Brilio.net - Menonton film saat sedang santai memanglah seru. Terlebih film yang kamu lihat bergenre komedi, romantis, ataupun horor. Bahkan, akan lebih asik jika kamu nonton film bersama pasangan maupun keluarga.

Film Korea menjadi salah satu rekomendasi untuk kamu saat ini bingung memilih dari sekian banyaknya film. Alur cerita selalu membuat kita larut ke dalam film, membuat rasa puas setelah menonton film Korea. Terlebih genre yang sedang kamu tonton adalah misteri.

Ya, film genre misteri selalu membuat kita terbawa dalam cerita yang disajikan. Tak jarang kita memikirkan mengenai kemungkinan apa yang akan terjadi, siapa dalang di balik kasus misteri dalam film. Berikut ini rekomendasi film Korea misteri yang telah brilio.net kutip dari berbagai sumber pada Kamis (10/2).

1. Memoir Of A Murderer (2017).

11 Rekomendasi film Korea misteri, alur The Day I Died bikin mikir © asianwiki.com

foto: asianwiki.com

Film bergenre misteri pertama berjudul Memoir Of A Muderer. Film arahan sutradara Won Shin-yeon ini mengambil cerita novel Salinjaui Gieokbeob, karangan Kim Young-ha.

Film ini bercerita tentang seorang dokter hewan bernama Byeong-soo. Ia hidup bersama putrinya di sebuah desa kecil pinggir kota. Meski hari-hari di lewati dengan biasa saja, namun ia merupakan pembunuh berantai.

Byeong-soo memiliki masa kelam dengan membunuh ayah kandungnya sendiri. Ia membunuh karena diperlakukan dengan keras oleh ayahnya. Hingga ia menganggap ada beberapa orang yang pantas untuk di bunuh.

Suatu ketika ayah dari Eun-hee ini mengalami kecelakaan yang mengakibatkan ia menderita alzheimer. Dari peristiwa itu, ia dibingungkan akan perbuatan masa lalunya.

2. The Wailing (2016).

11 Rekomendasi film Korea misteri, alur The Day I Died bikin mikir © asianwiki.com

foto: asianwiki.com

Film The Wailing menceritakan tentang bencana wabah yang menyerang sebuah desa. Pada awalnya departemen kepolisian menilai wabah yang menyerang penduduk desa di sebabkan oleh jamur beracun. Namun, terdapat rumor lain yang menyebut wabah tersebut dibawa oleh laki-laki misterius asal Jepang.

Jong-goo yang berprofesi sebagai detektif setempat berusaha mencari tahu sebab wabah ini muncul. Bahkan, anaknya ikut terjangkit wabah yang entah datang darimana. Akhirnya ia memberanikan diri untuk menemui pria misterius tersebut.

Saat sedang disibukan dengan pria yang di tuduh membawa wabah tersebut, ibu dari Jong-goo berusaha menyelesaikan masalah tersebut dengan cara memanggil paranormal.

3. Svaha: The Sixth Finger

11 Rekomendasi film Korea misteri, alur The Day I Died bikin mikir © asianwiki.com

foto: istimewa

Jika kamu senang dengan film misteri yang membahas mengenai aliran-aliran tertentu, maka film Svaha: The Sixth Finger jangan sampai kamu lewatkan. Film arahan Jang Jae-hyun menyajikan cerita mengenai sekte sesat yang ada di Korea Selatan.

Film tersebut menceritakan Pastor Park yang sedang melakukan studi mengenai aliran-aliran yang ada di Korea. Hingga pada akhirnya ia tertarik untuk meneliti sebuah sekte bernama Svaha. Ia memerintahkan temannya untuk menyusup mengikuti ajaran dari sekte tersebut.

Di sisi lain, telah terjadi pembunuhan yang dilakukan oleh orang misterius. Polisi Hwang mengira itu adalah ulah dari ajaran sesat di wilayahnya.

4. The Handmaiden (2016).

11 Rekomendasi film Korea misteri, alur The Day I Died bikin mikir © asianwiki.com

foto: asianwiki.com

Film The Handmaiden arahan sutradara Park Chan-wook ini mengambil latar saat penjajahan Jepang di atas tanah Korea Selatan. Cerita dari film ini diambil dari novel karya Sarah Waters yang berjudul Fingersmith.

Film ini mengisahkan tentang seorang penipu bernama Count Fujiwara. Ia mempekerjakan seorang gadis remaja bernama Sook-hee. Mereka berencana untuk menipu seorang putri bernama Lady Hideko.

Namun, apa daya misi yang mereka jalankan tidak sesuai dengan rencana. Hingga mereka jatuh ke dalam situasi yang sulit.

5. The Silenced (2015).

11 Rekomendasi film Korea misteri, alur The Day I Died bikin mikir © asianwiki.com

foto: asianwiki.com

Film misteri selanjutnya berjudul The Silenced. Mengambil latar waktu tahun 1938, film ini mengisahkan mengenai anak remaja bernama Joo-ran. Ia disekolahkan oleh ibunya di Keijyo. Saat itu pendidikan masih menggunakan kurikulum dari Jepang. Sehingga, ia diwajibkan untuk tinggal di asrama bersama teman-temannya.

Joo-ran berteman baik dengan ketua kelas bernama Yeon-duk. Mereka kerap menghabiskan waktu bersama. Hingga datang di suatu titik, mereka menyadari ada banyak murid yang hilang secara misterius. Karena penasaran, mereka berusaha mengungkap apa yang terjadi. Akankah mereka dapat berhasil selamat dari misteri di lingkaran tentara Jepang?

6. Office (2015).

11 Rekomendasi film Korea misteri, alur The Day I Died bikin mikir © asianwiki.com

foto: istimewa

Film Office memiliki alur yang membuatmu ikut larut dengan ceritanya. Bercerita tentang seorang bernama Kim Byeong-Gook yang bekerja di sebuah perusahaan. Namun, ketegangan mulai naik saat ia membunuh seluruh keluarganya dan menghilang.

Jong-hoon dari kepolisian setempat berusaha mengungkap kasus ini, dan menangkap Byeong-gook. Dari hasil penelusurannya, ia mendapati Byeong-gook kembali ke kantornya setelah ia membantai seluruh keluarganya.

Investigasi pun sangat intens dilakukan di area kantor Byeong-gook bekerja. Satu persatu karyawan diminta keterangan mengenai Byeong-gook. Sayangnya Jong-hoon tidak mendapatkan cukup petunjuk.

Masalah kembali muncul setelah satu per satu dari karyawan perusahaan tersebut mati secara misterius. Apakah Jong-hoon berhasil menyingkap kasus yang ia kerjakan atau malah ia menjadi target pembunuhan selanjutnya?

7. The Day I Died: Unclosed Case (2020).

11 Rekomendasi film Korea misteri, alur The Day I Died bikin mikir © asianwiki.com

foto: asianwiki.com

Film yang diarahkan sutradara Park Ji-wan ini membuat kamu hanyut dengan kisah misteri bunuh diri di dalam film tersebut. Film ini mengisahkan seorang gadis yang bernama Se-jin yang dikabarkan bunuh diri karena depresi. Ia sangat stres saat mengetahui ayahnya merupakan seorang pembunuh. Namun kematian Se-jin masih menimbulkan tanda tanya karena ia meninggalkan sebuah surat wasiat.

Hyun-soo yang merupakan detektif di wilayah tersebut berinisiatif mengambil kasus tersebut. Sebab, ia mencium ada sebuah kejanggalan, di mana mayat dari Se-jin tidak ditemukan.

Investigasi yang dilakukan detektif Hyun-soo berbuah manis, saat ia bertemu dengan Soon Chun-daek. Ia sedikit menemukan sebuah petunjuk dari wanita bisu tersebut.

8. Forgotten (2017).

11 Rekomendasi film Korea misteri, alur The Day I Died bikin mikir © asianwiki.com

foto: asianwiki.com

Film ini memiliki kisah yang penuh misteri. Bermula saat Jin-seok pindah ke sebuah rumah baru. Ia memiliki seorang kakak yang sangat dikagumi bernama Yoo-suk.

Saat mereka akan menghuni rumah baru, pemilik sebelumnya mengimbau untuk tidak membuka kamar terlarang. Hingga pada suatu malam, Jin-seok diganggu oleh suara-suara aneh yang datang dari kamar terlarang.

Masalah muncul saat Jin-seok mengajak kakaknya untuk jalan-jalan malam. Namun, hal tersebut membawa petaka bagi mereka. Kakak yang disayangi diculik sekelompok orang tak dikenal.

Selang beberapa hari setelah peristiwa tersebut, Yoo-suk kembali dengan utuh. Namun, terdapat kejanggalan setelah kepulangannya. Yoo-suk seakan menampilkan sikap yang bukan dirinya. Hal tersebut membuat Jin-seok mencoba menggali apa yang sebenarnya telah terjadi kepada kakaknya tersebut.

9. Me And Me (2020).

11 Rekomendasi film Korea misteri, alur The Day I Died bikin mikir © asianwiki.com

foto: asianwiki.com

Film Me And Me merupakan film bergenre misteri garapan dari Acemaker Movie Work. Film tersebut disutradarai Jung Jin-young. Mengisahkan tentang seorang detektif profesional bernama Hyeong-goo.

Suatu hari ia ditugaskan untuk menyelesaikan kasus kebakaran yang terjadi di sebuah desa yang menewaskan pasangan suami istri, Soo-Hyuk dan Yi-young. Soo-hyuk yang merupakan seorang guru memiliki masalah di dalam keluarganya. Usut punya usut, pasangan tersebut dinilai memiliki kutukan.

Saat sedang melakukan investigasi di tempat kejadian, Detektif Hyeong-goo malah diajak berpesta hingga mabuk berat. Namun, ketika ia terbangun di pagi hari, keadaan berubah drastis. Hyeong-goo yang semula detektif, dipanggil guru oleh masyarakat setempat.

10. Warning: Do Not Play (2019).

11 Rekomendasi film Korea misteri, alur The Day I Died bikin mikir © asianwiki.com

foto: asianwiki.com

Film Warning: Do Not Play mengisahkan tentang sutradara bernama Mi-Jung. Ia sangat terobsesi dengan film bergenre horor. Suatu ketika saat menulis sebuah naskah untuk filmya, ia mengalami kebuntuan ide. Sehingga, ia menceritakan masalahnya kepada juniornya.

Kim Joon-seo yang juga memiliki pengalaman di bidang film horor menyarankan untuk menonton sebuah film horor. Namun yang dimaksud oleh Joon-seo bukan film horor biasa. Melainkan film yang pernah merenggut nyawa penontonnya.

Semakin penasaran dengan film tersebut, akhirnya Mi-jung menemui sutradara bernama Jae-hyun. Namun bukan jawaban pasti yang diterima oleh Mi-jung, malah larangan untuk tidak membahas film tersebut. Akan tetapi Mi-jung tetap melanjutkan penelusurannya mengenai film yang diberi judul Warning itu. Hingga ia terjebak kedalam sebuah masalah karena melanggar aturan dari Jae-hyun.

11. Gonjiam: Haunted Asylum.

11 Rekomendasi film Korea misteri, alur The Day I Died bikin mikir © asianwiki.com

foto: asianwiki.com

Pada tahun 1979 ada peristiwa pilu sekaligus mengerikan yang terjadi di Korea Selatan. Sebanyak 42 pasien Rumah Sakit Jiwa Gonjiam melakukan bunuh diri secara massal. Hingga pada akhirnya rumah sakit tersebut ditinggalkan terbengkalai dan menjadi tempat wisata angker.

Karena misteri yang melekat pada rumah sakit jiwa tersebut, Wi Ha-joon berencana masuk ke dalamnya. Ha-joon merupakan YouTuber asal Korea yang sedang naik daun. Ia beserta ke enam temannya berencana membuat konten live masuk kedalam rumah sakit tersebut. Karena mereka yakin, dengan konten masuk ke tempat angker akan mendapatkan pundi-pundi uang.

Namun, apa daya mereka malah mendapatkan sebuah teror demi teror dari makhluk tak kasat mata. Akankah misteri dari Rumah Sakit Jiwa Gonjiam ini dapat diungkap oleh mereka?