Brilio.net - Menjadi orang tua tunggal bukan perkara mudah. Apalagi jika hal tersebut juga menyulut stigma terhadap seseorang yang menjalaninya.

Semua pekerjaan dan keseharian yang biasa dikerjakan berdua, mau tak mau bagi orang tua tunggal harus mereka kerjakan sendiri. Mulai dari bekerja untuk memenuhi kebutuhan finansial sampai mengasuh demi kebutuhan emosional anak mereka.

Drama Korea yang mengisahkan cerita orang tua tunggal ini berisi pengalaman laki-laki maupun perempuan saat mereka menjadi orang tua tunggal. Dalam drama-drama tersebut hadir dengan beragam sudut pandang dan menampilkan betapa susahnya menjadi orang tua tunggal.

Selain itu, drama-drama ini juga memotret beberapa penyakit khusus yang sering dialami anak dan sering kali orang tua lalai untuk memperhatikannya. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Jumat (11/2), berikut 11 rekomendasi drama Korea kisahkan orang tua tunggal yang penuh haru.

1. Uncle (2021).

drama Korea orang tua tunggal berbagai sumber

foto: imdb.com

Uncle merupakan drama Korea yang bercerita tentang perjuangan Wang Jun-hyeok (Oh Jung-se), seorang paman yang melindungi keponakannya dari diskriminasi di lingkungan sekitarnya. Wang Jun-hyeok merupakan seorang musisi yang tidak populer dan sering mendapat hinaan dari temannya, ditinggal pacar, hingga hidupnya mencapai titik terendah.

Wang Jun-hyeok kemudian memutuskan untuk merawat keponakannya sendiri setelah bercerai dengan Wang Jun-hee istrinya yang selalu berlaku kasar. Keponakannya Min Ji-hoo (Lee Kyung-hoon) mengalami gangguan obsesif-kompulsif setelah perceraian ibu dan ayah tirinya tersebut.

2. Was It Love? (2020).

drama Korea orang tua tunggal berbagai sumber

foto: imdb.com

Was It Love? berkisah tentang Noh Ae-jung, seorang produser film sekaligus ibu tunggal yang telah berjuang selama 14 tahun membesarkan anaknya sendiri. Rasa percaya dirinya kembali hadir setelah ada empat pria tiba-tiba datang dalam hidupnya.

Mereka adalah Oh Dae-oh, pria yang buruk tapi menarik, Ryu Jin si aktor yang menyedihkan tapi tampan dan kaya, Goo Pa-do yang menakutkan dan seksi, dan Oh Yeon-woo sebagai pria muda yang genit. Tiga dari empat orang tersebut merupakan sahabat masa lalunya sebelum ia menikah.

3. When The Camellia Bloom (2019).

drama Korea orang tua tunggal berbagai sumber

foto: imdb.com

When the Camellia Blooms mengisahkan kehidupan Dong-baek (Gong Hyo-jin) yang menjalankan sebuah bar restoran bernama Camellia di Ongsan. Ia selalu menjadi sasaran gosip karena menjadi seorang ibu tunggal dan menyajikan minuman keras untuk pria. Terlepas dari semua gosip yang tidak perlu tersebut, petugas polisi Hwang Yong-sik (Kang Ha-neul) jatuh cinta dengan Dong-baek.

Sementara itu, Kang Jong-ryeol (Kim Ji-seok), seorang pemain bola basket yang pernah menjadi mantannya kembali lagi ke kehidupannya. Saat Dong-baek ingin menemukan kebahagiaan hidupnya, tiba-tiba ia menjadi target seorang pembunuh berantai. Kedua pria tersebut kemudian terjebak dalam cinta segitiga sekaligus sama-sama berusaha menyelamatkan Dong-baek dari target pembunuhan selanjutnya.

4. My Secret Terrius (2018).

drama Korea orang tua tunggal berbagai sumber

foto: imdb.com

My Secret Terrius berkisah tentang Go Ae-rin, seorang ibu tunggal yang tiba-tiba ditinggal pergi suaminya tanpa penjelasan. Kim Bon, seorang pria misterius sekaligus agen dari National Intelligence Service (NIS) menghampirinya dan memberitahu bahwa suaminya terlibat dalam sebuah konspirasi besar.

Mereka berdua ternyata bertetangga dan rumah mereka tidak terlampau jauh. Kim Bon menyusuri berbagai kemungkinan suami Ae-rin terlibat dalam sebuah komplotan misterius. Mereka bekerja sama untuk mengungkapkan kebenaran yang selama ini belum terungkap. Walaupun tampil dengan narasi bagai thriller, drama ini menampilkan banyak hal lucu dan kocak antara Ae-rin dan Kim Bon.

5. Children of Nobody (2018).

drama Korea orang tua tunggal berbagai sumber

foto: imdb.com

Children of Nobody berkisah tentang Cha Woo-kyung yang hidupnya penuh dengan kebahagiaan. Ia sudah menikah dan sedang hamil anak pertamanya. Selain itu, ia juga menjadi seorang konselor anak.

Namun, hidupnya kemudian berubah saat ia mengalami sebuah kecelakaan misterius. Dalam kecelakaan tersebut, ia menabrak seorang anak laki-laki yang kemudian membuatnya sering melihat hal aneh. Ia selalu melihat gadis kecil bergaun hijau. Hal ini kemudian membuatnya bercerai dengan suaminya karena dianggap depresi. Woo-kyung pun kemudian menjadi ibu tunggal dan bersama Detektif Park Ji-hun berusaha untuk mengungkapkan sebuah misteri yang berkaitan dengan kekerasan pada anak.

6. Mother (2018).

drama Korea orang tua tunggal berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Korea Mother mengisahkan Kang Soo-jin, seorang guru sekolah dasar yang mengetahui bahwa salah satu muridnya yang bernama Kim Hye-na dianiaya oleh keluarganya sendiri. Soo-jin kemudian merencanakan sesuatu untuk menculik anak tersebut agar bisa terhindar dari perlakuan buruk keluarganya. Setelah berhasil "menculik" Hye-na dari keluarganya, Soo-jin berusaha untuk menjadi ibu tunggal yang akan selalu melindunginya.

7. My Fair Lady (2016).

drama Korea orang tua tunggal berbagai sumber

foto: imdb.com

My Fair Lady atau yang dikenal juga dengan judul Oh My Geum-bi merupakan drama yang mengisahkan Mo Hwi-hul yang dikenal sebagai seorang penipu ulung dan hidup bersama Yoo Geum-bi, putri kesayangannya.

Hwi-hul harus mencari uang lebih banyak karena untuk biaya pengobatan Geum-bi. Geum divonis menderita penyakit Niemann–Pick disease, sebuah penyakit gangguan metabolisme bawaan yang parah. Hubungan ayah-anak tersebut berlangsung penuh haru dan membuat siapa pun yang menontonnya ikut larut dalam kesedihan.

8. Angry Mom (2015).

drama Korea orang tua tunggal berbagai sumber

foto: imdb.com

Angry Mom berkisah tentang perjuangan Jo Kang-ja yang mesti menyamar agar putri Oh Ah-ran tidak lagi menjadi korban perundungan teman-temannya di sekolah. Kang-ja merupakan ibu tunggal yang tidak mau pengalaman traumatisnya ketika remaja terjadi pada anak perempuannya.

Walaupun Ah-ran tidak suka kepada ibunya sendiri, Kang-ja selalu berusaha melakukan hal terbaik untuk putrinya tersebut. Drama Korea ini menampilkan hubungan putri dan ibunya yang cukup sentimentil dan menguras air mata.

9. The Greatest Marriage (2014).

drama Korea orang tua tunggal berbagai sumber

foto: imdb.com

The Greatest Marriage berkisah tentang Cha Ki-young , seorang pembawa berita populer yang menjalin hubungan asmara dengan Park Tae-yeon, satu-satunya putra dari grup chaebol terkemuka yang memiliki perusahaan berita.

Keduanya kemudian berkencan dan tidak ada yang tertarik dengan ide pernikahan Suatu ketika, Ki-young pun hamil dan Tae-yeon tidak mau bertanggung jawab atas perbuatannya tersebut. Ki-young pun memutuskan untuk menerima kehamilan tersebut dan membesarkannya seorang diri sebagai ibu tunggal.

10. What Happens to My Family (2014).

drama Korea orang tua tunggal berbagai sumber

foto: imdb.com

What Happens to My Family? merupakan drama Korea yang mengisahkan Cha Soon-bong (Yoo Dong-geun) adalah seorang duda yang telah mengabdikan hidupnya untuk ketiga anaknya. Kang-shim (Kim Hyun-joo) putri sulungnya, setelah hubungan yang gagal, telah mengundurkan diri untuk tidak pernah menikah dan seumur hidup sendirian.

Sementara itu, putra sulungnya Kang-jae (Yoon Park), seorang ahli onkologi yang brilian membenci asal usulnya yang sederhana, dan putra bungsunya, Dal-bong (Park Hyung-sik). Drama ini mengisahkan hubungan rumit antara seorang ayah tunggal yang merawat anak-anaknya hingga dewasa. Banyak hal yang terjadi mampu dijalani Soon-bong untuk membesarkan anak-anaknya hingga mampu memilih pilihan hidup masing-masing.

11. Single Dad in Love (2008).

drama Korea orang tua tunggal berbagai sumber

foto: imdb.com

Single Dad in Love berkisah tentang Kang Poong-ho yang bekerja sebagai pembasmi hama saat siang hari. Sementara ketika malam hari tiba, ia menjadi seorang petarung K-1, seni bela diri campuran.

Hal ini harus dilakukan Poong-ho setelah menjadi seorang ayah tunggal yang membesarkan Kang San yang masih berusia 7 tahun. Istrinya meninggalkan mereka demi memenuhi ambisinya menjadi seorang pianis. Walaupun begitu, kehidupan keras tak membuatnya kehilangan selera humornya yang mudah bikin orang lain tertawa.