Brilio.net - Sejak awal 2000-an, drama Korea sudah mulai ramai ditonton di berbagai negara, apalagi sejak internet bisa diakses lebih mudah dari era-era sebelumnya. Kemudahan ini perlahan membuat banyak orang menikmati drama Korea di berbagai tayangan di televisi ataupun mengaksesnya sendiri lewat jejaring internet.

Sampai saat ini, drama-drama Korea yang hadir pada tahun-tahun tersebut masih bisa dinikmati. Kisah dan plot cerita yang dihadirkan tidak akan membuat para penggemar drama Korea bosan. Bahkan, drama-drama tersebut tak kalah menarik dengan cerita-cerita yang kini kian beragam.

Drama-drama tersebut sekaligus menjadi ajang nostalgia bagi penggemar drama Korea yang tumbuh dan pernah menontonnya saat drama tersebut on going di televisi.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (14/1), berikut 11 rekomendasi drama Korea komedi romantis lawas, masih asyik ditonton.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Autumn in My Heart (2000).

Rekomendasi drama Korea komedi romantis lawas berbagai sumber

foto: imdb.com

Autumn in My Heart merupakan drama Korea musim pertama dari tetralogi drama Endless Love. Drama ini mengisahkan Yoon Joon-suh dan Choi Eun-suh yang diceritakan sebagai saudara kandung. Padahal, Eun-suh sebenarnya adalah dari keluarga berbeda yang tertukar saat mereka dilahirkan di sebuah sakit.

Fakta ini baru disadari oleh Choi Eun-suh saat ia terlibat dalam sebuah kecelakaan mobil dan mengetahui golongan darahnya berbeda dengan kedua orang tuanya. Mengetahui hal tersebut, hidupnya berubah total dan dikembalikan kepada keluarga aslinya.

Eun-suh dibiarkan hidup dalam kemalangan, sementara keluarga Joon-suh pergi ke Amerika Serikat. Bertahun-tahun kemudian, Joon-suh kembali ke Korea dan bertemu kembali dengan mantan saudaranya dengan rasa yang berbeda.

2. Glass Slippers (2002).

Rekomendasi drama Korea komedi romantis lawas berbagai sumber

foto: imdb.com

Glass Slippers berkisah tentang kehidupan Kim Tae-hee dan Kim Yoon-hee yang penuh dengan kemalangan. Mulai dari ibunya meninggal saat melahirkan Yoon-hee hingga ayahnya sakit-sakitan menderita kanker meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan mobil. Mereka berdua kemudian mencari kakek dari pihak ayah yang dikenal kaya raya, tetapi tidak merestui pernikahan kedua orang tua mereka. Namun, dalam perjalanan, mereka bertemu gangster dan Yoon-hee tertabrak truk lalu meninggal dunia.

Cerita drama ini mengikuti kehidupan Tae-hee yang penuh dengan air mata. Ia terus berusaha untuk tetap hidup walaupun berbagai ancaman silih berganti berdatangan. Sampai kemudian ia benar-benar bekerja di perusahaan kakeknya dan menjalin hubungan romantis dengan salah satu karyawannya.

3. Winter Sonata (2002).

Rekomendasi drama Korea komedi romantis lawas berbagai sumber

foto: imdb.com

Winter Sonata merupakan sekuel dari drama Korea Autumn in My Heart yang mengisahkan cerita yang berbeda, tetapi juga berkaitan. Drama ini mengisahkan Kang Joon-sang, seorang putra musisi terkemuka yang pindah ke Chuncheon, sebuah kota pedesaan di Korea Selatan. Namun, walaupun hidup dengan kekayaan, ia menjadi seorang yang pendiam dan tertutup. Bahkan, ketika ayahnya meninggal dunia, ia menyakini bahwa tak ada seorang pun yang mencintainya.

Di sekolah, Joon-sang bertemu dengan Jeong Yoo-jin yang selalu duduk di sebelahnya dan tertidur di bahunya saat mereka pulang dengan bus yang sama. Sejak saat itu, hidup Joon-sang tak lagi murung dan seolah menemukan cinta pertamanya. Sampai suatu ketika, Joon-sang mengalami sebuah kecelakaan dan membuatnya lupa ingatan. Sejak saat itu, Joon-sang dikabarkan mati oleh ibunya dan mereka pindah ke Amerika Serikat dan Joon-sang berganti identitas menjadi Lee Min-kyung.

Sepuluh tahun kemudian, pasangan kecil tersebut dipertemukan kembali saat Yoo-jin hampir bertunangan dengan seseorang. Setelah pertemuan tidak sengaja tersebut, membuat cinta segiempat di antara masing-masing orang bertautan dan saling berkaitan.

4. Summer Scent (2003).

Rekomendasi drama Korea komedi romantis lawas berbagai sumber

foto: imdb.com

Summer Scent merupakan angsuran ketiga dari tetralogi Endless Love yang mempertemukan karakter dalam drama pertama dan drama kedua yang semakin kompleks. Drama ini mengisahkan pertautan antara dua keluarga besar yang sama-sama berkaitan.

5. Jewel in the Palace (2003-2004).

Rekomendasi drama Korea komedi romantis lawas berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Jewel in the Palace atau yang juga dikenal dengan judul The Great Jang-geum ini mengisahkan seorang juru masak dapur yatim-piatu yang kemudian menjadi dokter wanita pertama Raja. Saat wanita memiliki pengaruh kecil di masyarakat, juru masak magang muda Jang-geum berusaha untuk mempelajari rahasia masakan Korea dan obat-obatan untuk menyembuhkan Raja dari berbagai penyakitnya. Drama ini didasarkan pada kisah nyata Jang-geum, tabib kerajaan wanita pertama dari Dinasti Joseon.

6. Stairway to Heaven (2003).

Rekomendasi drama Korea komedi romantis lawas berbagai sumber

foto: imdb.com

Stairway to Heaven berkisah tentang Han Jung-suh dan Cha Song-joo yang lahir dari kedua orang tua yang sama-sama berteman. Mereka tumbuh bersama sejak kecil dan bahkan punya kemiripan seperti saudara kembar. Song-joo adalah putra satu-satunya dari keluarga yang punya perusahaan multinasional dan mempersiapkan dirinya untuk belajar ke luar negeri.

Sebelum pergi, Song-joo dan Jung-suh bertukar kalung yang mengikat diri mereka untuk terus saling tertaut. Sampai suatu ketika, Song-joo kembali bersama Jung-suh. Namun, sebuah kecelakaan tragis membuat Jung-suh amnesia dan tak ingat siapa pun. Kehidupan mereka kemudian semakin sengit saat Tae-hwa mengganti nama Jung-suh dengan identitas lain.

7. 1% of Anything (2003).

Rekomendasi drama Korea komedi romantis lawas berbagai sumber

foto: imdb.com

1% of Anything merupakan drama Korea komedi romantis berdasarkan sebuah novel dengan judul yang sama. Drama ini mengisahkan Kim Da-Hyun, seorang guru sekolah menengah yang baik hati yang suka membantu seorang pria tua di kereta bawah tanah saat ia pulang ke rumah. Pria tua tersebut ternyata disebut sebagai Ketua Lee, CEO perusahaan multinasional dari salah satu perusahaan konglomerat di Korea Selatan.

Ketua Lee kemudian menginginkan agar salah satu dari kedua cucunya harus menikahi Kim Da-Hyun. Lee Jae-in, salah satu cucu Ketua Lee, awalnya tidak mau mengikuti permainan kakeknya tersebut dan bertekad untuk merintis sendiri. Namun, lambat laun, Jae-in mulai jatuh cinta kepada Da-Hyun, walaupun punya perbedaan kepribadian.

8. Full House (2004).

Rekomendasi drama Korea komedi romantis lawas berbagai sumber

foto: imdb.com

Full House merupakan drama Korea yang cukup legendaris dan masih seru ditonton. Kehadiran drama ini disebut sebagai pencetus genre drama komedi romantis dalam industri drama Korea. Drama ini mengisahkan Han Ji-eun, seorang calon penulis naskah yang tinggal di sebuah rumah bernama "Full House". Rumah tersebut dibangun oleh mendiang ayahnya. Namun, suatu hari, ia ditipu oleh dua sahabatnya untuk memenangkan liburan gratis. Saat ia pergi, dua sahabat brengsek tersebut menjual rumahnya.

Saat di pesawat, Ji-eun bertemu dengan Lee Young-jae dan betapa kagetnya bahwa rumah peninggalan ayahnya tersebut dijual kepada orang yang baru dikenalinya tersebut. Mereka kemudian terlibat dalam hubungan yang sangat kontras berbeda. Namun, menjelang akhir dari drama ini, kedua orang tersebut seperti menemukan visi untuk hidup bersama dengan rumah yang keduanya punya hak yang sama.

9. Sassy Girl Chun-hyang (2005).

Rekomendasi drama Korea komedi romantis lawas berbagai sumber

foto: imdb.com

Sassy Girl Chun-hyang merupakan interpretasi bebas dari legenda Chun-hyang. Cerita dimulai ketika Lee Mong-ryong dipindahkan dari Seoul ke sebuah sekolah menengah di Namwon, Provinsi Jeolla Utara. Chun-hyang rela melakukan hal terbaik untuk Mong-ryong cinta pertama yang sekaligus menjadi kepala kantor polisi Namwon. Saat itu, Mong-ryong ingin masuk ke sebuah universitas.

Namun, Mong-ryong bertemu Chae-rin yang ternyata cinta pertama Mong-ryong yang membuat segala pengorbanan Chun-hyang tak ada artinya. Cinta segitiga ini pun semakin rumit sampai Byeon Hak-do CEO sebuah perusahaan hiburan muncul dalam hidup Chun-hyang.

10. Princess Hours (2006).

Rekomendasi drama Korea komedi romantis lawas berbagai sumber

foto: imdb.com

Princess Hours berkisah sebuah dunia alternatif pada abad ke-21 ketika Korea bisa mempertahankan monarki dan keluarga kekaisaran sejak 1945. Drama ini berfokus pada kehidupan Putra Mahkota Lee Shin dari Korea, dan pengantin barunya, Chae-kyeong.

Drama ini penuh dengan intrik dan politik kerajaan yang penuh dengan konspirasi para elitenya. Selain itu, drama ini juga mengisahkan bagaimana putra mahkota Lee Shin dan Chae-kyeong berusaha untuk mempertahankan cinta mereka.

11. Spring Waltz (2006).

Rekomendasi drama Korea komedi romantis lawas berbagai sumber

foto: imdb.com

Spring Waltz merupakan sekuel keempat atau sekuel terakhir dari Endless Love. Drama ini kembali mengurai benang kusut yang terjadi dalam drama pertama dan kedua, sekaligus mengonfirmasi apa yang belum terjawab dalam drama ketiga.

(brl/tin)

RECOMMENDED BY EDITOR