Brilio.net - Drama Korea bertema sekolah tidak hanya menampilkan anak sekolah menengah saja, melainkan juga proses belajar atau lingkungan para pelajar lainnya seperti mahasiswa. Drama-drama tersebut membentang dari anak-anak remaja yang kemudian perlahan menjadi orang dewasa.

Dalam drama Korea tersebut, tidak hanya menampilkan kisah cinta yang sudah sering ditampilkan dalam drama Korea. Drama bertemu proses belajar-mengajar tersebut menampilkan beragam hal seperti juga kisah detektif ataupun cerita tentang proses hukum di sekolah atau kampus hukum.

Dari semua drama-drama tersebut, tampak sekali perkembangan masa remaja hingga masa awal orang dewasa. Para karakter utama tampil dengan beragam karakter yang menyakinkan untuk pertumbuhan pada masing-masing masa.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Rabu (18/1), berikut 11 rekomendasi drama Korea sekolah, mulai menengah hingga universitas.

1. School 2021 (2021).

drama Korea sekolah universitas berbagai sumber

foto: imdb.com

School 2021 menceritakan pertumbuhan, persahabatan, dan romansa anak berusia 18 tahun yang menghadapi masa depan yang tidak pasti. Kim Yo-han berperan sebagai Gong Ki-joon, mantan atlet Taekwondo yang harus menyerah pada mimpinya karena cedera parah pergelangan kakinya.

Selain itu, bisnis keluarga yang sudah dibangun bertahun-tahun tiba-tiba bangkrut. Suatu ketika, Ki-joon bertemu dengan Jung Young-joo, siswa pindahan yang ternyata punya masa lalu suram. Masa lalu Young-joo tersebut ternyata melibatkan Ki-joon dalam sebuah peristiwa rumit.

2. Light On Me (2021).

drama Korea sekolah universitas berbagai sumber

foto: imdb.com

Light On Me mengisahkan Tae-kyung, seorang siswa berusia 18 tahun yang hidup sebagai penyendiri. Suatu hari, ia mulai mempertanyakan penilaiannya sendiri dan memberi tahu bahwa ia tak lagi sendirian.

Namun kemudian, ada kendala yang membuatnya bingung. Ia tak tahu bagaimana memulai mencari teman baru. Tahu hal tersebut, sang guru menyarankan agar ia bergabung dengan siswa sekolah. Tae-kyung setuju dengan saran tersebut, walaupun baginya, hal itu jauh lebih sulit dari apa yang ia pikirkan.

3. True Beauty (2020-2021).

drama Korea sekolah universitas berbagai sumber

foto: imdb.com

True Beauty mengisahkan Lim Ju-kyung (Moon Ga-young) yang punya perasaan rendah diri karena penampilannya. Ia terus dijelek-jelekkan oleh keluarga dan diintimidasi teman-temannya karena dinilai tidak cantik.

Bosan dengan perlakukan tersebut, Ju-kyung pun belajar tata rias wajah dari video tutorial makeup di Internet. Ia kemudian berhasil mengubah penampilannya dan teman-teman sekolahnya memanggilkan dengan sebutan dewi.

4. Best Mistake (2019).

drama Korea sekolah universitas berbagai sumber

foto: imdb.com

Best Mistake merupakan drama Korea yang mengisahkan Kim Yeon-doo, seorang gadis SMA yang pura-pura punya pacar dan mengunggah foto mereka di media sosial. Hal ini harus dilakukannya karena sudah bosan menolak teman sekolah yang menyukainya dan bahkan sering mengganggu.

Namun, masalah kemudian muncul karena foto yang diunggah tersebut adalah foto Ji Hyun-ho, teman satu sekolahnya. Dari ketidaksengajaan tersebut, mereka pun melakukan perjanjian dan membuat mereka semakin dekat. Kedekatan tersebut akhirnya membuat Yeon-doo luluh dan jatuh cinta kepada Hyun-ho.

5. Extraordinary You (2019).

drama Korea sekolah universitas berbagai sumber

foto: imdb.com

Extraordinary You merupakan drama Korea yang mengisahkan Eun Dan-oh (Kim Hye-yoon), seorang siswa sekolah menengah di akademi bergengsi. Suatu hari, secara kebetulan, ia menemukan fakta bahwa dunia yang ditinggalinya ini adalah sebuah dunia fantasi dalam komik. Dia dan semua orang hanyalah karakter dalam buku komik berjudul Secret dan berada di bawah kuasa Penulis mereka yang mahakuasa dan mahatahu. Dan-oh hanyalah karakter tambahan.

Lebih buruk, Penulis memberinya set-up yang lemah. Ia kemudian diceritakan bertunangan dengan gebetan yang membencinya. Selain itu, Dan-oh juga digambarkan punya penyakit jantung dan diperkirakan akan segera mati.

Tidak puas dengan nasib tersebut, Dan-oh memutuskan untuk menempa nasibnya sendiri dengan mengubah plot cerita dan menemukan cinta sejatinya sendiri. Ia kemudian bertemu dengan siswa Nomor 13 (Rowoon) yang hadir tanpa nama. Nasib tersebut kemudian membawanya pada jalinan cerita yang tak pernah terduga.

6. My ID is Gangnam Beauty (2018).

drama Korea sekolah universitas berbagai sumber

foto: imdb.com

My ID is Gangnam Beauty mengisahkan kehidupan Kang Mi-rae yang memutuskan operasi plastik setelah bertahun-tahun diganggu karena penampilan yang tidak sesuai lingkungan sekitarnya. Awalnya, usaha tersebut tampak berhasil dan membuatnya punya kesempatan yang lebih terbuka. Ia kemudian masuk dunia perkuliahan dengan lingkungan kampus yang menyenangkan.

Namun, tekanan untuk menjadi lebih cantik datang dan membuatnya selalu mendapatkan ejekan monster operasi plastik. Ia kemudian mulai memulihkan dirinya dan tidak mau menghiraukan penilaian orang lain lagi.

7. Weightlifting Fairy Kim Bok-joo (2016).

drama Korea sekolah universitas berbagai sumber

foto: imdb.com

Weightlifting Fairy Kim Bok-joo merupakan drama Korea yang mengisahkan Kim Bok-joo, seorang wanita muda yang mengejar mimpinya sebagai atlet angkat besi di kampus perguruan tinggi atlet. Di tempat tersebut, ia naksir Jung Joon-hyung yang sering menggoda dan juga membantunya.

Joon-hyung adalah kakak sepupu dari Jung Jae-yi yang tak lain adalah teman Bok-joo. Drama ini menampilkan kisah cinta segitiga sekaligus perjuangan para calon atlet saat mereka berada di sebuah perguruan tinggi yang dihuni para calon atlet.

8. Go Back Couple (2017).

drama Korea sekolah universitas berbagai sumber

foto: imdb.com

Confession Couple atau Go Back Couple berkisah tentang Choi Ban-do (Son Ho-jun) dan Ma Jin-joo (Jang Na-ra) yang sudah berusia 38 tahun dan menikah dengan seorang putra kecil. Keduanya berjuang melalui kehidupan sehari-hari yang membuat mereka lelah dan tidak bahagia. Ban-do adalah seorang salesman farmasi yang menghabiskan hari-harinya memohon orang untuk membeli obat-obatan dan malamnya minum dengan calon klien atau membantu direktur rumah sakit yang arogan dan kejam, Park Hyun-suk (Im Ji-kyu).

Sementara itu, Jin-joo adalah seorang ibu rumah tangga yang membesarkan putra mereka sambil berjuang untuk menemukan makna dalam hidupnya dan merasa kesepian dan ditinggalkan oleh Ban-do. Setelah sempat berselingkuh dengan pasangan gelap masing-masing, mereka kemudian bangun tidur dan mendapati dirinya sendiri saat masih berusia 20-an tahun. Mereka kemudian membuat keputusan yang sama sekali berbeda dan membuat mereka ingin terus-menerus ada pada fase tersebut, saling mencintai tanpa pertengkaran.

9. Police University (2021).

drama Korea sekolah universitas berbagai sumber

foto: imdb.com

Bekerja dengan seorang yang lebih tua dan banyak pengalaman tak selalu berarti bisa lebih mudah. Hal itulah yang terjadi saat Kang Sun-ho (Jung Jin-young), seorang mahasiswa baru mantan peretas cerdas bekerja sama dengan Yoo Dong-man (Cha Tae-hyun), seorang profesor sekaligus detektif berpengalaman.

Cerita dua orang tersebut hadir dalam drama Korea Police University. Mereka bekerja sama untuk melakukan sebuah penyelidikan kasus pembunuhan, tetapi semua rencana yang dijalankan berlangsung kacau. Drama Korea Police University mengisahkan bagaimana seseorang masuk dalam akademi kepolisian dan untuk pertama kalinya menangani sebuah kasus.

10. Hello, My Twenties (2016).

drama Korea sekolah universitas berbagai sumber

foto: imdb.com

Hello, My Twenties menyoroti kisah lima orang mahasiswa yang tinggal di kontrakan bernama Belle Epoque. Mereka memiliki kepribadian, selera, dan tujuan hidup yang berbeda serta harus berhadapan dengan peliknya kehidupan. D

rama ini merupakan drama anak kos yang saling mendukung satu sama lain, bahkan saat salah satu di antara mereka punya trauma masa lalu. Berkat lingkungan yang mendukung satu sama lain, perbedaan mereka bukan menjadi sebuah masalah. Dibalut dengan genre komedi-romantis, drama ini dapat membantu seseorang agar bisa menemukan support system yang baik.

11. Law School (2021).

drama Korea sekolah universitas berbagai sumber

foto: imdb.com

Law School mengisahkan Yang Jong-Hoon (Kim Myung-Min), seorang mantan jaksa yang menjadi profesor di sebuah sekolah hukum terkenal. Namun, ia tidak disukai oleh teman-teman dan murid-muridnya karena memiliki sikap dingin. Drama ini juga berfokus pada dua mahasiswa hukum, satu dari latar belakang keluarga miskin dan satu menyembunyikan rahasia sampai drama ini selesai.

Drama ini semakin seru saat Jong-Hoon ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan koleganya yang juga menjadi profesor di sekolah tersebut. Kedua siswa Jong-Hoon yang tak sengaja terhubung dengan hidupnya, berusaha keras untuk membuktikan bahwa profesor tidak bersalah dan segera menemukan pelakunya.