1. Be With You (2018).

film Korea romantis terbaik sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

Be With You merupakan film Korea romantis terbaik sepanjang masa yang mengisahkan saat Im Soo-ah membuat janji kepada suaminya Jung Woo-jin sebelum benar-benar meninggal dunia. Soo-ah berjanji untuk kembali ke tempat mereka berdua tinggal satu tahun kemudian pada awal musim hujan.

Ajaibnya, ia menepati janji tersebut di hadapan suami dan putranya, tetapi ia tak punya ingatan apa-apa. Walaupun begitu, pertemuan tersebut membuat Woo-jin dan anaknya bahagia hingga akhir musim hujan selesai dan Soo-ah harus pergi meninggalkan mereka lagi. Be With You berhasil meraih rating 8,7/10 di Mydramalist.

2. A Moment to Remember (2004).

film Korea romantis terbaik sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

A Moment to Remember merupakan film Korea romantis terbaik sepanjang masa yang berkisah tentang Kim Su-jin, seorang perancang busana yang membeli sebuah minuman, tetapi meninggalkannya di sebuah konter. Namun, saat kembali, seorang pria berjalan keluar dari konter tersebut dengan membawa sekaleng minuman yang dipastikan adalah milik Su-jin. Tanpa basa-basi, Su-jin langsung mengambil minuman tersebut dan langsung menenggaknya.

Suatu hari, di sebuah lokasi konstruksi, Su-jin secara kebetulan melihat pria yang sama melakukan hal yang sama. Pria itu adalah Choi Chul-soo, mandor proyek konstruksi yang sedang di survei oleh Su-jin. Mereka kemudian berkenalan dan Su-jin punya perasaan dan mencoba merayu Chul-soo. Lantas mereka menikah dan barulah pasangan ini menyadari bahwa Su-jin mengidap Alzheimer langka yang kerap membuatnya sering lupa. A Moment to Remember berhasil meraih skor 8,6/10 di Mydramalist.

3. Always (2011).

film Korea romantis terbaik sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

Always merupakan film Korea romantis terbaik sepanjang masa yang mengisahkan Jang Cheol-min yang punya masa lalu gelap dan bekerja sebagai seorang juru parkir. Ia kemudian bertemu dengan Ha Jung-hwa, seorang perempuan buta yang membawanya pada pengalaman yang sering membuat mereka bersama. Suatu waktu, Jung-hwa datang ke pos parkir untuk menonton serial TV.

Walaupun awalnya Cheol-min bingung, tetapi karena Jung-hwa terus bertanya tentang apa yang terjadi dalam serial TV, mau tak mau Cheol-min menjelaskan apa yang dilihatnya. Sejak saat itu, pertemuan mereka semakin intens dan membuat mereka saling jatuh cinta. Always berhasil meraih skor 8,6/10 di Mydramalist.

4. The Beauty Inside (2015).

film Korea romantis terbaik sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

The Beauty Inside merupakan film Korea romantis terbaik sepanjang masa yang mengisahkan Woo-jin yang selalu menjadi orang yang berbeda setiap harinya setelah bangun tidur. Sampai kemudian suatu hari ia jatuh cinta kepada Yi-soo dan berinteraksi secara intens dalam sehari. Namun, saat keesokan harinya, Woo-jin sudah menjadi orang lain dan tidak ingat apa pun tentang apa yang sudah dilakukannya sehari sebelumnya. The Beauty Inside berhasil meraih skor 8,4/10 di Mydramalist.

5. My Sassy Girl (2001).

film Korea romantis terbaik sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

My Sassy Girl merupakan film Korea romantis terbaik sepanjang masa yang mengisahkan Gyeon-woo (Cha Tae-hyun) saat sedang jatuh cinta kepada gadis berhati dingin tanpa nama. Gyeon-woo rela melakukan apa pun untuk mendapatkan perhatian gadis yang diperankan oleh Jun Ji-hyun tersebut. Saat Gyeon-woo sudah terlampau jauh akrab dengan sang gadis, ia pun kemudian tahun bahwa gadis tersebut menyimpan cerita yang menyesakkan. Walaupun tampak seperti kisah sedih, film ini malah jauh dari kesan tersebut.

Setelah sempat menjalin hubungan, mereka kemudian putus dan saling berkirim pesan dan memasukkannya dalam kapsul waktu yang akan mereka baca dua tahun setelahnya. Film ini berhasil menampilkan kisah romantis dengan dialog dan adegan kocak yang seru. Selain itu, film ini juga sudah di-remake ke dalam beberapa versi di berbagai negara, termasuk Indonesia. My Sassy Girl berhasil meraih skor 7,8/10 di Mydramalist.

6. The Classic (2003).

film Korea romantis terbaik sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

The Classic merupakan film Korea romantis terbaik sepanjang masa yang mengisahkan perjalanan cinta Ji-hye dan Soo-kyeong saat sama-sama menyukai Sang-min, rekan satu klub dengan mereka. Mereka pun berusaha keras untuk mendapatkan perhatian pria idaman mereka dengan membuat sebuah surat yang ternyata menggunakan nama lain.

Ji-hye kemudian membantu menulis surat tersebut atas nama Soo-kyeong dan Sang-min tersentuh dengan surat tersebut. Kisah cinta segitiga ini berlangsung rumit apalagi dengan penampilan latar belakang para karakter utama film ini. The Classic berhasil meraih skor 8,2/10 di Mydramalist.

7. Love 911 (2012).

film Korea romantis terbaik sepanjang masa berbagai sumber

foto: imdb.com

Love 911 merupakan film Korea romantis terbaik sepanjang masa yang menceritakan tentang asmara antara petugas pemadam kebakaran khusus dengan masa lalu yang menyakitkan dan dokter berhati dingin yang hanya berfokus pada kariernya. Kisah berawal ketika Kang-il, seorang petugas pemadam kebakaran harus kehilangan istri tercintanya dan dokter Mi-soo melakukan kesalahan diagnosis sehingga membuat nyawa orang lain meninggal dunia.

Film ini mengisahkan cerita pelik tentang kehilangan orang tercinta dan juga seorang dokter yang tak mau kehilangan pekerjaannya. Kang-il dan Mi-soo kemudian sering bersama dan punya ketertarikan satu sama lain. Love 911 berhasil meraih skor 8,2/10 di Mydramalist.