Brilio.net - Drama Korea bertema slice of life merupakan drama yang menggambarkan potongan kisah keseharian yang banyak terjadi dalam kehidupan nyata. Tema ini biasanya membuat para penontonnya terasa dekat dan bahkan dalam beberapa hal turut mengalaminya.

Drama Korea bertema slice of life tersebut hadir dengan plot cerita yang sederhana dan tidak membuat siapa pun yang penontonnya perlu berpikir keras. Selain itu, tak jarang drama-drama ini bisa membuat penontonnya tersenyum sepanjang penayangan.

Selain itu, drama Korea bertema slice of life menampilkan adegan-adegan sederhana, tapi kuat dan punya pesan yang tepat.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Jumat (11/2), berikut 11 kumpulan drama Korea tema slice of life, Reply 1988 terkenang banget.

1. Our Beloved Summer (2021-2022).

drama Korea tema slice of life berbagai sumber

foto: imdb.com

Our Beloved Summer mengisahkan sepasang kekasih yang sudah berkomitmen putus dan tidak akan bertemu kembali namun harus gagal move on karena sebuah video dokumenter. Video dokumenter yang mereka buat saat 10 tahun lalu viral di media sosial dan membuat keduanya terpaksa bertemu lagi.

Drama Korea yang diperankan oleh Choi Woo-shik dan Kim Da-mi berhasil menjadi salah satu drama komedi romantis yang bikin gemas dengan aksi kocaknya.

2. Hometown Cha-Cha-Cha (2021).

drama Korea tema slice of life berbagai sumber

foto: imdb.com

Hometown Cha-Cha-Cha mengisahkan Yoon Hye-jin, seorang dokter gigi yang datang dari kota memutuskan untuk membuat klinik gigi di desa pelabuhan bernama Gongjin. Klinik tersebut berhasil dibuat berkat bantuan Hong Du-sik, seorang pemuda desa dengan berbagai pekerjaan yang sangat beragam.

Sejak pertemuan itu, mereka menjalin interaksi yang intens hingga mereka menjalin hubungan asmara. Selain menampilkan kisah cinta antara dua karakter utama tersebut, drama ini juga menampilkan suasana desa modern yang ada di pinggir pelabuhan. Warga desa sebagian besar bekerja sebagai nelayan dan menjadi buruh harian di pelabuhan di desa tersebut. Selain itu, drama ini juga menampilkan suasana guyub warga-warganya.

3. My Unfamiliar Family (2020).

drama Korea tema slice of life berbagai sumber

foto: imdb.com

My Unfamiliar Family bercerita tentang sebuah keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan tiga anaknya. Drama ini mengisahkan tentang sebuah keluarga yang dipenuhi konflik dan prasangka antar satu sama lain. Tokoh utamanya, Kim Sang-Sik (Jung Jin-Young) merupakan sosok suami dan ayah yang berwatak keras kepala.

4. Be Melodramatic (2019).

drama Korea tema slice of life berbagai sumber

foto: imdb.com

Be Melodramatic atau yang berjudul Melo Is My Nature mengisahkan tiga sekawan di usia 30-an awal yang sedang berusaha mewujudkan cinta, karier, serta impian mereka. Lim Jin-joo (Chun Woo-hee) berprofesi sebagai penulis naskah drama, Lee Eun-jung (Jeon Yeo-been) seorang sutradara, dan Hwang Han-joo (Han Ji-eun) seorang ibu tunggal yang bekerja di rumah produksi.

Kisah ketiganya diceritakan secara bergiliran, lengkap dengan konflik hidup dan kisah cinta masing-masing. Setiap karakter yang diceritakan punya masalah pelik masing-masing dan mereka mencoba menjalani hidup. Terdapat trauma masa lalu, beragam kegagalan, hingga pemaafan pada diri sendiri.

5. My Mister (2018).

drama Korea tema slice of life berbagai sumber

foto: imdb.com

My Mister mengisahkan Lee Ji-an, seorang perempuan muda miskin yang terbebani utang dan harus berjuang untuk tetap bertahan agar bisa terus merawat neneknya yang sakit. Di sela waktu tersebut, ia bekerja paruh waktu. Ia kemudian bertemu dengan Park Dong-hoon, salah satu atasannya yang juga sama-sama punya nasib menyedihkan.

Dong-hoon dikenal sebagai orang yang terlalu baik sehingga bisa sering dibohongi oleh karyawannya sendiri. Mereka kemudian menjalani hubungan platonis yang memungkinkan bersahabat secara mesra dan saling mendukung satu sama lain.

6. Prison Playbook (2017-2018).

drama Korea tema slice of life berbagai sumber

foto: imdb.com

Prison Playbook mengisahkan saat Kim Je-hyeok (Park Hae-soo) seorang pelempar superstar di Korea, dijatuhi hukuman satu tahun penjara karena menyerang seorang pria yang mencoba melakukan pelecehan seksual terhadap saudara perempuannya.

Cerita berlanjut saat ia mencoba untuk menetap di kehidupan penjara dan terhubung kembali dengan teman masa kecilnya Lee Joon-ho (Jung Kyung-ho) yang sekarang menjadi petugas di fasilitas pemasyarakatan.

Drama ini menampilkan adegan dialog yang cukup intens dengan dua karakter tersebut dan menghadirkan komedi gelap tentang penjara yang penuh dengan perilaku korupsi para penjaganya.

7. Because This is My First Life (2017).

drama Korea tema slice of life berbagai sumber

foto: imdb.com

Apa jadinya ketika dua orang sepasang kekasih yang belum menikah memutuskan tinggal serumah? Hal itulah yang terjadi dalam drama Korea Because This Is My First Life. Drama ini mengisahkan Nam Se-hee yang menghabiskan uangnya untuk membeli rumah dan tinggal bersama Yoon Ji-ho karena tidak memiliki tempat tinggal.

Keduanya belum menikah di usia tiga puluhan dan mulai hidup bersama sebagai teman serumah. Awalnya mereka menganggap hal tersebut sebagai hal biasa. Namun, saat dihadapkan pada lingkungan sekitar, masalah baru kemudian muncul.

8. Fight For My Way (2017).

drama Korea tema slice of life berbagai sumber

foto: imdb.com

Fight for My Way mengisahkan sekelompok orang yang tidak diunggulkan dengan impian besar. Mereka semua berjuang untuk hidup dan berjuang untuk sukses dalam karier yang tidak memenuhi syarat untuk mereka.

Dalam drama ini Ko Dong-man dan Choi Ae-ra menjadi karakter utama yang selalu bertingkah konyol dan bahkan kekanak-kanakan yang membuat mereka tak pernah tampak dewasa.

9. Age of Youth (2016-2017).

drama Korea tema slice of life berbagai sumber

foto: imdb.com

Age of Youth merupakan drama Korea dalam sebuah adegannya juga menggambarkan sebuah hubungan toxic. Hubungan yang tidak sehat tersebut tampak saat Jung Ye-eun (Han Seung-yeon) dan Ko Doo-yong (Ji Il-joo) yang sudah menjadi mantan pacarnya. Walaupun hubungan tersebut tampak manis, tetapi di sisi lain Doo-yong punya sikap pemarah dan gila hormat.

Bahkan, ia tak segan melakukan kekerasan fisik dan dalam drama ini Doo-yong sempat melakukan penculikan terhadap Ye-eun. Drama memperlihatkan secara jelas bagaimana relasi dalam pacaran kemudian tampak timpang.

10. Reply 1988 (2015).

drama Korea tema slice of life berbagai sumber

foto: imdb.com

Reply 1988 menjadi salah satu drama Korea bertema keluarga yang sangat disukai banyak orang. Reply 1988 mengisahkan persahabatan 5 orang remaja SMA yang sudah terjalin sejak kecil. Bahkan keluarga mereka pun ikut turut akrab karena hidup bertetangga.

Kehidupan yang akrab tersebut terjalin sampai mereka dewasa dan berhasil menciptakan lingkungan yang suportif bagi tumbuh-kembang anak-anak remaja. Serial drama ini berhasil meraih poin tinggi di IMDb dengan raihan 9,1/10. Selain itu, seri pertama dari seri Reply ini merupakan yang paling populer dibandingkan sekuel selanjutnya seperti Reply 1994 dan Reply 1997.

11. Misaeng: Incomplete Life (2014).

drama Korea tema slice of life berbagai sumber

foto: imdb.com

Misaeng: Incomplete Life berkisah kehidupan Jang Geu-rae yang bekerja sebagai pekerja magang di One International, sebuah perusahaan perdagangan besar. Di perusahaan tersebut, Geu-rae bertemu bosnya, manajer Oh Sang-shik, yang gila kerja dan memiliki kepribadian yang hangat; rekan magang Ahn Young-yi, yang menarik kemarahan rekan-rekannya karena kredensial pendidikannya yang mengesankan dan dengan menjadi sangat kompeten dalam tugas apa pun; dan Jang Baek-gi, rekan kerja culun yang sifat cemasnya menutupi ambisi batinnya.