Brilio.net - Ahn Hyo-seop merupakan seorang aktor sekaligus penyanyi berdarah Korea-Kanada yang tinggal di Korea Selatan. Hyo-seop debut di Splash Splash Love (2015) sebagai pemeran pendukung. Setelah itu, ia kembali menjadi pemeran pendukung dalam drama One More Happy Ending, Happy Home dan Entertainer yang sama-sama tayang pada 2016.

Setahun kemudian, Ahn Hyo-seop tampil dalam My Father is Strange (2016) sebagai pemeran utama. Sejak saat itu, namanya mulai dikenal dan tampil dalam drama Still 17 (2018). Kariernya terus melejit dan beberapa kali membintangi drama Korea.

Pada 2022, Ahn Hyo-seop hadir dalam drama Korea A Business Proposal dengan karakter yang cukup meyakinkan. Drama tersebut sudah mulai tayang sejak akhir Februari lalu.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (3/3), berikut ini 11 rekomendasi drama Korea Ahn Hyo-seop, penuh kisah manis.

1. A Business Proposal (2022).

drama Korea Ahn Hyo-seop berbagai sumber

foto: mydramalist.com

A Business Proposal merupakan drama Korea genre komedi romantis yang berlatar sebuah perkantoran dan tampil dengan judul The Office Blind Date. Drama ini didasarkan pada web novel populer dan webtoon dengan judul yang sama.

Mengusung tema office comedy, drama ini berkisah tentang kencan buta palsu yang berujung pada hubungan romantis antara Kang Tae-mu (Ahn Hyo-seop), CEO perusahaan yang dikenal dingin dan Shin Ha-ri (Kim Se-jeong), wanita lajang dan bekerja di perusahaan yang dipimpin Tae-mu. Mereka kemudian menjalani kencak unik yang tak biasa dilakukan oleh sepasang kekasih.

2. Lovers of the Red Sky (2021).

drama Korea Ahn Hyo-seop berbagai sumber

foto: imdb.com

Korea Lovers of the Red Sky merupakan drama Korea yang diadaptasi dari novel sejarah karya Jung Eun-gwol. Drama sejarah fantasi romantis ini berkisah tentang satu-satunya pelukis wanita di era fiksi dinasti Dan. Dalam drama ini, nuansa sihir begitu kental dan menjadi sebuah pemantik cerita.

Drama ini mengisahkan Hong Cheon-gi (Kim Yoo-jung), pelukis wanita cerdas yang lahir dalam keadaan buta dan bisa melihat kembali saat dirinya dewasa. Ia merawat ayahnya yang sakit mental dan membelikan obat dengan menjual lukisan.

Suatu hari, Cheon-gi bertemu Ha Ram (Ahn Hyo-seop), pria bermata merah yang kehilangan penglihatannya sejak kecil akibat kecelakaan dalam sebuah ritual mendatangkan hujan. Namun, kebutaan tersebut perlahan hilang dan kembali membuatnya bisa melihat.

Ha Ram kemudian menemani Cheon-gi untuk terus bisa melukis. Ha Ram pun jatuh cinta kepada Cheon-gi dan tak peduli lagi dengan kebutaan yang dialami oleh orang yang dicintainya tersebut.

3. Dr. Romantic (2016-2020).

drama Korea Ahn Hyo-seop berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama tentang kedokteran yang dirilis pada 2006 ini menerima ulasan positif dari para pemirsanya dan membuat drama ini dilanjutkan ke musim kedua. Boo Yong-Joo (Han Suk-Kyu) adalah salah satu ahli bedah terkenal Korea dengan sertifikasi triple-board.

Setelah kematian juniornya, Young-Joo menyendiri. Young-Joo kemudian mengambil identitas baru sebagai Kim Sa-Bu dan kembali ke kedokteran di sebuah rumah sakit kecil dan menjadi Kepala Ahli Bedah.

Young-Joo mengajarkan penghuninya untuk melawan kekuasaan dan kekayaan yang korup serta melakukan apa yang benar untuk pasien. Dalam drama ini, Ahn Hyo-seop tampil di musim kedua sebagai Seo Woo-jin, seorang dokter yang punya masa lalu bermasalah.

4. Abyss (2019).

drama Korea Ahn Hyo-seop berbagai sumber

foto: imdb.com

Abyss merupakan drama Korea yang menceritakan tentang Go Se-yeon (Park Bo-young), pengacara cantik yang meninggal saat di puncak karier. Go Se-yeon meninggal bersama temannya, Cha Min (Ahn Hyo-seop), pewaris perusahaan kosmetik.

Mereka kemudian dihidupkan kembali ke dalam tubuh berbeda oleh makhluk gaib yang disebut Abyss. Abyss adalah bola kristal dari langit yang memiliki kekuatan untuk menghidupkan kembali apapun yang telah mati.

Sejak saat itu, Go Se-yeon tampil 'lebih polos', sementara Cha Min menjadi sangat menarik dan muda, hampir kebalikan dari sebelumnya. Mereka mulai bekerja sama untuk mencari tahu alasan kebangkitan mereka dan siapa yang menyebabkan kematian Go Se-yeon.

5. Still 17 (2018).

drama Korea Ahn Hyo-seop berbagai sumber

foto: imdb.com

Still 17 bercerita tentang Woo Seo-ri, remaja yang mengalami kecelakaan tragis hingga membuatnya koma. Sejak kecelakaan itu, Seo-ri dewasa mengalami krisis identitas.

Fisiknya memang telah berusia 30 tahun, tapi jiwanya masih terasa seperti 17 tahun. Seo-rin pun harus berjuang mengembalikan 13 tahun ingatannya yang hilang dan juga kembali menekuni profesi lamanya dari awal sebagai seorang violin.

Sementara itu, seorang pria bernama Gong Woo-jin yang dulu menyukai Seo-ri, mengalami trauma setelah melihat kecelakaan tragis orang terkasihnya tersebut. Trauma ini membuat Woo-jin enggan menjalin hubungan asmara dengan wanita lain.

Selang 13 tahun, Woo-jin dan Seo-ri kembali bertemu dan saling jatuh cinta. Dalam drama ini, Ahn Hyo-seop berperan sebagai Yoo Chan yang menjadi sepupu Woo-jin.

6. Top Management (2018).

drama Korea Ahn Hyo-seop berbagai sumber

foto: imdb.com

Top Management merupakan drama Korea yang diadaptasi dari novel karya Jang Woo-san dengan judul yang sama. Drama ini bercerita tentang seorang manajer baru di sebuah agen hiburan yang menggunakan kemampuannya melihat masa depan agar berhasil di industri yang digelutinya. Seo Eun-soo berperan sebagai Yoo Eun-sung, Ahn Hyo-seop sebagai Hyun Soo-yong, Cha Eun-woo sebagai Woo Yeon-woo, Jung Yoo-ahn sebagai Kim Tae-oh, dan Bang Jae-min as Jang I-rip.

7. My Father Is Strange (2017).

drama Korea Ahn Hyo-seop berbagai sumber

foto: imdb.com

My Father is Strange merupakan drama Korea yang mengisahkan keluarga kelas menengah yang tinggal di pinggiran Seoul. Mereka terdiri dari suami, istri, tiga putri, dan satu putra.

Suatu hari, seorang pria muda yang merupakan selebriti, muncul di rumah dan mengklaim bahwa dia adalah putra dari keluarga tersebut. Drama ini menampilkan rahasia besar yang penuh cerita haru.

Serial ini bikin penonton gagal menahan air mata. Dalam drama ini, Ahn Hyo-seop berperan sebagai Park Chul-soo, seorang mantan pemain bola yang akhirnya meneruskan bisnis keluarganya.

8. Entertainer (2016).

drama Korea Ahn Hyo-seop berbagai sumber

foto: imdb.com

Entertainer merupakan drama Korea tentang Shin Suk-ho (Ji Sung), manajer sukses perusahaan hiburan KTOP. Setelah memutuskan untuk mandiri dan mencoba mengembangkan perusahaannya sendiri dengan nama Mango Entertainment, tiba-tiba ia menghadapi banyak kesulitan dan kehilangan semua yang dimilikinya hingga masuk penjara.

Setelah dibebaskan, ketika mencoba menemukan jalan kembali ke kehidupan, dia menemukan seorang siswa sekolah menengah yang berbakat, Jo Ha-neul (Kang Min-hyuk) dan memutuskan untuk mengubahnya menjadi penyanyi terkenal. Namun, dia menyadari bahwa Ha-neul adalah mantan narapidana dan dituduh melakukan pelecehan seksual oleh temannya, Lee Ji-Young (Yoon Seo).

Shin Suk-ho memulai perjalanan baru dengan Ha-neul, membentuk grup 'Entertainer Band' (Ddandara band). Dalam drama ini, Ahn Hyo-seop tampil sebagai pemain pendukung sebagai Ji Noo, anggota dan pemimpin boyband populer 'Jackson'.

9. Happy Home (2016).

drama Korea Ahn Hyo-seop berbagai sumber

foto: imdb.com

Happy Home merupakan drama Korea yang bercerita tentang sebuah keluarga yang bernama keluarga Bong. Bong Sam-bong ketika itu sedang menjalankan sebuah restoran China yang bernama Gahwamansasung.

Sam-bong (Kim Young-Chul) membuka restoran Cina Gahwamansasung. Ia dikenal ramah, tapi otoriter terhadap keluarganya. Dia memiliki seorang istri dan tiga anak, Hae-Ryung (Kim So-yeon), Man-ho (Jang In-sub), Hae-won (Choi Yoon-so).

Hae-Ryung tampaknya memiliki kehidupan yang sempurna dengan suaminya Hyun-ki (Lee Pil-mo). Ibu mertuanya adalah perancang busana tradisional Korea yang sukses.

Pada kenyataannya, kehidupan Hae-ryung jauh dari sempurna. Putra satu-satunya meninggal dalam kecelakaan mobil. Sementara, suaminya bersikap acuh tak acuh terhadapnya dan ibu mertuanya kejam terhadapnya secara pribadi.

Dalam drama ini, Ahn Hyo-seop berperan sebagai pemain pendukung dan mendapatkan peran sebagai Choi Cheol-soo.

10. One More Happy Ending (2016).

drama Korea Ahn Hyo-seop berbagai sumber

foto: imdb.com

One More Happy Ending merupakan drama Korea yang mengisahkan Han Mi-mo (Jang Na-ra), Baek Da-jung (Yoo Da-in), Go Dong-mi (Yoo In-na), dan Hong Ae-ran (Seo In-young) pernah menjadi anggota grup idola "Angels". Han Mi-mo merupakan janda bekerja sebagai perwakilan bisnis konsultasi pernikahan.

Mantan teman satu band, Baek Da-Jung, juga perwakilan di perusahaan yang sama. Dia menikah dengan pria kaya, tetapi pernikahannya seperti ada di atas batu.

Adapun, Go Dong-Mi masih lajang dan menjadi guru sekolah dasar. Sementara itu, Hong Ae-ran adalah perwakilan untuk pusat perbelanjaan internet.

Semua wanita tersebut masih berteman dan saling mengabarkan satu sama lain. Mereka pun perlahan-lahan bertemu dengan beberapa pria yang dianggap meyakinkan.

11. Splash Splash Love (2015).

drama Korea Ahn Hyo-seop berbagai sumber

foto: imdb.com

Splash Splash Love merupakan drama Korea berkisah tentang Dan-bi (Mim Seul-gi), seorang siswi pelajar SMA yang akan ke perguruan tinggi. Saat tes matematika, ia menyerah dan sangat frustrasi. Pada hari itu pula, Dan-bi langsung melintasi waktu dan berada di sebuah tempat di era Dinasti Joseon.

Saat berada di era tersebut, ia pun sempat bingung dan tak tahu apa yang mesti ia lakukan. Namun, ketika ia bertemu dengan Lee Doo (Yoon Doo-joon), ia pun langsung jatuh cinta dan mengikuti raja muda dari Dinasti Joseon tersebut.

Joseon saat itu sedang berada dalam kondisi genting karena kekeringan dan wabah yang tak berkesudahan. Dalam drama ini, Ahn Hyo-seop berperan sebagai Park Yeon atau Che Ah-jin. Ia adalah seorang pejabat pemerintah, cendekiawan, penulis, astronom dan musisi pada periode Dinasti Joseon Awal yang menjadi guru Raja Sejong.