Brilio.net - Drama Korea bertema teknologi menjadi salah satu tema yang cukup menarik diikuti. Dalam beberapa tahun terakhir, tema tersebut lebih sering hadir dan tentu saja berbalut dengan kisah cinta yang kadang cukup janggal.

Walaupun begitu, drama yang mengangkat tema tersebut menjadi sebuah fantasi sendiri bagi kehidupan manusia dan teknologi. Selain itu, drama Korea bertema teknologi tersebut memuat berbagai hal menarik, mulai dari logika algoritma dan impian robot yang kelak bisa membantu kehidupan manusia, mulai membantu untuk kehidupan sehari-hari maupun bisa memprediksi alam.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Senin (28/2), berikut 11 rekomendasi drama Korea tentang teknologi berbalut kisah cinta.

1. Forecasting Love and Weather (2022).

drama Korea tentang teknologi  berbagai sumber

foto: imdb.com

Forecasting Love and Weather merupakan rekomendasi drama Korea tentang teknologi yang mengisahkan Park Min-young yang berperan sebagai Jin Ha-kyung, peramal umum Divisi 2 Administrasi Meteorologi Korea (KMA). Di kantor tersebut, ada berbagai orang yang sama seperti Lee Shi-woo, penanggung jawab Divisi Pelaporan Khusus 2 KMA, Han Ki-joon, informan kantor juru bicara KMA, dan juga Chae Yoo-jin, reporter cuaca untuk surat kabar harian.

Drama ini menggambarkan kisah cinta ceria orang-orang yang bekerja di Administrasi Meteorologi Korea yang hancur, jatuh dan bangkit kembali, serta kehidupan sehari-hari mereka bersama di kantor yang perjuangkan selama ini.

2. Start-Up (2020).

drama Korea tentang teknologi  berbagai sumber

foto: imdb.com

Start-Up merupakan rekomendasi drama Korea tentang teknologi yang mengisahkan Lembah Silikon fiksi di Korea Selatan yang disebut Sandbox. Drama ini fokus menceritakan kisah orang-orang yang bergelut di dunia startup yang saat ini digemari banyak orang untuk menjadi seorang yang tak hanya disebut sebagai wirausahawan.

Drama ini mengisahkan Seo Dal-mi, wanita muda yang cerdas dan penuh ambisi untuk mewujudkan mimpinya menjadi Steve Jobs Korea. Walaupun tak punya latar belakang yang mewah, ia punya semangat dan daya juang yang tinggi. Ia kemudian bertemu dengan Nam Do-san, pendiri Samsan Tech yang terkenal jenius matematika. Mereka kemudian bekerja bersama di Lembah Silikon dan saling jatuh cinta.

3. My Holo Love (2020).

drama Korea tentang teknologi  berbagai sumber

foto: imdb.com

My Holo Love merupakan rekomendasi drama Korea tentang teknologi yang bercerita tentang Han So-young, seorang wanita karir yang cukup sukses dalam pekerjaannya. Sayangnya, ia mempunyai penyakit unik yaitu prosopagnosia yang membuatnya sulit mengenali wajah orang. Sementara itu, Go Nan-do, seorang programmer jenius yang berhasil membuat teknologi AI (Artificial Intelligence) Hologram bernama Holo.

Holo hanya bisa dilihat menggunakan kacamata khusus. Untuk melindungi ciptaannya tersebut, Nan-do tak sengaja menyelipkan kacamata tersebut kepada So-young saat mereka papasan. Sampai kemudian So-young merasa bertemu dengan Holo dan mengerti segala hal tentang So-young serta cukup pengertian.

4. SF8 (2020).

drama Korea tentang teknologi  berbagai sumber

foto: imdb.com

SF8 merupakan rekomendasi drama Korea tentang teknologi yang bercerita tentang orang-orang yang memimpikan masyarakat yang sempurna. Ini menangani tema kecerdasan buatan, augmented reality, virtual reality, robot, game, fantasi, horor, kekuatan super dan bencana. Drama ini terdiri dari beberapa bagian yang mengisahkan berbagai robot dalam berbagai dimensi.

Salah satunya adalah kisah Gan Ho-Joong (Lee Yoo-Young), robot cerdas dan perawat. Dia bertanggung jawab untuk merawat dua wanita: seorang ibu yang koma selama 10 tahun dan putrinya Jung-in ( Lee Yoo-young). Jung-In mengalami masalah keuangan dan emosional yang parah. Dia memutuskan untuk bunuh diri karena stresnya. Gan Ho-joong sedih jika dia harus menyelamatkan ibu atau anak perempuannya.

5. Rugal (2020).

drama Korea tentang teknologi  berbagai sumber

foto: imdb.com

Rugal merupakan rekomendasi drama Korea tentang teknologi yang menceritakan Kang Gi-beom (Choi Jin-hyuk), seorang perwira polisi elit yang berusaha menjatuhkan salah satu organisasi kriminal terbesar Korea Selatan, Argos. Sebagai pembalasan atas usaha tersebut, istri Gi-beom dibunuh oleh pembunuh bayaran yang dikirim oleh Argos. Gi-beom kemudian dibutakan dan dijebak atas pembunuhan tersebut.

Kang Gi-beom kemudian direkrut oleh NIS untuk bergabung dengan satuan tugas khusus yang dikenal sebagai "Rugal", yang anggotanya dilengkapi dengan bioteknologi yang memberi mereka kemampuan supranatural. Setelah menerima dua bola mata buatan untuk mendapatkan kembali penglihatannya, Kang Gi-beom berangkat untuk membersihkan namanya dan membawa mereka yang bertanggung jawab atas kematian istrinya ke pengadilan.

6. Please Don’t Date Him (2020).

drama Korea tentang teknologi  berbagai sumber

foto: imdb.com

Please Don’t Date Him merupakan rekomendasi drama Korea tentang teknologi yang menceritakan Seo Ji-seong (Song Ha-yoon) seorang pengembang peralatan rumah tangga yang bermimpi untuk menjalani kehidupan seperti algoritma yang dirancang dengan baik. Ia dikenal sebagai Manajer Pelican Electronics 'Voice Recognition Smart Home Appliance Ubiquitous Innovation Development Team', seorang programmer peralatan rumah tangga yang dikendalikan AI.

Ji-seong kemudian bertemu dengan Jung Kook-hee (Lee Jun-young), Pemadam Kebakaran Tim Penyelamat Keselamatan Kehidupan Stasiun Pemadam Kebakaran Paus selama 3 tahun yang tidak punya media sosial dan tidak mempunyai jejak digital. Hal ini membuatnya sulit untuk mengidentifikasi siapa Kook-hee sebenarnya.

7. Love Alarm (2019).

drama Korea tentang teknologi  berbagai sumber

foto: imdb.com

Love Alarm merupakan rekomendasi drama Korea tentang teknologi yang berkisah tentang teknologi yang memungkinkan pengguna menemukan cintanya melalui aplikasi yang memberi tahu pengguna ketika seseorang dalam jarak 10 meter memiliki perasaan romantis terhadap mereka. Serial drama ini diadaptasi webtoon Daum dengan judul yang sama karya Chon Kye-young.

Dalam drama ini, dikisahkan gadis sekolah menengah menggunakan aplikasi seluler tersebut untuk menemukan orang yang dicintainya. Musim kedua serial ini mampu menyedot animo penonton untuk juga menonton musim pertamanya.

8. Absolute Boyfriend (2019).

drama Korea tentang teknologi  berbagai sumber

foto: imdb.com

My Absolute Boyfriend merupakan rekomendasi drama Korea tentang teknologi yang mengisahkan Um Da-da, seorang penata rias dengan efek khusus yang secara diam-diam berkencan dengan aktor populer Ma Wang-joon yang sedang naik daun. Mereka sudah menjalin hubungan tersebut selama tujuh tahun.

Ketenaran Wang-joon membuatnya sulit membagi waktu untuk mengurus hubungannya dengan Da-da. Hubungan mereka pun mulai renggang. Sampai suatu ketika, robot humanoid Zero Nine diprogram untuk bisa jatuh cinta dan setia kepada satu orang. Sampai suatu ketika robot tersebut tak sengaja mencium Da-da dan membuatnya jatuh cinta kepada perempuan tersebut. Bahkan, Zero Nine dan Da-da semakin dekat hingga kemudian menjadi sepasang kekasih antara robot dan manusia.

9. Are You Human Too? (2018).

drama Korea tentang teknologi  berbagai sumber

foto: imdb.com

Are You Human Too? merupakan rekomendasi drama Korea tentang teknologi yang berkisah tentang Oh Laura, seorang ilmuwan terkenal yang terpaksa dengan Nam Shin, putra kesayangannya saat usianya masih kecil. Selama bertahun-tahun tanpa anaknya tersebut, Oh Laura membuat robot AI dan menamainya dengan Nam Shin I, II, III, dan seterusnya. Saat bertahun-tahun kemudian, Nam Shin koma dan ia dalam keadaan bahaya sebagai seorang pewaris chaebol.

Oh Laura pun mengirimkan Nam Shin III untuk menggantikan tugas dan posisi Nam Shin untuk sementara waktu. Sementara itu, Kang So-bong yang baru saja dipecat dari tempat kerjanya menjadi pengawal Nam Shin III dan bertekad untuk memahami perilaku aneh dari robot tersebut. Namun, lambat laun ia malah jatuh cinta kepada robot tersebut dan bertekad untuk melindungi Nam Shin dari orang yang mencoba membunuhnya.

10. Memories Of The Alhambra (2018).

drama Korea tentang teknologi  berbagai sumber

foto: imdb.com

Memories of The Alhambra merupakan rekomendasi drama Korea tentang teknologi yang mengisahkan seorang CEO perusahaan investasi pergi ke Granada (Spanyol) untuk perjalanan bisnis. Dia tinggal di asrama tua yang dikelola oleh mantan gitaris. Mereka jatuh ke dalam kasus yang aneh dan takdir mereka terhubung satu sama lain.

Saat kejadian aneh tersebut, kemampuan bela diri tentu saja lebih dibutuhkan daripada bermain gitar yang ada di kamar mantan gitaris tersebut. Di tengah kondisi tersebut, ia bertemu dengan kakak perempuan sang gitaris, Jung Hee-joo (Park Shin-hye) dan mulai akrab dengannya.

11. I Am (2017).

drama Korea tentang teknologi  berbagai sumber

foto: mydramalist.com

I Am merupakan rekomendasi drama Korea tentang teknologi yang berkisah tentang seorang ilmuwan yang menelantarkan kedua anaknya demi mengejar pekerjaannya sebagai seorang peneliti robot buatan sendiri. Penelitian tersebut akhirnya berhasil menciptakan robot kecerdasan buatan yang terlihat seperti gadis SMA yang cantik.

Guna menjaga penemuannya dari tangan beberapa orang jahat, penemu meminta anak-anaknya yang sudah dewasa untuk merawat robot dan pergi. Putrinya adalah seorang guru sekolah menengah lalu mendaftarkan robot di sekolahnya sebagai sepupunya Annie (Jung Chae-yeon), yang baru saja dipindahkan dari Amerika Serikat. Bisakah Annie menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya yang aneh? Dan apa yang akan terjadi ketika dia belajar tentang berbagai emosi manusia, termasuk cinta yang menjadi bagian dari lingkungannya.