Brilio.net - Drama Korea yang paling direkomendasikan ada di berbagai platform streaming dan juga jaringan televisi yang bisa diakses secara daring. Dari berbagai platform tersebut memberikan rekomendasi drama Korea yang cukup beragam, mulai aksi, thriller, romantis, hingga komedi.

Drama-drama tersebut menampilkan berbagai cerita menarik yang bisa ditonton kapan pun tanpa harus merasa bosan. Selain itu, drama tersebut diperankan oleh para pemain drama Korea papan atas yang tak lagi diragukan.

Karena itu, drama Korea recommended ini menjadi salah satu pilihan dari puluhan drama-drama Korea yang sudah pernah tayang. Drama-drama berikut ini drama populer pada beberapa tahun terakhir ini.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Senin (24/1), berikut 15 drama Korea recommended berbagai platform, dari aksi hingga romantis.

1. Reflection of You (2021).

Drama Korea recommended berbagai platform berbagai sumber

foto: imdb.com

Reflection of You mengisahkan kehidupan Jeong Hee-joo (Go Hyun-jung) yang mengalami masa sulit selama masa mudanya, tetapi menjadi pelukis dan penulis esai yang sukses. Suaminya, Ahn Hyeon-seong (Choi Won-young) adalah orang yang kaya dan berkuasa.

Dengan dua anak, mereka tampaknya menikmati kehidupan keluarga yang sempurna, tetapi Hee-joo merasa seperti menghabiskan waktunya dengan sia-sia. Dia bertemu Gu Hae-won (Shin Hyun-been), seorang guru seni yang tidak memiliki kekayaan apa pun, tetapi masih penuh kehidupan.

2. Hello, Me! (2021).

Drama Korea recommended berbagai platform berbagai sumber

foto: imdb.com

Ban Ha-ni, seorang perempuan yang sudah berumur 37 tahun dan masih lajang sekaligus tampil sebagai seorang pemalu. Selain itu, ia juga mendapatkan posisi sementara di tempat kerja dan membuat dirinya khawatir bisa dipecat sewaktu-waktu. Sampai suatu saat kemudian, ia bertemu dengan dirinya sendiri yang masih berumur 17 tahun secara misterius.

Ban Ha-ni yang masih berumur 17 tahun tersebut bertolak belakang dengan Ha-ni yang 37 tahun. Ha-ni yang masih 17 tahun tampil menjadi anak remaja yang ceria, pintar, dan cantik. Dari penampakan tersebut, Ha-ni 37 tahun kemudian bisa belajar mencintai diri sendiri dan menyembuhkan luka hati yang pernah dialaminya

3. Squid Game (2021).

Drama Korea recommended berbagai platform berbagai sumber

foto: imdb.com

Sejak tayang pertama kali pada 17 September 2021, Squid Game berhasil menarik animo penonton di seluruh dunia. Tidak hanya itu, serial drama survival ini berhasil menjadi fenomena dunia dan beberapa negara mencoba untuk mereplikasi permainan yang ditampilkan dalam serial ini.

Squid Game menceritakan 456 orang putus asa yang mempertaruhkan nyawanya untuk mengikuti serangkaian permainan demi meraih hadiah 45,6 miliar Won atau setara Rp 555 miliar. Semua peserta tersebut harus melewati berbagai macam rintangan dalam permainan yang sebenarnya mereka sudah pernah mainkan saat masa kecil. Squid Game berhasil menjadi serial terlaris dan membuat banyak orang berlangganan Netflix di 90 negara.

4. Hometown Cha-Cha-Cha (2021).

Drama Korea recommended berbagai platform berbagai sumber

foto: imdb.com

Hometown Cha Cha Cha mengisahkan Yoon Hye-jin, seorang dokter gigi yang datang dari kota memutuskan untuk membuat klinik gigi di desa pelabuhan bernama Gongjin. Klinik tersebut berhasil dibuat berkat bantuan Hong Du-sik, seorang pemuda desa dengan berbagai pekerjaan yang sangat beragam. Sejak pertemuan itu, mereka menjalin interaksi yang intens hingga mereka menjalin hubungan asmara.

Selain menampilkan kisah cinta antara dua karakter utama tersebut, drama ini juga menampilkan suasana desa modern yang ada di pinggir pelabuhan. Warga desa sebagian besar bekerja sebagai nelayan dan menjadi buruh harian di pelabuhan di desa tersebut. Selain itu, drama ini juga menampilkan suasana guyub warga-warganya.

5. Extracurricular (2020).

Drama Korea recommended berbagai platform berbagai sumber

foto: imdb.com

Extracurricular mengisahkan sekelompok siswa sekolah menengah yang menjalankan sebuah bisnis ilegal. Semua bermula saat Oh Ji-soo menjalankan bisnis terlarang dan kemudian diketahui Bae Gyu-ri yang juga ingin bergabung menjalankan bisnis tersebut. Namun, semua berubah saat Seo Min-hee yang juga terlibat dalam bisnis itu ditangkap polisi. Bisnis yang awalnya menjadi jalan mereka mencari uang, mulai mengundang banyak petaka. Sejak itulah, petualangan siswa sekolah menengah ini dimulai.

6. Memorist (2020).

Drama Korea recommended berbagai platform berbagai sumber

foto: imdb.com

Memorist mengisahkan Dong Baek, seorang detektif kepolisian yang punya kemampuan untuk membaca ingatan orang. Dong Baek bekerja sama dengan profiler kriminal berbakat Han Sun-mi untuk menghentikan si pembunuh dan mencegah kematian lebih lanjut dalam serangkaian pembunuhan berantai.

Namun, saat mereka mengejar di pembunuh, kebenaran masa lalu mereka yang bermasalah terungkap dan membuah kasus pembunuhan tersebut semakin berbelit dan juga rumit daripada yang mereka duga.

7. Sweet Home (2020).

Drama Korea recommended berbagai platform berbagai sumber

foto: imdb.com

Jika ingin cerita drama Korea yang memberikan pengalaman terseru, Sweet Home bisa menjadi pilihan. Drama horor-thriller apokaliptik ini menampilkan pengalaman penonton menegangkan sekaligus menampilkan cerita yang unik. Cerita dimulai saat Cha Hyun-soo memutuskan pindah ke sebuah apartemen.

Cha Hyun-soo kemudian menyadari bahwa di tempat tersebut dikelilingi monster yang mencoba memusnahkan manusia. Karena itu, ia bersama banyak orang terjebak di dalam apartemen dan berusaha menyelamatkan diri.

8. Rookie Historian Goo Hae-ryung (2019).

Drama Korea recommended berbagai platform berbagai sumber

foto: imdb.com

Rookie Historian Goo Hae-ryung berkisah tentang Goo Hae-ryung, seorang wanita cerdas yang hidup di era Dinasti Joseon dan ingin menjadi seorang sejarawan. Namun, saat itu, status wanita masih dianggap sebagai kelas dua yang tidak boleh memiliki status sosial lebih tinggi daripada laki-laki.

Walaupun begitu, hal itu tidak membuatnya menyerah. Sampai suatu ketika, Hae-ryung bertemu dengan Dowon Yi-rim, pangeran kerajaan yang hobi membaca buku dan diam-diam menulis novel menggunakan nama samaran. Pertemuan tersebut kemudian membuat mereka saling nyambung dan merasa cocok satu sama lain.

9. Doctor Prisoner (2019).

Drama Korea recommended berbagai platform berbagai sumber

foto: imdb.com

Doctor Prisoner merupakan drama Korea kedokteran yang akan membawa ke jalan gelap balas dendam seorang dokter yang dituduh bersalah. Na Yi-Je (Namkoong Min) adalah seorang ahli bedah yang sangat baik yang dituduh melakukan malpraktek dalam sebuah kecelakaan yang bukan salahnya.

Karena itu, Yi-Je dikeluarkan dari rumah sakit dan reputasinya hancur. Yi-Je memutuskan untuk bekerja sebagai dokter di penjara dengan niat tertentu. Ia kemudian mengumpulkan koneksi yang cukup saat bekerja di penjara untuk membalas dendam kepada orang-orang yang bertanggung jawab atas nasibnya tersebut.

10. Hell Is Other People (2019).

Drama Korea recommended berbagai platform berbagai sumber

foto: imdb.com

Hell Is Other People mengisahkan Yoon Jong-woo (Im Si-wan) berusia 20-an yang pindah ke Seoul setelah mendapatkan magang di sebuah perusahaan. Saat mencari tempat tinggal, dia menemukan Eden Studio, sebuah asrama murah yang mengenaskan. Namun, ia tak punya pilihan lain karena tak punya uang banyak. Selain itu, asrama tersebut dihuni oleh penghuni yang dinilai banyak orang tidak normal.

Di asrama baru tersebut, ia bersebelahan dan bertetangga dengan Seo Moon-jo (Lee Dong-wook), seorang dokter gigi yang bekerja tak jauh dari asrama dan dianggap ramah. Namun, Moon-jo punya rahasia besar tentang dirinya yang tak pernah satu orang pun di asrama tersebut tahu kebenarannya.

11. The Hymn of Death (2018).

Drama Korea recommended berbagai platform berbagai sumber

foto: imdb.com

The Hymn of Death menggambarkan romansa tragis antara penyanyi sopran pertama Joseon Yun Sim-deok dan penulis drama jenius, Kim Woo-jin. Drama ini berkisah ketika Sim-deok berhasil merekam lagu "Praise of Death" yang sekaligus menandakan kelahiran lagu pop Korea pertama pada 1926.

Di tengah situasi perang yang mencekam, cinta Sim-deok disambut dengan baik oleh Woo-jin, seorang penulis drama panggung yang cukup dikenal. Cinta mereka kemudian bersemi di tengah dentuman perang dan sayang, nasib cinta mereka berakhir tragis.

12. Are You Human? (2018).

Drama Korea recommended berbagai platform berbagai sumber

foto: imdb.com

Are Yoo Human? berkisah tentang Oh Laura, seorang ilmuwan terkenal yang terpaksa dengan Nam Shin, putra kesayangannya saat usianya masih kecil. Selama bertahun-tahun tanpa anaknya tersebut, Oh Laura membuat robot AI dan menamainya dengan Nam Shin I, II, III, dan seterusnya. Saat bertahun-tahun kemudian, Nam Shin koma dan ia dalam keadaan bahaya sebagai seorang pewaris chaebol.

Oh Laura pun mengirimkan Nam Shin III untuk menggantikan tugas dan posisi Nam Shin untuk sementara waktu. Sementara itu, Kang So-bong yang baru saja dipecat dari tempat kerjanya menjadi pengawal Nam Shin III dan bertekad untuk memahami perilaku aneh dari robot tersebut. Namun, lambat laun ia malah jatuh cinta kepada robot tersebut dan bertekad untuk melindungi Nam Shin dari orang yang mencoba membunuhnya.

13. Lawless Lawyer (2018).

Drama Korea recommended berbagai platform berbagai sumber

foto: imdb.com

Jangan berharap para pengacara dalam drama Lawless Lawyers menjadi pengacara yang prima dan tepat untuk menegakkan hukum. Drama ini berpusat di sekitar dua karakter yang membentuk Firma Hukum Tanpa Hukum untuk menjatuhkan pejabat korup dan mereka yang menyalahgunakan kekuasaan mereka. Dalam drama ini, diceritakan Bong Sang-Pil (Lee Jong-Gi), mantan gangster yang dibesarkan oleh pamannya setelah pembunuhan ibunya.

Ia kemudian menjadi seorang pengacara dan tidak memiliki masalah menggunakan tinjunya, koneksi geng lamanya, dan celah dalam hukum untuk mencari keadilan. Di samping Sang-Pil, adav Ha Jae-Yi (Seo Yea-Ji) yang diberhentikan setelah menyerang seorang hakim. Walaupun begitu, karena integritasnya terhadap hukum, penyerangan tersebut tak sampai mencoreng namanya.

14. Suspicious Partner (2017).

Drama Korea recommended berbagai platform berbagai sumber

foto: imdb.com

Suspicious Partner mengisahkan Noh Ji-wook (Ji Chang-wook), seorang jaksa yang bekerja dengan seorang peserta pelatihan, Eun Bong-hee (Nam Ji-hyun) dalam kasus pembunuhan berantai yang dilakukan oleh seorang psikopat. Saat mereka mulai menyelidiki, Bong-Hee menjadi tersangka saat dia dan Ji-wook mencurigai pembunuh sebenarnya menderita amnesia.

Trauma masa lalu Ji-wook dan masa lalu Bong-hee kemudian membuat rangkaian cerita yang mereka sadari sebagai jalan pemecahan kasus.

15. The Lady in Dignity (2017).

Drama Korea recommended berbagai platform berbagai sumber

foto: imdb.com

The Lady in Dignity berkisah tentang Woo Ah-jin, seorang wanita Cheongdam-dong yang anggun dan hidupnya penuh kemewahan. Namun, Ahn Jae-suk, suaminya dan putra dari chaebol, berselingkuh dengan orang lain.

Ah-jin kemudian bertemu dengan Park Bok-ja, seorang wanita biasa yang bisa sampai ke kelas sosial atas walaupun berasal dari desa kecil. Sejak pertemuan tersebut, Bok-ja membawa kisah misterius yang akan menjadi penentu masa depan kehidupan Ah-jin.