Brilio.net - Kehidupan militer punya sejarah panjang di Korea, baik Korea Selatan maupun Korea Utara. Sebab, kedua negara serumpun tersebut pernah terlibat dalam perang saudara berkepanjangan hingga membuat kedua tersebut berseberangan secara ideologi maupun bentuk negara.

Kehidupan militer yang ditampilkan dalam drama Korea berhasil menangkap berbagai hal manusiawi yang dirasakan oleh para tentara. Atas nama negara, tentara yang barangkali berasal dari nenek moyang yang sama tersebut mengangkat senjata dan berperang.

Selain itu, walaupun aspek perang terasa lebih dominan, tetapi drama-drama tersebut masih bisa dinikmati dengan santai sembari membuka lembaran sejarah yang pernah pernah terjadi di semenangjung Korea.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Kamis (3/3), berikut 13 drama Korea terbaik kisahkan kehidupan militer, penuh perjuangan.

1. Military Prosecutor Doberman (2022).

drama Korea terbaik tentang militer berbagai sumber

foto: imdb.com

Military Prosecutor Doberman merupakan drama Korea terbaik kisahkan kehidupan militer tentang Do Bae-man, seorang jaksa militer yang berhasil meraih kesuksesan dan kekayaan dengan profesi tersebut. Walaupun begitu, ia berharap bisa berhenti dari pekerjaan sebagai jaksa militer.

Selain itu, Cha Woo-in yang berasal dari keluarga chaebol mulai bekerja sebagai jaksa militer pemula. Ia sangat percaya diri dan tidak takut kepada orang yang lebih berkuasa. Woo-in punya kemampuan investigasi yang sangat baik untuk seusianya. Walaupun tampak prestisius, menjadi jaksa militer merupakan ambisi Woo-in untuk membalas dendamnya. Walaupun masih sampai episode awal, Military Prosecutor Doberman berhasil meraih skor 8,7 di Mydramalist.

2. D. P. (2021).

drama Korea terbaik tentang militer berbagai sumber

foto: imdb.com

D.P merupakan drama Korea terbaik kisahkan kehidupan militer yang didasarkan pada webtoon populer yang mengumpulkan lebih dari 10 juta tampilan pembaca. Drama Korea terbaru 2021 genre action yang tayang pada Agustus ini menceritakan kisah Ahn Joon-ho (Jung Hae-in), seorang prajurit ditugaskan untuk mencari dan menangkap desertir militer. J

ung Hae-in, Koo Kyo-hwan, Kim Sung-hyun, dan Son Seok-koo berperan sebagai karakter utama yang akan mengeksplorasi masalah pelecehan dan hak asasi manusia di militer. Tampil dengan adegan laga, drama ini berhasil meraih skor 8,8 di Mydramalist.

3. Search (2020).

drama Korea terbaik tentang militer berbagai sumber

foto: imdb.com

Search merupakan drama Korea terbaik kisahkan kehidupan militer tentang Yong Dong-jinm, seorang sersan yang menjadi pawang anjing militer dengan keahlian khusus mampu melacak jejak musuh. Dong-jinm bertugas untuk mengungkap sebuah kasus misterius yang terjadi di zona demiliterisasi (DMZ) yang langsung berbatasan dengan Korea Utara.

Tanpa disangka di tempat tersebut, ia bertemu dengan Son Ye-rim, letnan senior dan perwira elit dari Korps Sekolah Universitas Wanita, dan saat ini menjadi perwira di Pusat Komando KCST. Selain itu, Ye-rim ternyata merupakan mantan pacar Dong-jinm yang sudah lama berpisah. Di tengah tugas profesional sebagai tentara, cinta mereka perlahan bersemi kembali dan membuat satu satu sama lain tumbuh perasaan saling jatuh cinta. Search berhasil meraih skor 8,2 di Mydramalist.

4. Crash Landing on You (2019).

drama Korea terbaik tentang militer berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Korea Crash Landing On You merupakan drama Korea terbaik kisahkan kehidupan militer tentang Yoon Se-ri (Son Ye-jin) seorang pengusaha sukses dan pewaris dari Korea Selatan yang menabrak tanah di Korea Utara saat paralayang karena badai tornado. Ia kemudian terjebak di pohon yang terletak di Zona Demiliterisasi Korea dan ditemukan oleh petugas Korea Utara bernama Ri Jeong-hyeok (Hyun-bin).

Hubungan mereka kemudian berlanjut menjadi romansa yang menghangatkan hati antara Jeong-hyeok yang berusaha menyembunyikan Se-ri dari tentara Korea Utara dan berusaha menerimanya kembali ke Korea Selatan. Crash Landing on You berhasil meraih skor 9 di Mydramalist.

5. Vagabond (2019).

drama Korea terbaik tentang militer berbagai sumber

foto: imdb.com

Vagabond merupakan drama Korea terbaik kisahkan kehidupan militer tentang pengalaman Cha Dal-gun saat mengalami kecelakaan pesawat dan Cha Hoon, keponakannya hilang dalam kecelakaan tersebut. Sampai suatu ketika ia bertemu dengan Go Hae-ri, seorang agen NIS yang pernah membantu proses evakuasi kecelakaan pesawat tersebut. Hae-ri menyatakan bahwa kecelakaan pesawat tersebut dilakukan sengaja dan melibatkan jaringan teroris internasional.

Dal-gun dan Hae-ri pun melakukan penyelidikan dan memeriksa semua informasi yang menjurus pada kecelakaan tersebut. Berlatar di tiga negara: Korea Selatan, Maroko, dan Portugal, drama ini berhasil menampilkan aksi memukau untuk mengungkapkan kecelakaan yang didesain sedemikian rupa. Vagabond berhasil meraih skor 8,5 di Mydramalist.

6. Mr. Sunshine (2018).

drama Korea terbaik tentang militer berbagai sumber

foto: imdb.com

Mr. Sunshine merupakan drama Korea terbaik kisahkan kehidupan militer yang bercerita saat tentara Amerika Serikat melakukan ekspedisi ke Dinasti Joseon pada 1871, seorang anak laki-laki terpukau melihat sekumpulan orang yang membawa senjata ke mana pun mereka pergi. Hal ini lalu membuatnya ingin ikut dengan tentara tersebut saat mereka mulai pergi dari Joseon. Hal itulah yang terjadi dalam drama Korea kolosal Mr. Sunshine.

Anak tersebut kemudian direkrut dan dididik sebagai seorang tentara yang kelak akan kembali ke Korea menjelang kekuasaan Dinasti Joseon melemah. Drama berlatar Korea era 1900-an ini menampilkan gejolak orang Korea yang menjadi tentara Amerika dan jatuh cinta kepada salah satu perempuan aristokrat kerajaan. Mr. Sunshine berhasil meraih skor 8,9 di Mydramalist.

7. Descendants of The Sun (2016).

drama Korea terbaik tentang militer berbagai sumber

foto: imdb.com

Descendants of The Sun merupakan drama Korea terbaik kisahkan kehidupan militer tentang Yoo Si-jin yang menjadi pimpinan pasukan elite fiksi dari Batalyon Misi Khusus ke-707 di Korea Selatan. Ia dikenal sebagai orang yang tak peduli dengan politik perang negaranya. Ia hanya percaya dan melindungi semua orang yang membutuhkan bantuan, membela negaranya, dan membela kehormatan anak buahnya.

Si-jin kemudian bertemu dengan Dokter Kang Mo-yeon yang menjadi pasukan dokter militer dan menjalin hubungan yang intens dengannya. Di tengah ketegangan perang, mereka perlahan menjadi hubungan romantis dan membuat drama ini menjadi salah satu drama action-romantis yang cukup legendaris. Drama ini berhasil meraih skor 8,7 di Mydramalist.

8. The King 2 Hearts (2012).

drama Korea terbaik tentang militer berbagai sumber

foto: imdb.com

The King 2 Heart merupakan drama Korea terbaik kisahkan kehidupan militer tentang Lee Jae-ha, putra mahkota yang rupawan, tetapi materialistis. Jae-ha kemudian diminta ayahnya untuk bergabung dengan militer Korea Utara agar putranya tersebut bisa menjadi lebih dewasa dan bisa memimpin kerajaan. Saat menjadi tentara Korea Utara, ia bertemu dengan Kim Hang-ah, perwira pasukan khusus Korea Utara sekaligus putri seorang pejabat tinggi militer. Mereka pun saling jatuh cinta dan kemudian memutuskan untuk menikah.

Saat pernikahan mereka digelar, identitas asli Jae-ha yang ternyata dari Korea Selatan terbongkar dan pertikaian dua kerajaan dan dua negara tersebut memanas. Cinta mereka berada di ujung tanduk konflik yang tak mungkin bisa didamaikan. The King 2 Hearts berhasil meraih skor 8,3 di Mydramalist.

9. Bridal Mask (2012).

drama Korea terbaik tentang militer berbagai sumber

foto: imdb.com

Bridal Mask merupakan drama Korea terbaik kisahkan kehidupan militer tentang Lee Kang-to yang menjabat sebagai perwira Korea yang bekerja di bawah komando tentara Jepang. Ia bertugas menangkap Bridal Mask atau topeng pengantin, seorang pemberontak misterius yang berjuang untuk kemerdekaan Korea. Ia kemudian menyamar sebagai Bridal Mask tanpa sepengetahuan seorang pun untuk menyalurkan rasa simpati yang tak bisa disalurkan saat menjadi pejabat Jepang.

Selain itu, ia jatuh cinta dengan Kimura Shunji, seorang guru sekolah Jepang yang lembut dan malah menyukai Mok-dan, seorang patriotik Korea. Cinta Kang-to bertepuk sebelah tangan dan membuatnya semakin menjadi seorang pribadi yang gelap dan tak lagi peduli dengan perjuangan rakyat Korea. Bridal Mask berhasil meraih skor 8,6 di Mydramalist.

10. City Hunter (2011).

drama Korea terbaik tentang militer berbagai sumber

foto: imdb.com

City Hunter merupakan drama Korea terbaik kisahkan kehidupan militer yang diadaptasi dari serial manga karya Tsukasa Hojo dengan judul yang sama. Drama ini mengisahkan Lee Yoon-sung, lulusan MIT berbakat yang bekerja sebagai tentara yang ada di tim komunikasi internasional di Blue House. Ia berencana membalas dendam pada lima politisi yang menyebabkan kematian ayahnya, Lee Jin-pyo.

Ia akhirnya menjadi "Pemburu Kota" yang takkan melepaskan targetnya begitu saja. Namun, saat menjalankan misinya, ia bertemu Kim Na-na yang menjadi pengawal anak presiden sekaligus sosok pujaan hatinya. City Hunter berhasil meraih skor 8,4 di Mydramalist.

11. Road Number One (2010).

drama Korea terbaik tentang militer berbagai sumber



foto: imdb.com

Road Number One merupakan drama Korea terbaik kisahkan kehidupan militer tentang cerita pilu Lee Jang-woo, yang tiba-tiba dikabarkan meninggal dunia di medan perang. Mengetahui kabarkan kekasihnya tersebut, Kim Soo-yeon pun memilih untuk segera move on agar tidak larut dengan kesedihan yang berkepanjangan. Ia kemudian bertemu dengan Shin Tae-ho dan segera melangsungkan pernikahan.

Namun, saat pernikahan dilangsungkan, Jang-woo kemudian muncul secara tiba-tiba dan mengatakan bahwa kabar tentang dirinya adalah sebuah kesalahan. Jang-woo sebenarnya berusaha untuk segera kembali ke Korea Selatan untuk bertemu dengan kekasihnya. Namun, sehari kemudian, Jang-woo dan Tae-ho harus pergi ke Utara dan karena Perang Korea sedang berlangsung dan mereka harus terlibat sebagai sikap sebagai seorang tentara. Kehidupan cinta mereka kacau seiring kekacauan yang ditimbulkan oleh perang saudara tersebut. Road Number One berhasil meraih skor 7,8 di Mydramalist.

12. Legend of the Patriots (2010).

drama Korea terbaik tentang militer berbagai sumber

foto: imdb.com

Legend of the Patriots atau juga disebut dengan judul Comrade Merupakan drama Korea terbaik kisahkan kehidupan militer saat Perang Korea berlangsung pada 1950-1953. Drama ini mengisahkan Lee Hyun-joong, seorang komandan pasukan perang Korea Selatan dan veteran perang yang punya daya juang tinggi untuk tentara. Saat perang berlangsung, ia bertemu dengan Lee Soo-kyung dan kembali teringat kenangan masa lalu mereka sebagai sepasang kekasih.

Namun, saat pertemuan tersebut, Soo-kyung bukan wanita biasa, melainkan seorang letnan dari pasukan Korea Utara. Drama ini menggambarkan bagaimana cinta berkecamuk di antara perang yang dapat menghancurkan segalanya, termasuk cinta yang pernah ada di antara mereka berdua. Legend of the Patriots berhasil meraih skor 8,3 di Mydramalist.

13. Iris (2009).

drama Korea terbaik tentang militer berbagai sumber

foto: imdb.com

Iris merupakan drama Korea terbaik kisahkan kehidupan militer tentang dua orang sahabat Kim Hyun-jun dan Jin Sa-woo yang dilatih oleh tentara Korea Selatan. Keduanya bekerja untuk NSS (National Security Service). Kemudian mereka jatuh cinta pada wanita yang sama, Choi Seung-hee.

Kehidupan mereka pun mulai berubah ketika Hyun-jun dijebak dengan ditugaskan ke Hongaria. Kisah cinta segitiga para tentara ini mewarnai intrik politik antara Korea Selatan dan Korea Utara. Iris berhasil meraih skor 8 di Mydramalist.