokter tersebut kompak dan selalu bersama-sama menyelesaikan berbagai persoalan.

Mulai persoalan profesional di kedokteran maupun persoalan pribadi yang menyangkut persoalan perasaan mereka masing-masing. Diperankan oleh artis papan atas Korea, drama Korea Hospital Playlist ini ramai ditonton sampai musim kedua yang tayang pada 2021.

8. Sweet Home (2020-2021).

Drama Korea wajib tonton berbagai sumber

foto: imdb.com

Sweet Home diangkat dari webtoon dengan judul yang sama karya Kim Carnby dan Hwang Young-chan. Drama ini mengisahkan Cha Hyun-soo (Song Kang) yang hidup sebatang kara karena seluruh keluarganya tewas akibat kecelakaan. Hyun-soo harus pindah ke sebuah apartemen kumuh bernama Green Home.

Tanpa diduga, di apartemen tersebut ada sebuah monster yang mencoba untuk memusnahkan manusia. Hyun-soo dan penghuni lain mencoba melarikan diri dan berusaha selamat dari amukan monster tersebut. Walaupun tayang pada 20 Desember 2020, serial drama Sweet Home berhasil menjadi salah satu serial drama terlaris pada 2021. Drama ini berhasil mencatat 2,1 miliar tampilan bersih di seluruh dunia.

9. Mystic Pop-up Bar (2020).

Drama Korea wajib tonton berbagai sumber

foto: imdb.com

Mystic Pop-Up Bar berkisah saat Weol Ju (Hwang Jung-Eum) bunuh diri di bawah pohon keramat dan membawa nasib buruk ke kotanya. Ia kemudian dihukum untuk memecahkan masalah 100.000 orang. Hukuman tersebut merupakan satu-satunya cara untuk mencapai kehidupan setelah kematiannya. Terlepas dari kemampuan magisnya membaca mimpi dan Weol-Ju berjuang untuk memenuhi target dalam 500 tahun yang diberikan kepadanya.

Saat satu bulan tersisa, Weol-Ju untungnya bertemu dengan Han Kang-bae (Yook Sung-Jae), yang tahu akan kebenaran yang dialaminya. Kang-bae kemudian menjadi satu-satunya orang yang dicintai oleh Weol-Ju. Drama ini berhasil meramu kisah fantasi dengan pengalaman romantis para karakternya.

10. 18 Again (2020).

Drama Korea wajib tonton berbagai sumber

foto: imdb.com

18 Again berkisah tentang Jung Da-Jung yang menikah dengan Hong Dae-Young yang berusia 37 tahun. Mereka kemudian memiliki putra dan putri yang sudah berusia 18 tahun. Jung Da-Jung bekerja keras sebagai penyiar pemula dan dia memiliki hati yang hangat. Da-Jung benar-benar muak dengan Hong Dae-Young dan tidak dapat berurusan dengannya lagi. Hong Dae-Young dipecat dari pekerjaan yang dibangkannya dan dipandang rendah oleh keluarganya. Jung Da-Jung menyerahkan surat cerai pada Dae-Young.

Sementara itu, Hong Dae-Young memandang dirinya sebagai pria paruh baya pengangguran biasa. Dia menyesali hidupnya. Saat melamunkan hal tersebut, tubuhnya berubah menjadi orang berusia 18 tahun, sementara pikirannya masih seperti dirinya yang berusia 37 tahun. Kembali ke masa remajanya, Hong Dae-Young adalah pemain bola basket yang sangat baik dan juga populer. Sekarang, dengan tubuhnya yang berusia 18 tahun kembali, ia mengubah namanya menjadi Ko Woo-Young dan mulai menjalani kehidupan baru.

11. Something in the Rain (2018).

Drama Korea wajib tonton berbagai sumber

foto: imdb.com

Something in the Rain mengisahkan perjalanan Jin-ah, pengawas distrik berusia 30-an di waralaba kedai kopi Coffee Bay (jaringan Korea yang sebenarnya) dan Joon-hee, seorang animator berusia awal 30-an di pengembang video game Smilegate. Drama ini menggambarkan perjalanan kisah cinta mereka dengan perbedaan usia yang cukup jauh dan sering dianggap tabu oleh lingkungan sekitar mereka. Hingga suatu saat, mereka bisa memberanikan diri untuk memberitahu status hubungan mereka.

12. Reply 1988 (2015).

Drama Korea wajib tonton berbagai sumber

foto: imdb.com

Reply 1988 mengisahkan persahabatan 5 orang remaja SMA dan hidup bertetangga hingga mereka dewasa. Drama ini berlatar pada 1988 saat semua karakternya masih kecil dan bersahabat dengan baik.

Drama ini merupakan drama keluarga yang hangat dan tak jarang dapat membuat haru siapa pun yang menontonnya. Sebuah drama keluarga yang tak bosan untuk terus ditonton. Selain itu, drama ini berhasil meraih rating yang cukup ramai sekitar 18,8% pada saat penayangannya.

13. She Was Pretty (2015).

Drama Korea wajib tonton berbagai sumber

foto: imdb.com

She Was Pretty merupakan sebuah komedi romantis berdasarkan kisah nyata tentang dua kenalan masa lalu yang bertemu lagi setelah mereka mengalami pembalikan nasib dan penampilan. Berlatar belakang kantor penerbitan majalah mode, Kim Hye-jin, gadis cantik dari keluarga kaya, alias "Cha's", mengalami kesulitan hidup setelah bisnis keluarganya bangkrut. Kecantikan yang ia dapatkan dari hasil perawatan mahal pun hilang.

Sementara itu, Ji Sung-joon, seorang laki-laki yang sama sekali tak menarik dan rendah diri hadir secara kebetulan dengan Hye-jin. Sung-joon dikenal sebagai editor handal dan juga sukses. Hubungan yang sama sekali tak ideal ini membuat komunikasi kedua sering kali tersendat dan membuat satu sama lain tak mengerti. Drama ini penuh dengan hal-hal konyol yang dibumbui kisah romantis dua karakter utamanya.

14. Boarding House No. 24 (2014).

Drama Korea wajib tonton berbagai sumber

foto: imdb.com

Boarding House No. 24 berkisah tentang enam anak muda dengan kepribadian berbeda dan latar belakang berbeda. Mereka pindah dan tinggal ke sebuah rumah kos bersama. Mereka menjadi teman sekamar bukan hanya kebetulan, melainkan karena direncanakan oleh pemilik rumah. Pemilik rumah adalah seorang bujangan yang pernah menjadi seorang playboy dan pernah memiliki seorang anak yang sudah berusia 24 tahun.

Pemilik rumah tersebut mengumpulkan enam orang anak ini untuk mengetahui di mana anaknya saat ini. Penuh dengan adegan dan dialog kocak, drama ini tampil dengan sempurna. Selain itu, drama ini membuat siapa pun yang menontonnya bisa tertawa lepas begitu saja.

15. Modern Farmer (2014).

Drama Korea wajib tonton berbagai sumber

foto: imdb.com

Modern Farmer mengisahkan sebuah band vokal bernama Excellent Souls yang terdiri dari Lee Min-ki, Kang Hyeok, Yoo Han-cheol, dan Han Ki-joon. Semua anggota band ini sudah bosan hidup dengan rutinitas pada saat di Seoul.

Mereka kemudian merencanakan untuk pergi ke desa yang bertani di atas lahan peninggalan nenek Min-ki. Di desa yang lama ditinggalkannya tersebut menjadi momen saat ia bertemu dengan Kang Yoon-hee cinta pertamanya sekaligus pimpinan di desa tersebut.

(brl/guf)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/guf)