Brilio.net - Drama Korea sekolah romantis merupakan drama yang menceritakan kehidupan sekolah para remaja. Sekolah tidak hanya berisi dengan kegiatan belajar mengajar, melainkan juga kisah para murid yang juga punya cerita berkesan.

Cerita-cerita para remaja tersebut hadir ketika mereka semua pertama kali menjalin hubungan romantis. Karena itu, bagi banyak orang, cinta pertama ketika sekolah sering kali berkesan dan tak dapat dilupakan.

Pengalaman romansa tersebut yang kemudian menjadi bagian dari hidup para karakternya hingga usia dewasa, baik melanjutkan cinta pertamanya atau bersanding dengan orang lain yang dianggapnya lebih baik. Kisah-kisah tersebut tampil dengan begitu manis dan romantis ala remaja yang akan membuat siapa pun yang menontonnya tersenyum.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Kamis (20/1), berikut 13 drama Korea sekolah romantis, cinta pandangan pertama berbuah manis.

1. Melancholia (2021).

Drama Korea sekolah romantis manis berbagai sumber

foto: imdb.com

Melancholia merupakan drama Korea yang berlatar di sebuah SMA yang menjadi sarang korupsi. Ada kisah cinta seorang guru Matematika dan siswa SMA jenius yang terlibat skandal.

Empat tahun berlalu, keduanya bertemu kembali dan bertekad mengembalikan reputasi Im Yoon-so, guru Matematika yang terusir dan mengungkap kasus korupsi di SMA tersebut. Ia dikenal sebagai guru yang baik dan bekerja sama dengan Baek Seung-yoo yang ternyata punya bakat matematika luar biasa. Mereka kemudian menyelidiki apa yang terjadi di sekolahnya.

2. School 2021 (2021).

Drama Korea sekolah romantis manis berbagai sumber

foto: imdb.com

School 2021 menceritakan pertumbuhan, persahabatan, dan romansa anak berusia 18 tahun yang menghadapi masa depan yang tidak pasti. Kim Yo-han berperan sebagai Gong Ki-joon, mantan atlet Taekwondo yang harus menyerah pada mimpinya karena cedera parah pergelangan kakinya.

Selain itu, bisnis keluarga yang sudah dibangun bertahun-tahun tiba-tiba bangkrut. Suatu ketika, Ki-joon bertemu dengan Jung Young-joo, siswa pindahan yang ternyata punya masa lalu suram. Masa lalu Young-joo tersebut ternyata melibatkan Ki-joon dalam sebuah peristiwa rumit.

3. At a Distance, Spring Is Green (2021).

Drama Korea sekolah romantis manis berbagai sumber

foto: imdb.com

At a Distance, Spring Is Green mengisahkan Yeo-jun (Park Ji-hoon), seorang mahasiswa baru yang baru lulus SMA di Universitas Myeongil. Yeo-jun dikenal sebagai mahasiswa berparas tampan yang tumbuh di keluarga kaya serta disayangi banyak orang. Namun, tidak yang tahu bahwa Yeo-jun sangat menyimpan sisi kehidupannya yang lain dari kebanyakan orang.

Selama proyek kelompok, ia bertemu Nam Soo-hyun (Bae In-hyuk), tahun ke-3 di departemennya yang merupakan siswa straight-A. Berasal dari keluarga miskin, Soohyun hanya peduli dengan mendapatkan kredit sekolah dan uang untuk menghidupi keluarganya. Walaupun begitu, Yeo-jun kemudian jatuh cinta kepada Soo-hyun.

4. Replay: The Moment When It Starts Again (2021).

Drama Korea sekolah romantis manis berbagai sumber

foto: mydramalist.com

Replay: The Moment When It Starts Again berkisah tentang sekelompok siswa sekolah menengah yang melakukan petualangan saat menjelang akhir hari sekolah dengan membuat sebuah band. Namun, tidak lama setelah band tersebut terbentuk, masing-masing personel terjalin hubungan romantis. Hal ini kemudian membuat keberlanjutan band tersebut terancam karena sering kali para anggotanya tidak bisa membedakan mana urusan privat dan mana yang mesti dilakukan bersama.

Yoo Ha-young adalah penyanyi utama band dan cover lagunya pernah viral di YouTube. Walaupun terkenal dengan lagu cover, ia ingin dikenal lebih jauh dengan lagunya sendiri. Di sisi lain, Lee Ji-hoon, gitaris band, punya perasaan spesial kepadanya, begitu pula dengan Gong Chan-young yang merasakan hal yang sama. Di sisi lain, Lim Seo-eun dan Shim Tae-young mulai tampak tidak harmonis yang membuat masa depan band yang sudah dibentuk bersama ini dipertaruhkan.

5. Be My Boyfriend (2021).

Drama Korea sekolah romantis manis berbagai sumber

foto: imdb.com

Be My Boyfriend mengisahkan dua orang siswa sekolah menengah yang menjalin hubungan palsu untuk mengelabui banyak orang. Hal terjadi pada Lee Seung-min yang jatuh cinta kepada Oh Ji-na, seorang gadis berbakat dan populer di sekolahnya.

Suatu hari, Ji-na mendatangi dirinya dan menawarkan agar Seung-min menjadi pacar palsunya. Seung-min tentu saja kaget mendapat tawaran dari perempuan yang dicintainya tersebut, walau hanya untuk berpura-pura. Namun, lambat laun, hubungan tersebut membuat mereka semakin dekat layaknya orang pacaran sungguhan dan Seung-min berusaha untuk memenangkan hati Ji-na.

6. Let Me Be Your Knight (2021).

Drama Korea sekolah romantis manis berbagai sumber

foto: imdb.com

Let Me Be Your Knight mengisahkan Yoon Tae-in, seorang leader band LUNA, sedang mengalami gangguan tidur atau disebut sleepwalking. Suatu hari saat mengadakan konser dia tiba-tiba terjatuh di panggung. Setelah dibawa ke rumah sakit, malam harinya dia tertidur tapi sambil berjalan hingga tanpa sadar tidur di sebuah taman.

Menyadari masalah dengan dirinya, Tae-in kemudian bertemu dengan Kang Seon-joo, seorang dokter spesialis sleepwalking untuk mengatasi permasalahan tidurnya. Saat Tae-in diwajibkan berkonsultasi dengan Seon-joo, ia malah bertemu dengan In Yoon-joo yang kembar identik dengan Seon-joo. Kesalahpahaman pun sering kali terjadi dan hal itu membuat drama ini tampak lucu. Saking seringnya berkonsultasi, Tae-in pun punya perasaan kepada Seon-joo yang sering tertukar dengan saudara kembarnya.

7. The School Nurse Files (2020).

Drama Korea sekolah romantis manis berbagai sumber

foto: imdb.com

The School Nurse Files merupakan drama romantis-fantasi yang mengisahkan kehidupan Ahn Eun-young (Jung Yu-mi), seorang guru sekaligus perawat di sekolah yang memiliki kemampuan supernatural. Ia punya kemampuan untuk melihat makhluk-makhluk ajaib, seperti roh, monster, serta jeli-jeli yang kadang membahayakan keselamatan manusia.

Di sekolah tersebut, Eun-young kemudian bertemu dengan Hong In-pyo (Nam Joo-hyuk), guru bahasa Mandarin yang memiliki energi luar biasa. Energi tersebut mampu melindungi Hong In-pyo dari roh dan makhluk jahat bahkan mengisi energi Ahn Eun-young. Mereka berdua pun berpetualang untuk memecahkan misteri di sekolah.

8. Love Alarm (2019-2021).

Drama Korea sekolah romantis manis berbagai sumber

foto: imdb.com

Love Alarm berkisah tentang teknologi yang memungkinkan pengguna menemukan cintanya melalui aplikasi yang memberi tahu pengguna ketika seseorang dalam jarak 10 meter memiliki perasaan romantis terhadap mereka. Serial drama ini diadaptasi dari webtoon Daum dengan judul yang sama karya Chon Kye-young.

Dalam drama ini, dikisahkan gadis sekolah menengah menggunakan aplikasi seluler tersebut untuk menemukan orang yang dicintainya. Musim kedua serial ini mampu menyedot animo penonton untuk juga menonton musim pertamanya.

9. Live On (2020-2021).

Drama Korea sekolah romantis manis berbagai sumber

foto: imdb.com

Live On mengisahkan Baek Ho-rang (Jung Da-bin), seorang siswa sekolah menengah, sedang populer di media sosial karena cantik dan berkelas. Namun, di sisi lain, sikap angkuh dan dingin secara pribadi membuatnya mendapatkan banyak pembenci. Suatu hari, dia mendengar pesan aneh dari pengirim anonim yang sedang dibacakan di radio sekolah. Pesan itu mengingatkannya pada episode traumatis pada masa lalunya yang dia rahasiakan dari semua orang.

Pesan dari akun anonim tersebut juga mengancam akan memerasnya dan mengungkapkan rahasia masa lalunya kepada publik. Karena itu, Ho-rang memutuskan pada menit terakhir untuk bergabung dengan klub penyiaran, yang dipimpin oleh Go Eun-taek (Hwang Min-hyun) yang perfeksionis dan disiplin waktu untuk melacak orang yang mencoba memfitnah dan mencemarkan nama baiknya.

10. A Love So Beautiful (2020).

Drama Korea sekolah romantis manis berbagai sumber

foto: imdb.com

A Love So Beautiful merupakan drama Korea yang diangkat dari serial drama Tiongkok dengan judul yang sama. Drama ini mengisahkan lima teman sekolah menengah yang tetap berteman hingga mereka semua dewasa. Shin Sol-i (So Joo-yeon ) yang berusia tujuh belas tahun adalah seorang siswi ceria dari SMA Chun Ji. Dia naksir sesama salah satu siswa di sekolah sekaligus tetangganya, Cha Heon (Kim Yo-han).

Sol-i berulang kali menyatakan cintanya kepada Cha Heon yang tampak jauh, tetapi sebenarnya canggung untuk mengungkapkan perasaannya. Woo Dae-seong (Yeo Hoe-Hyun), seorang perenang nasional, pindah ke Sekolah Menengah Chun Ji dan jatuh cinta dengan Shin Sol-i. Mereka kemudian terlibat dalam sebuah cinta segitiga anak SMA.

11. True Beauty (2020-2021).

Drama Korea sekolah romantis manis berbagai sumber

foto: imdb.com

True Beauty mengisahkan Lim Ju-kyung (Moon Ga-young) yang punya perasaan rendah diri karena penampilannya. Ia terus dijelek-jelekkan oleh keluarga dan diintimidasi teman-temannya karena dinilai tidak cantik.

Bosan dengan perlakukan tersebut, Ju-kyung pun belajar tata rias wajah dari video tutorial make up di Internet. Ia kemudian berhasil mengubah penampilannya dan teman-teman sekolahnya memanggilkan dengan sebutan dewi.

12. Extraordinary You (2019).

Drama Korea sekolah romantis manis berbagai sumber

foto: imdb.com

Extraordinary You merupakan drama Korea yang mengisahkan Eun Dan-oh (Kim Hye-yoon), seorang siswa sekolah menengah di akademi bergengsi. Suatu hari, secara kebetulan, ia menemukan fakta bahwa dunia yang ditinggalinya ini adalah sebuah dunia fantasi dalam komik. Dia dan semua orang hanyalah karakter dalam buku komik berjudul Secret dan berada di bawah kuasa penulis mereka yang mahakuasa dan mahatahu.

Ditambah lagi, Dan-oh hanyalah karakter tambahan. Tidak puas dengan nasib tersebut, Dan-oh memutuskan untuk menempa nasibnya sendiri dengan mengubah plot cerita dan menemukan cinta sejatinya sendiri. Ia kemudian bertemu dengan siswa Nomor 13 (Rowoon) yang hadir tanpa nama. Nasib tersebut kemudian membawanya pada jalinan cerita yang tak pernah terduga.

13. Best Mistake (2019).

Drama Korea sekolah romantis manis berbagai sumber

foto: imdb.com

Best Mistake merupakan drama Korea yang mengisahkan Kim Yeon-doo, seorang gadis SMA yang pura-pura punya pacar dan mengunggah foto mereka di media sosial. Hal ini harus dilakukannya karena sudah bosan menolak teman sekolah yang menyukainya dan bahkan sering mengganggu.

Namun, masalah kemudian muncul karena foto yang diunggah tersebut adalah foto Ji Hyun-ho, teman satu sekolahnya. Dari ketidaksengajaan tersebut, mereka pun melakukan perjanjian dan membuat keduanya semakin dekat. Kedekatan tersebut akhirnya membuat Yeon-doo luluh dan jatuh cinta kepada Hyun-ho.

(brl/red)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/red)