Brilio.net - Film romantis Korea menjadi salah satu genre yang terus dinanti-nantikan kehadirannya. Genre tersebut menjadi salah satu genre terfavorit dengan menghadirkan kisah cinta yang cukup beragam. Mulai dari yang biasa hingga yang dianggap berbeda bagi banyak orang.

Selain itu, film romantis Korea membentang dari tahun ke tahun. Film-film tersebut turut bersaing, baik secara judul maupun alur cerita. Film romantis Korea diperankan oleh artis ternama dan membuat genre ini cukup populer dan mendatangkan banyak penonton.

Selain tema cinta yang menjadi topik utama, film romantis Korea memuat berbagai pesan yang dapat menjadi pelajaran hidup. Mulai dari saling mengerti kepada pasangan dan bagaimana memperlakukannya sebagaimana mestinya.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Jumat (28/1), berikut 13 film romantis Korea yang bikin baper, New Year Blues sentimental.

1. New Year Blues (2021).

Film romantis Korea yang bikin baper berbagai sumber

foto: imdb.com

New Year Blues menceritakan kisah cinta empat pasangan selama seminggu sebelum tahun baru. Kang Ji-hoo yang bertemu dengan Hyo-young yang sedang mengurus proses perceraian dengan suaminya. Pertemuan yang serba kebetulan tersebut membuat mereka semakin dekat ketika Hyo-young sah bercerai dengan suaminya.

Selain itu, ada kisah Jae-heon dan Jin-ah yang sama dipertemukan saat perjalanan di Argentina. Sementara itu, Yong-chan, seorang agen perjalanan yang menikah dengan Yao Lin yang berkebangsaan China. Walaupun pernikahan ini ditentang oleh kakak perempuan Yong-chan, hal itu tidak menghalangi cinta tersebut.

Kisah terakhir datang dari Rae-hwan yang selalu merasa kasihan kepada Oh-wol, pacarnya yang selalu menghadapi prasangka orang lain karenanya. Semua cerita ini terjalin satu per satu dan bagaimana masing-masing pasangan punya jalan terjalnya sendiri.

2. On Your Wedding Day (2018).

Film romantis Korea yang bikin baper berbagai sumber

foto: imdb.com

On Your Wedding Day mengisahkan saat Hwang Woo-yeon menerima undangan pernikahan dari Hwan Seung-hee, perempuan yang pernah menjadi cinta pertamanya di sekolah menengah. Woo-yeon mengenang semua hal yang terjadi pada dirinya dan juga saat masih bersama Seung-hee.

Woo-yeon kemudian pergi ke pernikahan Seung-hee dan mengucapkan terima kasih kepadanya karena telah menjadi bagian terbaik dari kehidupannya. Film ini mengisahkan keikhlasan seseorang saat orang dicintainya menikah dengan orang lain.

3. The Beauty Inside (2015).

Film romantis Korea yang bikin baper berbagai sumber

foto: imdb.com

The Beauty Inside mengisahkan Woo-jin yang selalu menjadi orang yang berbeda setiap harinya setelah bangun tidur. Sampai kemudian suatu hari ia jatuh cinta kepada Yi-soo dan berinteraksi secara intens dalam sehari. Namun, saat keesokan harinya, Woo-jin sudah menjadi orang lain dan tidak ingat apa pun tentang apa yang sudah dilakukannya sehari sebelumnya.

4. Architecture 101

Film romantis Korea yang bikin baper berbagai sumber

foto: imdb.com

Architecture 101 berkisah tentang Lee Seung-min yang baru saja menerima kunjungan di kantornya dari seorang wanita yang tak dikenalnya. Namun, setelah memperhatikan secara saksama, wanita tersebut adalah Yang Seo-yeon, seorang wanita yang pernah menjadi cinta pertamanya.

Pertemuan tersebut membawa mereka pada kenangan masa lalu yang pernah lalui di kelas Arsitektur 101. Sejak itu, mereka sering mengerjakan proyek bersama dan saling jatuh cinta.

Saat pertemuan kembali terseut, Seo-yeon meminta Seung-min untuk membantunya untuk membangun rumah impian Seo-yeon di Pulau Jeju. Perlahan, tapi pasti semua kenangan bersama mereka membuat mereka berdua rekat kembali, walau dalam kondisi yang tak sama lagi.

5. Love 911 (2012).

Film romantis Korea yang bikin baper berbagai sumber

foto: imdb.com

Film Love 911 menceritakan tentang asmara antara petugas pemadam kebakaran khusus dengan masa lalu yang menyakitkan dan dokter berhati dingin yang hanya berfokus pada kariernya. Kisah berawal ketika Kang-il, seorang petugas pemadam kebakaran harus kehilangan istri tercintanya dan dokter Mi-soo melakukan kesalahan diagnosis sehingga membuat nyawa orang lain meninggal dunia.

Film ini mengisahkan cerita pelik tentang kehilangan orang tercinta dan juga seorang dokter yang tak mau kehilangan pekerjaannya. Kang-il dan Mi-soo kemudian sering bersama dan punya ketertarikan satu sama lain.

6. Always (Only You) (2011).

Film romantis Korea yang bikin baper berbagai sumber

foto: imdb.com

Always atau yang juga hadir dengan judul Only You berkisah tentang Jang Cheol-min yang bekerja sebagai tukang parkir. Ia dikenal sebagai seorang pria yang punya masa lalu yang gelap dan misterius.

Suatu hari, Cheol-min didatangi oleh Ha Jung-hwa dan langsung duduk di kursi sebelah Cheol-min. Cheol-min kemudian sadar bahwa perempuan tersebut buta dan tidak bisa melihat apa-apa selain selalu bertanya kepadanya dirinya.

Saat Cheol-min menyalakan televisi, Jung-hwa selalu meminta Cheol-min untuk menjelaskan apa yang dilihatnya di layar televisi. Sampai suatu ketika, Cheol-min sadar bahwa Jung-hwa punya ikatan erat dengan masa lalunya.

7. Spellbound (2011).

Film romantis Korea yang bikin baper berbagai sumber

foto: imdb.com

Spellbound berkisah tentang pertemuan seorang wanita misterius dengan pria pesulap bernama Ma Jo-goo. Suatu ketika sedang menggelar pertunjukan, Jo-goo dibuat heran oleh seorang penonton yang melihat pertunjukan tanpa ekspresi.

Perempuan tersebut adalah Yeo-ri, seorang wanita muda yang sejak kecil dapat melihat hantu. Sejak pertemuan itu, mereka semakin dekat satu sama lain dan Jo-goo menyadari bahwa teman perempuan yang perlahan ia cintai tersebut punya kekuatan supranatural.

8. Miracle of Giving Fool (2008).

Film romantis Korea yang bikin baper berbagai sumber

foto: imdb.com

Miracle of Giving Fool berkisah tentang Seung-ryong yang mengalami kecelakaan bersama ayahnya. Ayahnya meninggal dunia, sementara Seung-ryong mengalami cedera otak. Hal membuat pertumbuhan mentalnya tersendat. Saat ini, ia berusia 27 tahun, sementara mentalnya seperti anak berusia 6 tahun. Selain itu, ibunya meninggal dunia beberapa tahun setelah kecelakaan maut tersebut.

Suatu hari, Ji-ho, hadir dalam kehidupan Seung-ryong di desa setelah tidak bisa melanjutkan kariernya sebagai seorang pianis. Hal ini disebabkan demam panggung yang tak bisa ia kendalikan. Pertemuan tersebut membuat kedua orang yang sama-sama punya persoalan secara mental tersebut menjadi teman main bersama dan berbagi cerita haru mereka.

9. 200 Pounds Beauty (2006).

Film romantis Korea yang bikin baper berbagai sumber

foto: imdb.com

200 Pounds Beauty berkisah tentang Kang Han-na yang punya suara yang luar biasa bagus dan ingin menjadi penyanyi pop terkenal. Namun, karena penampilan tubuhnya yang sangat besar, impian tersebut pun seolah pupus.

Hal itu kemudian membuat Han-na menyanyi tanpa dikenali wajahnya. Ia menjadi vokal untuk Amy, salah satu penyanyi populer yang cantik dan tampak lebih menarik untuk industri hiburan Korea.

Sampai suatu ketika, Han-na jatuh cinta kepada Sang-joon, produser musik Amy. Namun, cinta tersebut bertepuk sebelah tangan. Suatu ketika, ia menghadiri ulang tahun Sang-joon yang kemudian membuatnya trauma berkepanjangan. Hingga akhirnya ia menghilang selama satu tahun dan mengubah penampilannya secara drastis.

10. A Moment to Remember (2004).

Film romantis Korea yang bikin baper berbagai sumber

foto: imdb.com

A Moment to Remember berkisah tentang Kim Su-jin, seorang perancang busana yang membeli sebuah minuman, tetapi meninggalkannya di sebuah konter.

Namun, saat kembali, seorang pria berjalan keluar dari konter tersebut dengan membawa sekaleng minuman yang dipastikan adalah milik Su-jin. Tanpa basa-basi, Su-jin langsung mengambil minuman tersebut dan langsung menenggaknya.

Suatu hari, di sebuah lokasi konstruksi, Su-jin secara kebetulan melihat pria yang sama melakukan hal yang sama. Pria itu adalah Choi Chul-soo, mandor proyek konstruksi yang sedang di survei oleh Su-jin.

Mereka kemudian berkenalan dan Su-jin punya perasaan dan mencoba merayu Chul-soo. Lantas mereka menikah dan barulah pasangan ini menyadari bahwa Su-jin mengidap Alzheimer langka yang kerap membuatnya sering lupa.

11. My Little Bride (2004).

Film romantis Korea yang bikin baper berbagai sumber

foto: imdb.com

My Little Bride merupakan remake versi Korea dari film Hong Kong My Wife Is 18 (2002). Film ini mengisahkan Bo-eun yang terpaksa menikah dengan Sang-min karena tuntutan kakeknya. Padahal, Bo-eun sudah terlanjut jatuh cinta dengan Lee Jung-woo yang cukup populer di sekolahnya.

Bo-eun dan Sang-min kemudian menikah dan mereka merahasiakan hubungan tersebut. Bo-eun pun kembali mendekati Jung-woo dan mereka semakin dekat. Hingga suatu hari, Sang-min menjadi menjadi guru seni di sekolah tersebut. Hubungan yang tak diinginkan tersebut semakin sulit dihadapi Bo-eun dan membuatnya harus memilih sikap yang tegas.

12. Windstruck (2004).

Film romantis Korea yang bikin baper berbagai sumber

foto: imdb.com

Windstruck berkisah tentang Yeo Kyung-jin, seorang petugas polisi yang kebetulan sedang bersantai di sebuah tempat dan tidak bertugas tiba-tiba melihat penjambret yang melarikan diri. Kyung-jin pun mengejar penjambret tersebut dan menangkapnya. Penjambret itu bernama Go Myung-woo.

Kepala kepolisian kemudian membuat rencana agar Kyung-jin dan Myung-woo ditugaskan bersama untuk berpatroli di lokasi yang banyak siswa berkeliaran untuk meminimalisir kejahatan di lokasi tersebut. Mereka sering bersama dan membuat mereka saling jatuh cinta.

13. My Sassy Girl (2001).

Film romantis Korea yang bikin baper berbagai sumber

foto: imdb.com

My Sassy Girl merupakan film Korea yang mengisahkan tentang Gyeon-woo (Cha Tae-hyun) yang sedang jatuh cinta kepada gadis berhati dingin tanpa nama. Gyeon-woo rela melakukan apa pun untuk mendapatkan perhatian gadis yang diperankan oleh Jun Ji-hyun tersebut.

Saat Gyeon-woo sudah terlampau jauh akrab dengan sang gadis, ia pun kemudian tahun bahwa gadis tersebut menyimpan cerita yang menyesakkan. Walaupun tampak seperti kisah sedih, film ini malah jauh dari kesan tersebut.

Setelah sempat menjalin hubungan, mereka kemudian putus dan saling berkirim pesan dan memasukkannya dalam kapsul waktu yang akan mereka baca dua tahun setelahnya. Film ini berhasil menampilkan kisah romantis dengan dialog dan adegan kocak yang seru. Selain itu, film ini juga sudah di-remake ke dalam beberapa versi di berbagai negara, termasuk Indonesia.